Power stabilizer atau capacitor bank benarkah berbahaya? katanya ada yang terbakar?


Penulis nemu artikel yang bilang capacitor bank atau lebih sering disebut power stabilizer itu bisa bikin mobil terbakar.
Ketahui Resiko Sebelum Memasang Alat Penghemat Bahan Bakar, Ini Alasannya

Penggunaan alat penghemat bahan bakar untuk menghemat bensin berjenis kapasitor pada mobil, ternyata menimbulkan risiko tersendiri terhadap kendaraan. Risiko paling parah adalah bisa membuat mobil terbakar karena adanya korsleting di sistem kelistrikan mobil.

Penyebab kebakaran disebut ada dua:
1.

Menurut laman Suzuki Indonesia, terbakarnya penghemat bahan bakar itu sangat mungkin terjadi. Terlebih kalau alat tersebut menuju ke lighter. Hal ini bisa terjadi karena arus listriknya tidak stabil (loncat-loncat) dan akhirnya bisa menimbulkan panas.

2.

Pemasangan di area mesin memang sangat tidak aman dan sangat tidak dianjurkan. Alat alat jenis ini memang pada bagian dalamnya terdapat kumpulan kapasitor yang ON (nyala) terus, yang kalau kualitasnya tidak bagus, bisa beresiko meledak. Hal inilah yang bisa menjadi penyebab kebakaran.

Untuk yang pertama itu problem terjadi karena hubungan listrik tidak sempurna. Ini biasanya terjadi kalau pematik api yang dipergunakan adalah yang beneran sering dipakai untuk menyalakan rokok. Kalau hubungan listrik tidak sempurna maka koneksi bisa panas dan bahkan meleleh karena memang arus yang mengalir bisa sangat besar. Solusinya adalah solder saja langsung kalau memang sudah yakin berguna. Jangan lupa tambahkan sekring seperlunya.

Untuk yang kedua itu memang resiko karena kapasitor itu biasanya suhunya terbatas. Ini karena kapasitor yang dipergunakan adalah yang tipe pakai cairan (elektrolit):

Ada rating voltase dan yang lebih penting lagi temperatur:

Tinggal diukur suhu mesin (air radiator) berapa dan kemampuan kapasitornya di suhu berapa. Kalau nggak nyampai ya kapasitor cepat rusak. Kalau kapasitor rusak biasanya pakai meledak. Bahaya terjadi setelah meledak, karena kadang jadi konslet. Kalau konslet nggak pakai sekring ya kebakar.

Artikel dan komen sangat panjang soal capacitor bank / power stabilizer:
Voltage stabilizer bisa tidak berguna dan ada yang berbahaya dan memperpendek umur komponen sensitif yang mahal

btw, pro capacitor itu alat penambah tenaga tapi bukan kapasitor betulan. Nggak meledak dan nggak mengeluarkan api. Cuma kalau dibekukan jadi seperti ini:

13 respons untuk ‘Power stabilizer atau capacitor bank benarkah berbahaya? katanya ada yang terbakar?

    • suplai listriknya stabil tapi jadi nggak stabil karena pemakaian. Misalnya karena sedotan coil pembakaran atau sedotan mendadak dari AC. Selain itu kapasitor membantu potensi besar arus yang bisa disedot.

      Suka

  1. thanks artikelnya…sudah 3 bulan saya pake stabilizer voltage atawe accu booster, alhamdulillah cukup aman dan merasakan manfaatnya baik di accu sendiri maupun untuk di kelistrikan lampu yang sudah saya ubah ke full dc serta untuk di coil saya gunakan magnet ferrit agar lebih memfokuskan arus listrik ke busi…ini saya rerapkan di motor yamaha mio gt 2014 dan vixion 2017…accu booster saya buat sendiri degan kapasitor 3x 4700mf/35v

    Suka

  2. Saya Menyesal Memakai dan menjual produk volt stabilizer awlnya memang tarikan mesin lebih ringan tidak tahunya jangka panjangnya kelistrikan kendaraan saya malah jadi korban awal akinya soak dan sudah kena spullnya terganggu dan akhirnya saya lepas semuanya

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.