Baterai masa depan dari graphene, jauh lebih enteng dari lithium, jauh lebih aman juga


Kawasaki kasih bocoran bahwa baterai dari Graphene akan siap di 2030 nanti, sehingga mereka pastikan akan buat motor listrik.
Graphene battery vs Lithium-ion Battery – Tech Explained

Graphene ini dianggap sebagai baterai masa depan terutama karena baterai dari Graphene punya kapasitas yang luar biasa, karena lebih ringan. Kalau baterai dari bahan lithium cuma bisa 180 Wh per kg nya. Maka baterai dari bahan graphene bisa 1000 Wh per kgnya. Berkali lipat banget.

Selain itu baterai bisa dibuat lebih tipis karena bahan graphene itu modelnya dua dimensi. Sehingga bisa dibuat tumpuk banyak:

Karena mudah menghantarkan listrik, baterainya juga jadi bisa di charge lebih cepat. Graphene juga mudah menghantarkan panas sehingga baterai juga bisa lebih mudah dingin.

Dan yang paling penting adalah lebih aman. Dengan bahan graphene, maka baterai jadi nggak mudah terbakar dan bahannya sangat kuat, bahkan katanya lebih keras dari intan.

Namun bikin baterai dari bahan Graphene itu sulit, karena butuh bahan Graphene murni. Sehingga harga masih sangat mahal.

Oleh karena itu pabrikan mencoba solusi lain. Samsung contohnya, menggunakan graphene sebagai aditifnya baterai lithium sehingga bisa tahan lebih lama dan bisa dicharge 5 kali lebih cepat. Pabrik mobil listrik Tesla pakai pendekatan lain, dengan membuat baterai yang diangin angin, sehingga efisiensi bisa meningkat 5 kali lipat tapi biaya bisa cuma 1/3 sekarang.

Kalau teknologi baterai ini sudah memasyarakat, rasanya performa dari kendaraan listrik bakal akan lebih bisa diterima masyarakat.

16 respons untuk ‘Baterai masa depan dari graphene, jauh lebih enteng dari lithium, jauh lebih aman juga

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.