Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu keras


Sebelumnya penulis tidak kepikiran untuk sekalian buat daftar spring rate dari suspensi YSS. Daftar ini berguna kalau ingin coba coba ganti per yang lebih empuk atau lebih keras, terutama sih untuk yang mengeluh suspensi YSS terasa keras. Per itu sangat mempengaruhi keras tidaknya suspensi.

Berikut bahasan pentingnya spring rate untuk MotoGP:
MotoGP – Simon Crafar runs us through spring rates and preload in his latest #TechTalk!

Sebenarnya daftar ini nggak perlu kalau pelayanan YSS Indonesia setingkat Amerika, yang ganti ukuran spring itu sudah termasuk harga (yang cuma beda dikit dengan Indonesia). Tapi nyatanya kan tidak.

Entah apakah kalau di dealer YSS bisa minta tukar dengan skok lain atau tidak. Bisa jadi malah diketawain (bisa saja mereka merasa skok YSS sudah sangat sangat sempurna). Bro yang berikut saja mengeluh suspensinya keras tapi nggak dikasih solusi walau sudah mendatangi YSS pusatnya langsung:

Jadi terpaksa harus usaha sendiri.

Berikut daftarnya. Perhatikan bahwa beda generasi bisa beda spring rate. Jadi tipenya sama persis tapi kekerasan bisa beda. Data sebagian dari website resmi YSS Indonesia. Beberapa data dilihat dari ngezoom gambar barang aslinya, misal dari ERC Speed Online (patut dipuji karena kadang memperlihatkan foto spring rate dengan jelas).

Nama Harga Spring rate Gambar
Untuk Honda Beat atau Yamaha Mio
YSS PRO ZR 602.000 46-30-50-205
YSS PRO ZR New 602.000 46-25-45-205
YSS DTG Hybrid 46-27-45-210
YSS DTG EVO 728.000 46-27-45-210
YSS G-ZA 1.031.000 46-25-35-190
YSS K-Series Gold 1.150.000 54-25-35-190
YSS K-Series Old 56-25-35-188
YSS G-Plus 1.700.000 46-25-35-180
YSS C-Euro Gold 1.700.000 46-52-46-25-35-195
YSS G-Series 5.523.000 46-25-35-180
YSS G-Series R 7.101.000 46-20-30-160
Untuk Honda Vario
YSS Pro ZR Black 542.000 46-25-45-205
YSS Pro ZR Chrome 602.000 46-30-50-205
YSS DTG Hybrid 46-25-45-230
YSS DTG-EVO 728.000 46-25-45-230
YSS G-ZA 1.031.000 46-30-50-220
YSS K-Series Black 1.150.000 54-30-50-220
YSS K-Series Gold 1.150.000 54-25-35-190
YSS G-Plus 1.685.000 46-30-50-185
YSS G-Plus 1.700.000 46-30-50-185
YSS C-Euro 1.700.000 46-52-46-25-35-220
YSS G-Sport 2.730.000 46-30-50-185
YSS G-Racing 7.527.000 46-30-50-185
Untuk Honda PCX
YSS DTG EVO 1.391.000 42-12-27-220
YSS G-Plus 3.950.000 42-12-27-220
resminya ngaco
YSS G-Series 3.675.000 entahlah
YSS G-Sport 6.450.000 42-12-27-210
Yamaha Aerox
YSS DTG Hybrid 1.384.000 46-13-18-200
YSS DTG EVO 1.391.000 46-14-200
YSS G-Series 46-14-200
YSS G-Series 46-13-18-200
YSS G-Series 3.675.000 46-15-17-200
YSS G-Series 3.932.000 46-15-17-210
YSS G-Series 3.950.000 46-15-17-210
YSS G-Plus 46-15-17-210
YSS G-Sport Racing 6.090.000 46-16-160
YSS G-Sport 6.090.000 46-13-18-190
YSS G-Sport 6.450.000 46-15-17-200
YSS G-Racing 15.100.000 46-16-140
Untuk Yamaha NMAX
YSS DTG Hybrid
?????
46-10-15-220
YSS DTG Hybrid 46-14-25-215
YSS DTG Evo 1.391.000 46-14-25-215
YSS Z-Series 2.195.000 46-13-18-200
YSS Z-Series 46-14-25-220
YSS Z Series 46-10-15-220
YSS G-Plus 3.675.000 46-13-18-195
YSS G-Plus 46-14-25-185
YSS G-Sport 6.450.000 50-14-25-185
YSS G-Sport Heavy Duty 6.450.000 50-17-35-200
YSS G-Racing 15.100.000 46-14-25-185

Data spring rate suspensi Ohlin, dicomot dari manual cara pasangnya. Di website resmi Ohlin Indonesia tidak dicantumkan.

Nama Berat Rider Spring Rate Gambar
YAMAHA Qbix YA 768 22-40
Honda Click125-2015/2013 HO545 < 80kg 31-35
Honda Click125-2015/2013 HO545 > 80kg 22-40
Honda PCX 150-2013 HO 738 < 80kg 12-13
Honda PCX 150-2013 HO 738 > 80kg 13-14
Honda PCX 150-2018 HO 810 < 80kg 12-19
Honda PCX 150-2018 HO 810 > 80kg 15-24
Yamaha Aerox/NVX 155-2017 YA 686 9-12
Yamaha NMAX YA110025 Sama kayak
PCX 2018

Penulis barusan mengetahui bahwa suspensi Scarlet pun ada spring ratenya:
Shock Scarlet Copy Ohlins 305MM

Angkanya sekitar 29 Nm. Ini cocoknya untuk matik mio/beat tapi mungkin terlalu empuk banget.

Dari lapak tersebut cuma memperlihatkan dua jenis:
Scarlet model Ohlin tipe single punya spring rate = 28,8 Nm
Scarlet model Ohlin tipe double / NMAX punya spring rate = 9,6 Nm.

Rekomendasi Ohlin untuk QBIX = 22-40, NMAX = 12 – 19. Artinya Scarlet mestinya empuk banget.

Untuk Beat dan Spin, dari pengalaman penulis spring rate 27-45 itu sudah pas. Pakai preload paling kecil justru nggak nyaman. Penyebabnya adalah rebound bawaan terlalu besar.

Untuk Vario, DTG (spring rate 25-45) dibilang keras. Ada yang bilang kalau pakai suspensi Beat di Vario itu terasa keras. Mungkin harusnya untuk Vario pakai yang lebih empuk, karena yang dari Ohlin pun merekomendasikan kekerasan per 31-35 untuk yang beratnya di bawah 80kg.

Untuk PCX lokal sepertinya spring rate 12-22 masih terlalu keras.

Untuk Aerox sepertinya ukuran spring rate 15-17 itu masih cukup keras.

Untuk nmax sepertinya ukuran spring rate 14-25 itu sudah pas.

Satu respons untuk “Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu keras

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.