Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, kerasnya per ngacak banget!


Sebelumnya penulis tidak kepikiran untuk sekalian buat daftar spring rate dari suspensi YSS. Daftar ini berguna kalau ingin coba coba ganti per yang lebih empuk atau lebih keras, terutama sih untuk yang mengeluh suspensi YSS terasa keras. Per itu sangat mempengaruhi keras tidaknya suspensi.

Berikut bahasan pentingnya spring rate untuk MotoGP:
MotoGP – Simon Crafar runs us through spring rates and preload in his latest #TechTalk!

Sebenarnya daftar ini nggak perlu kalau pelayanan YSS Indonesia setingkat Amerika, yang ganti ukuran spring itu sudah termasuk harga (yang cuma beda dikit dengan Indonesia). Tapi nyatanya kan tidak.

Entah apakah kalau di dealer YSS bisa minta tukar dengan skok lain atau tidak. Bisa jadi malah diketawain (bisa saja mereka merasa skok YSS sudah sangat sangat sempurna). Bro yang berikut saja mengeluh suspensinya keras tapi nggak dikasih solusi walau sudah mendatangi YSS pusatnya langsung:

Jadi terpaksa harus usaha sendiri.

Berikut daftarnya. Perhatikan bahwa beda generasi bisa beda spring rate. Jadi tipenya sama persis tapi kekerasan bisa beda. Data sebagian dari website resmi YSS Indonesia. Beberapa data dilihat dari ngezoom gambar barang aslinya, misal dari ERC Speed Online (patut dipuji karena kadang memperlihatkan foto spring rate dengan jelas).

Nama Harga Spring rate Gambar
Untuk Honda Beat atau Yamaha Mio
YSS PRO ZR 602.000 46-30-50-205
YSS PRO ZR New 602.000 46-25-45-205
YSS DTG Hybrid 46-27-45-210
YSS DTG EVO 728.000 46-27-45-210
YSS G-ZA 1.031.000 46-25-35-190
YSS K-Series Gold 1.150.000 54-25-35-190
YSS K-Series Old 56-25-35-188
YSS G-Plus 1.700.000 46-25-35-180
YSS C-Euro Gold 1.700.000 46-52-46-25-35-195
YSS G-Series 5.523.000 46-25-35-180
YSS G-Series R 7.101.000 46-20-30-160
Untuk Honda Vario
YSS Pro ZR Black 542.000 46-25-45-205
YSS Pro ZR Chrome 602.000 46-30-50-205
YSS DTG Hybrid 46-25-45-230
YSS DTG-EVO 728.000 46-25-45-230
YSS G-ZA 1.031.000 46-30-50-220
YSS K-Series Black 1.150.000 54-30-50-220
YSS K-Series Gold 1.150.000 54-25-35-190
YSS G-Plus 1.685.000 46-30-50-185
YSS G-Plus 1.700.000 46-30-50-185
YSS C-Euro 1.700.000 46-52-46-25-35-220
YSS G-Sport 2.730.000 46-30-50-185
YSS G-Racing 7.527.000 46-30-50-185
Untuk Honda PCX
YSS DTG EVO 1.391.000 42-12-27-220
YSS G-Plus 3.950.000 42-12-27-220
resminya ngaco
YSS G-Series 3.675.000 entahlah
YSS G-Sport 6.450.000 42-12-27-210
Yamaha Aerox
YSS DTG Hybrid 1.384.000 46-13-18-200
YSS DTG EVO 1.391.000 46-14-200
YSS G-Series 46-14-200
YSS G-Series 46-13-18-200
YSS G-Series 3.675.000 46-15-17-200
YSS G-Series 3.932.000 46-15-17-210
YSS G-Series 3.950.000 46-15-17-210
YSS G-Plus 46-15-17-210
YSS G-Sport Racing 6.090.000 46-16-160
YSS G-Sport 6.090.000 46-13-18-190
YSS G-Sport 6.450.000 46-15-17-200
YSS G-Racing 15.100.000 46-16-140
Untuk Yamaha NMAX
YSS DTG Hybrid
?????
46-10-15-220
YSS DTG Hybrid 46-14-25-215
YSS DTG Evo 1.391.000 46-14-25-215
YSS Z-Series 2.195.000 46-13-18-200
YSS Z-Series 46-14-25-220
YSS Z Series 46-10-15-220
YSS G-Plus 3.675.000 46-13-18-195
YSS G-Plus 46-14-25-185
YSS G-Sport 6.450.000 50-14-25-185
YSS G-Sport Heavy Duty 6.450.000 50-17-35-200
YSS G-Racing 15.100.000 46-14-25-185

Data spring rate suspensi Ohlin, dicomot dari manual cara pasangnya. Di website resmi Ohlin Indonesia tidak dicantumkan.

Nama Berat Rider Spring Rate Gambar
YAMAHA Qbix YA 768 22-40
Honda Click125-2015/2013 HO545 < 80kg 31-35
Honda Click125-2015/2013 HO545 > 80kg 22-40
Honda PCX 150-2013 HO 738 < 80kg 12-13
Honda PCX 150-2013 HO 738 > 80kg 13-14
Honda PCX 150-2018 HO 810 < 80kg 12-19
Honda PCX 150-2018 HO 810 > 80kg 15-24
Yamaha Aerox/NVX 155-2017 YA 686 9-12
Yamaha NMAX YA110025 Sama kayak
PCX 2018

Penulis barusan mengetahui bahwa suspensi Scarlet pun ada spring ratenya:
Shock Scarlet Copy Ohlins 305MM

Angkanya sekitar 29 Nm. Ini cocoknya untuk matik mio/beat tapi mungkin terlalu empuk banget.

Dari lapak tersebut cuma memperlihatkan dua jenis:
Scarlet model Ohlin tipe single punya spring rate = 28,8 Nm
Scarlet model Ohlin tipe double / NMAX punya spring rate = 9,6 Nm.

Rekomendasi Ohlin untuk QBIX = 22-40, NMAX = 12 – 19. Artinya Scarlet mestinya empuk banget.

Untuk Beat dan Spin, dari pengalaman penulis spring rate 27-45 itu sudah pas. Pakai preload paling kecil justru nggak nyaman. Penyebabnya adalah rebound bawaan terlalu besar.

Untuk Vario, DTG (spring rate 25-45) dibilang keras. Ada yang bilang kalau pakai suspensi Beat di Vario itu terasa keras. Mungkin harusnya untuk Vario pakai yang lebih empuk, karena yang dari Ohlin pun merekomendasikan kekerasan per 31-35 untuk yang beratnya di bawah 80kg.

Untuk PCX lokal sepertinya spring rate 12-22 masih terlalu keras.

Untuk Aerox sepertinya ukuran spring rate 15-17 itu masih cukup keras.

Untuk nmax sepertinya ukuran spring rate 14-25 itu sudah pas.

47 respons untuk ā€˜Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, kerasnya per ngacak banget!ā€™

  1. […] Kalau sales sih pasti bilang model lebih mahal lebih empuk. Padahal beli yang mahal belum tentu akan dapat yang empuk. Beli mahal belum tentu enak. Karena keras empuknya skok YSS itu random. Nggak ada pakemnya. Bahkan salesnya sendiri pun nggak ngerti. Lengkapnya bisa dilihat di: aftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, kerasnya per ngacak banget! […]

    Suka

  2. Bang. Kalo punya scarlet itu dipernya tertulis 160 lbs/in bukannya sama dg 18nm? Sy hitung pakai konverter. Kok bs jd 29nm dr mana ya mohon penjelasannya. Ane yg salah itu atau abg yg salah tulis? Terimakasih

    Suka

    • Saya pakai penghitung spring rate online.

      Dari rumus juga mestinya sudah benar:

      Mungkin yang beda itu karena rumusnya bukan untuk spring rate. Dan lagipula mengingat itu per untuk suspensi motor single shock, maka rasanya bakal terlalu empuk kalau ketemunya 18.

      Suka

  3. Untuk vario 110 fi yg mirip kek beat mesin nya
    Spring rate yss all new pro plus 46-25-45-205 pas ndak prof?

    Saya 55 kg
    Istri 50kg
    Anak satu 11 kg
    120 kg kurang total nya kalo full

    Suka

  4. Mas, mau sambatan. Motor ku lexi cocok/rekom nya pake shock aftermarket apa ya? Udh 2x beli orinya + yg bawaan jadi 3 shock ori haha, tp umur nya paling lama 3bulan trs bocor. Pernah tak servisin cuman tahan seminggu bocor lagi, btw buat gojek motor nya. Saya mau beli shock after tp takut shock nya keras. Pernah beli shock aftermrkt utk motor lain sih tp keras bgt. Jadi, untuk motor single shock seperti lexi bagusnya pake shock aftermrkt merk apa ya? Mohonsarannya suhu. Maturnuwun

    Suka

    • Memang kalau shock ori itu sekarang kualitasnya memprihatinkan. Di pemakaian saya sudah rusak setelah 100 km atau 200 km dipakai. Sudah rusak parah setelah 3 ribu km.

      Suspensi yang selama ini terbukti cukup awet adalah merek DBS yang tabung tambahannya berfungsi / isi oli juga. Idealnya sih DBS 722 karena oli bisa diisi sendiri, tapi masalahnya kalau di lexi bakal bentur lubang hawa dari transmisi. Entah DBS lain mana yang bisa dibuka sendiri. Baiknya cari yang pakai tabung tambahan yang tabungnya fungsi. Kalau pakai DBS, wajib disetel preloadnya atau pakai dumper, karena pernya biasanya terlalu empuk.

      Merek yang cukup ok juga adalah YSS DTG. Yang model lama (sebelum Evo) menurut saya ok juga. Cuma saya lupa untuk Lexi perlu panjang berapa.

      Suka

          • pak mau nanya untuk beat new 2019, enaknya pake shock apa? dan per nya ukuran berapa? untuk berat badan saya lebih kurang 72 kg + emak 60 kg ,.
            Mohon pencerahanya pak, makasih

            Suka

            • Pakai YSS DTG bisa pas mestinya. atau boleh Pakai DBS 722 dengan jumlah dumper 1 buah. Kalau misal terasa terlalu ngayun, bisa diganti sendiri olinya pakai oli mesin.

              Disukai oleh 1 orang

          • pak mau nanya, klo untuk beat new 2019, enak nya pake shock apa ya? dan untuk ukuran per nya berapa? bobot saya kurleb 72 kg + bonceng emak 60 kg ,.
            mohon pencerahanya pak, makasihšŸ™šŸ¼

            Suka

            • yss dtg evo ato yg hybrid pak? ulir per nya untuk yg shock uk 310 27-45 sedangkan 330 25-45, all beat FI memakai shock uk 330 ,.
              prefer yg mana pak untuk ukuran shock dan merk yss nyašŸ™šŸ¼

              Suka

          • yss dtg evo ato yg hybrid pak? ulir per nya untuk yg shock uk 310 27-45 sedangkan 330 25-45, all beat FI memakai shock uk 330 ,.
            prefer yg mana pak untuk ukuran shock dan merk yss nyašŸ™šŸ¼

            Suka

            • Setahu saya beat itu panjang pernya 300 mm ya? pakai yang 310 mm saja. 45 nm menurut saya pas kalau untuk beat

              Saya tahunya yang hybrid. tidak tahu apa evo lebih baik atau tidak.

              Suka

            • iya pak, untuk beat karbu ukuran Shock standartnya 300/305 Mm sedangkan beat FI 320/325 Mm, coba aja bapak browsing .
              yss dtg evo itu evolusi dari yss dtg hybrid ,.

              jadi pakai ukuran beat karbu ato beat fi?
              #motor saya beat FI

              Suka

  5. ijin sharing pengalaman pake yss gog pembelian 2014 yg sampe saat ini 2023 masih sy pake di vario 125. spring rate kalo ga salah 25-35 (tulisannya udah ilang). itu dia rate kecilnya terlalu empuk dan rate besarnya terlalu keras. kalo jalan halus sih enak ya seperti terbang lurus, tp saat jalan rusak atau bergelombang yg terasa tinggal rate kerasnya aja, apalagi kalo kena yg agak dalem habis ngayun empuk tiba tiba jleb menohok keras. mungkin lebih pas seperti ratenya ohlin 31-35 jadi transisinya lebih nyaman.
    sebagai tambahan info sudut kemiringan suspensi ternyata sangat berpengaruh. pernah coba pake shock beat (30cm) malah kelewat keras di vario 125, krn shock lebih pendek 3cm otomatis sudut suspensi menjadi sedikit lebih tegak.

    Suka

    • Sip iya ya. suspensi lain bakal terasa keras di vario. Untuk soal jleb menohok keras, menurut saya itu bukan salah suspensi, itu bagian ganjal stoppernya, khas kesalahan desain pabrikan.

      Coba bagian stopper nya di ganjal karet. Barangnya seperti besi yang masuk ke dalam rangka ada ganjal karetnya, namanya rubber link. letaknya di engsel depan mesin.

      Buat karetnya sampai full nggak bisa gerak lagi. Nanti menohok kerasnya bakal hilang.

      Suka

      • sepertinya bukan itu om problem sy krn semua karet karet termasuk rubber link sudah sy perbarui pun tetap sakit perut di jalan bergelombang.
        kalo analisa sy yss gog yg lama itu dia per empuk/rapatnya cuma 3 ulir, saat motor dinaikin ulir 1-2 udah nempel tinggal ulir 2-3 yg main soft. nah kalo ketemu jalan gelombang/rusak otomatis ulir 2-3 udah habis nempel kena gelombang pertama, belum sempet rebound udah kehantam lagi gelombang kedua dst alhasil tinggal rate kerasnya aja yg main.
        di yss g series baru sepertinya sih udah ada revisi per yg rapat jd 4 ulir, tp masih takut kalo tidak sesuai harapan (mayan mahal soalnya hehe). saat ini lg cari per copotan dbs dll utk coba pasang di shock yss gog sy šŸ˜€

        Suka

        • Saya yakin itu masalahnya karena saya sudah terapkan di motor honda, suzuki dan yamaha dengan hasil yang sama. Sumber sentakan suspensi itu dari stopper. Paling terasa di nmax. Setelah stopper diganjal (mulai motor umur 400 km), langsung tidak lagi sakit pinggang. Beda sangat jauh. Sekarang nyantai jalan di jalan rusak karena tidak ada sentakan lagi.

          Karet sudah diperbaharui tidak akan merubah itu karena itu merupakan cacat desain jepang. Ini karena di jepang tidak ada jalan bergelombang. Semua jalan itu sangat mulus dan sangat datar. Desain dengan stopper akan membuat gelombang gelombang kecil akan teredam. Masalah baru akan muncul bila gelombangnya besar. sentakan yang disimpan oleh stopper akan disentakkan mendadak dan membuat sentakan jadi sangat menyakitkan.

          Ini juga bisa dilihat dari desain suspensi belakang merek jepang, yang dihambat searah. Jadi ketika suspensi makin pendek kena gelombang pertama, sulit memanjang kembali, kena gelombang kedua makin pendek. Jadinya akhirnya suspensi jadi pendek sekali dan mentok.

          Itu cacatnya desain jepang karena mereka tidak memikirkan kemungkinan jalan rusak

          Suka

          • setelah sy perhatikan lagi sepertinya betul om engine hanger problem šŸ˜­
            krn sy pake shock pendek 300mm yg aslinya 330mm jadi stoper atas itu udah nempel pel gencet sasis. kalo sy potong stoper atas aja gmn ya? sy lihat model engine hanger vario 125/150 led jg cuma ada stoper bawah

            Suka

            • Baiknya jangan dipotong. Dipotong itu efeknya 2: saat sandar tengah ban tidak akan menggantung tapi tetap nyentuh tanah, kedua kalau suspensi mentok, maka bakal bisa terjadi benturan di engselnya untuk beberapa tipe.

              Baiknya diganjal karet empuk saja.

              Suka

  6. Malem Om mw tanya, saya baru beli DTG EVO 310T, tapi ko spring code nya sama kaya pro plus 46-25-45-205, bukan 46-27-45-210 emang berubah kah atau saya dapet aspal?

    Suka

    • Kalau aspal mestinya tidak akan ada tulisan spring code ya. Tinggal dirasakan saja, kalau stopper engine mounting sudah diganjal, harusnya terasa anteng seperti naik mobil

      Suka

  7. Om izin tanya, bb saya 60kg, kalau pakai yss dtg atau pro plus katanya karakternya condong ke stiff atau kaku ya om, apakah baiknya pakai shock original honda vario 125? Ada yang bilang jadi nyaman redamannya. Soalnya saya pengguna lexi S yang single shock tabung, selalu jeduk kalo kena tambalan aspal, padahal posisi sendirian

    Suka

    • Punya vario 125 kualitas sama buruknya dengan bawaan yamaha. Kalau butuh empuk, pakai merek DBS 744 misalnya. tapi perlu pakai dunper. Kalau YSS rasanya di Indonesia tidak jual empuk, sellernya jual cuma versi kerasnya saja.

      Tapi solusi jeduk bisa juga dengan ganjal stoppernya engine mounting.

      Suka

Tinggalkan Balasan ke 4 cara bikin skok NMAX makin empuk, lepas baut dudukan mesin pun bisa bikin empuk? | Mengupas soal motor Batalkan balasan

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.