Sebelumnya penulis tidak kepikiran untuk sekalian buat daftar spring rate dari suspensi YSS. Daftar ini berguna kalau ingin coba coba ganti per yang lebih empuk atau lebih keras, terutama sih untuk yang mengeluh suspensi YSS terasa keras. Per itu sangat mempengaruhi keras tidaknya suspensi.
Berikut bahasan pentingnya spring rate untuk MotoGP:
MotoGP – Simon Crafar runs us through spring rates and preload in his latest #TechTalk!
Sebenarnya daftar ini nggak perlu kalau pelayanan YSS Indonesia setingkat Amerika, yang ganti ukuran spring itu sudah termasuk harga (yang cuma beda dikit dengan Indonesia). Tapi nyatanya kan tidak.
Entah apakah kalau di dealer YSS bisa minta tukar dengan skok lain atau tidak. Bisa jadi malah diketawain (bisa saja mereka merasa skok YSS sudah sangat sangat sempurna). Bro yang berikut saja mengeluh suspensinya keras tapi nggak dikasih solusi walau sudah mendatangi YSS pusatnya langsung:
Jadi terpaksa harus usaha sendiri.
Berikut daftarnya. Perhatikan bahwa beda generasi bisa beda spring rate. Jadi tipenya sama persis tapi kekerasan bisa beda. Data sebagian dari website resmi YSS Indonesia. Beberapa data dilihat dari ngezoom gambar barang aslinya, misal dari ERC Speed Online (patut dipuji karena kadang memperlihatkan foto spring rate dengan jelas).
Nama | Harga | Spring rate | Gambar |
---|---|---|---|
Untuk Honda Beat atau Yamaha Mio | |||
YSS PRO ZR | 602.000 | 46-30-50-205 | |
YSS PRO ZR New | 602.000 | 46-25-45-205 | |
YSS DTG Hybrid | – | 46-27-45-210 | |
YSS DTG EVO | 728.000 | 46-27-45-210 | |
YSS G-ZA | 1.031.000 | 46-25-35-190 | |
YSS K-Series Gold | 1.150.000 | 54-25-35-190 | |
YSS K-Series Old | – | 56-25-35-188 | |
YSS G-Plus | 1.700.000 | 46-25-35-180 | |
YSS C-Euro Gold | 1.700.000 | 46-52-46-25-35-195 | |
YSS G-Series | 5.523.000 | 46-25-35-180 | |
YSS G-Series R | 7.101.000 | 46-20-30-160 | |
Untuk Honda Vario | |||
YSS Pro ZR Black | 542.000 | 46-25-45-205 | |
YSS Pro ZR Chrome | 602.000 | 46-30-50-205 | |
YSS DTG Hybrid | – | 46-25-45-230 | |
YSS DTG-EVO | 728.000 | 46-25-45-230 | |
YSS G-ZA | 1.031.000 | 46-30-50-220 | |
YSS K-Series Black | 1.150.000 | 54-30-50-220 | |
YSS K-Series Gold | 1.150.000 | 54-25-35-190 | |
YSS G-Plus | 1.685.000 | 46-30-50-185 | |
YSS G-Plus | 1.700.000 | 46-30-50-185 | |
YSS C-Euro | 1.700.000 | 46-52-46-25-35-220 | |
YSS G-Sport | 2.730.000 | 46-30-50-185 | |
YSS G-Racing | 7.527.000 | 46-30-50-185 | |
Untuk Honda PCX | |||
YSS DTG EVO | 1.391.000 | 42-12-27-220 | |
YSS G-Plus | 3.950.000 | 42-12-27-220 resminya ngaco |
|
YSS G-Series | 3.675.000 | entahlah | |
YSS G-Sport | 6.450.000 | 42-12-27-210 | |
Yamaha Aerox | |||
YSS DTG Hybrid | 1.384.000 | 46-13-18-200 | |
YSS DTG EVO | 1.391.000 | 46-14-200 | |
YSS G-Series | – | 46-14-200 | |
YSS G-Series | – | 46-13-18-200 | |
YSS G-Series | 3.675.000 | 46-15-17-200 | |
YSS G-Series | 3.932.000 | 46-15-17-210 | |
YSS G-Series | 3.950.000 | 46-15-17-210 | |
YSS G-Plus | – | 46-15-17-210 | |
YSS G-Sport Racing | 6.090.000 | 46-16-160 | |
YSS G-Sport | 6.090.000 | 46-13-18-190 | |
YSS G-Sport | 6.450.000 | 46-15-17-200 | |
YSS G-Racing | 15.100.000 | 46-16-140 | |
Untuk Yamaha NMAX | |||
YSS DTG Hybrid ????? |
– | 46-10-15-220 | |
YSS DTG Hybrid | – | 46-14-25-215 | |
YSS DTG Evo | 1.391.000 | 46-14-25-215 | |
YSS Z-Series | 2.195.000 | 46-13-18-200 | |
YSS Z-Series | – | 46-14-25-220 | |
YSS Z Series | – | 46-10-15-220 | |
YSS G-Plus | 3.675.000 | 46-13-18-195 | |
YSS G-Plus | 46-14-25-185 | ||
YSS G-Sport | 6.450.000 | 50-14-25-185 | |
YSS G-Sport Heavy Duty | 6.450.000 | 50-17-35-200 | |
YSS G-Racing | 15.100.000 | 46-14-25-185 |
Data spring rate suspensi Ohlin, dicomot dari manual cara pasangnya. Di website resmi Ohlin Indonesia tidak dicantumkan.
Penulis barusan mengetahui bahwa suspensi Scarlet pun ada spring ratenya:
Shock Scarlet Copy Ohlins 305MM
Angkanya sekitar 29 Nm. Ini cocoknya untuk matik mio/beat tapi mungkin terlalu empuk banget.
Dari lapak tersebut cuma memperlihatkan dua jenis:
Scarlet model Ohlin tipe single punya spring rate = 28,8 Nm
Scarlet model Ohlin tipe double / NMAX punya spring rate = 9,6 Nm.
Rekomendasi Ohlin untuk QBIX = 22-40, NMAX = 12 – 19. Artinya Scarlet mestinya empuk banget.
Untuk Beat dan Spin, dari pengalaman penulis spring rate 27-45 itu sudah pas. Pakai preload paling kecil justru nggak nyaman. Penyebabnya adalah rebound bawaan terlalu besar.
Untuk Vario, DTG (spring rate 25-45) dibilang keras. Ada yang bilang kalau pakai suspensi Beat di Vario itu terasa keras. Mungkin harusnya untuk Vario pakai yang lebih empuk, karena yang dari Ohlin pun merekomendasikan kekerasan per 31-35 untuk yang beratnya di bawah 80kg.
Untuk PCX lokal sepertinya spring rate 12-22 masih terlalu keras.
Untuk Aerox sepertinya ukuran spring rate 15-17 itu masih cukup keras.
Untuk nmax sepertinya ukuran spring rate 14-25 itu sudah pas.
[…] Bila suspensi yang beginian terasa kurang dan ingin suspensi YSS, maka sebaiknya perhatikan spring rate dari suspensi tersebut, bandingkan dengan buatan Ohlins. Bisa lihat daftar berikut: Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu kera… […]
SukaSuka
[…] suspensi yang empuk itu sebenarnya mudah. Cuma butuh cari yang pernya sesuai dengan berat badan rider dan cari yang shockbreakernya bekerja dengan baik. Kalau di luar negeri […]
SukaSuka
[…] Daftar spring rate untuk YSS […]
SukaSuka
[…] 45 adalah nilai per yang keras. Bisa dilihat sendiri nilai nilai per YSS yang lain, juga dibandingkan sama Ohlins: Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu kera… […]
SukaSuka
[…] Bisa cari yang lebih empuk, silahkan cari yang pernya empuk: Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu kera… […]
SukaSuka
[…] Bisa cari yang lebih empuk, silahkan cari yang pernya empuk: Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu kera… […]
SukaSuka
[…] Lengkapnya bisa dilihat daftar kekerasan per NMAX di artikel berikut, bandingkan dengan nilai kekerasan per Ohlins ya: Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, bisa untuk tukar kalau yang sekarang terlalu kera… […]
SukaSuka
[…] Terlihat jauh lebih keras dari suspensi YSS G-Plus untuk NMAX (untuk NMAX ada yang pernya empuk) […]
SukaSuka
[…] YSS yang pernya keras pun bakalan terasa keras, seperti contohnya YSS DTG (masih lebih empuk dari ori mestinya). Cari yang pernya sesuai dengan berat badan. Bisa pergunakan artikel berikut sebagai referensi: Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, kerasnya per ngacak banget! […]
SukaSuka
[…] Kalau sales sih pasti bilang model lebih mahal lebih empuk. Padahal beli yang mahal belum tentu akan dapat yang empuk. Beli mahal belum tentu enak. Karena keras empuknya skok YSS itu random. Nggak ada pakemnya. Bahkan salesnya sendiri pun nggak ngerti. Lengkapnya bisa dilihat di: aftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, kerasnya per ngacak banget! […]
SukaSuka
[…] Efek dari “kebijakan” itu pun bisa dilihat dari tingkat kekerasan per yang ditawarkan oleh Mitra2000 / TDR. Bisa dilihat daftarnya berikut ini: Daftar nilai spring rate suspensi YSS untuk matik, kerasnya per ngacak banget! […]
SukaSuka
Bang. Kalo punya scarlet itu dipernya tertulis 160 lbs/in bukannya sama dg 18nm? Sy hitung pakai konverter. Kok bs jd 29nm dr mana ya mohon penjelasannya. Ane yg salah itu atau abg yg salah tulis? Terimakasih
SukaSuka
Saya pakai penghitung spring rate online.
Dari rumus juga mestinya sudah benar:
Mungkin yang beda itu karena rumusnya bukan untuk spring rate. Dan lagipula mengingat itu per untuk suspensi motor single shock, maka rasanya bakal terlalu empuk kalau ketemunya 18.
SukaSuka
Untuk vario 110 fi yg mirip kek beat mesin nya
Spring rate yss all new pro plus 46-25-45-205 pas ndak prof?
Saya 55 kg
Istri 50kg
Anak satu 11 kg
120 kg kurang total nya kalo full
SukaSuka
Kalau mesin seperti beat, dari per cukup pas. Mungkin sendiri agak terlalu keras, boncengan lebih empuk. Tapi apakah modelnya ada setelan preload? Kalau tidak, mungkin sekalian yang YSS DTG / Evo saja karena harga beda sedikit.
Bakal lebih nyaman kalau stoppernya diganjal juga (jungkat jungkit di as bawah depan mesin.)
SukaSuka
Yss dtg evo beli nya dimana prof?
Ada saran market place nya?
Di official yss tokped ada nya proplus
SukaSuka
sayangnya nggak bisa rekomendasi. Saya dulu belinya coba cari harga termurah yang posting foto asli. Memang foto asli ada yang copas, tapi kalau di tokopedia bisa dicari yang resolusi gambarnya paling besar.
SukaSuka
Terimakasih prof
SukaSuka
sama sama š
SukaSuka
Bg untuk aerox enak ny per yg mana ya kode nya
SukaSuka
disamakan ohlins saja, jadi yang spring ratenya cuma satu = 14 Nm
SukaSuka
Mas, mau sambatan. Motor ku lexi cocok/rekom nya pake shock aftermarket apa ya? Udh 2x beli orinya + yg bawaan jadi 3 shock ori haha, tp umur nya paling lama 3bulan trs bocor. Pernah tak servisin cuman tahan seminggu bocor lagi, btw buat gojek motor nya. Saya mau beli shock after tp takut shock nya keras. Pernah beli shock aftermrkt utk motor lain sih tp keras bgt. Jadi, untuk motor single shock seperti lexi bagusnya pake shock aftermrkt merk apa ya? Mohonsarannya suhu. Maturnuwun
SukaSuka
Memang kalau shock ori itu sekarang kualitasnya memprihatinkan. Di pemakaian saya sudah rusak setelah 100 km atau 200 km dipakai. Sudah rusak parah setelah 3 ribu km.
Suspensi yang selama ini terbukti cukup awet adalah merek DBS yang tabung tambahannya berfungsi / isi oli juga. Idealnya sih DBS 722 karena oli bisa diisi sendiri, tapi masalahnya kalau di lexi bakal bentur lubang hawa dari transmisi. Entah DBS lain mana yang bisa dibuka sendiri. Baiknya cari yang pakai tabung tambahan yang tabungnya fungsi. Kalau pakai DBS, wajib disetel preloadnya atau pakai dumper, karena pernya biasanya terlalu empuk.
Merek yang cukup ok juga adalah YSS DTG. Yang model lama (sebelum Evo) menurut saya ok juga. Cuma saya lupa untuk Lexi perlu panjang berapa.
SukaSuka
mas apa punya contact whatsapp, saya mau tanya2 tentang parts motor soalnya saya awam
terima kasih mas
SukaSuka
bisa pakai gmail saja ya? ke sucahyoaji
SukaSuka
pak mau nanya untuk beat new 2019, enaknya pake shock apa? dan per nya ukuran berapa? untuk berat badan saya lebih kurang 72 kg + emak 60 kg ,.
Mohon pencerahanya pak, makasih
SukaSuka
Pakai YSS DTG bisa pas mestinya. atau boleh Pakai DBS 722 dengan jumlah dumper 1 buah. Kalau misal terasa terlalu ngayun, bisa diganti sendiri olinya pakai oli mesin.
SukaDisukai oleh 1 orang
pak mau nanya, klo untuk beat new 2019, enak nya pake shock apa ya? dan untuk ukuran per nya berapa? bobot saya kurleb 72 kg + bonceng emak 60 kg ,.
mohon pencerahanya pak, makasihšš¼
SukaSuka
yss dtg evo ato yg hybrid pak? ulir per nya untuk yg shock uk 310 27-45 sedangkan 330 25-45, all beat FI memakai shock uk 330 ,.
prefer yg mana pak untuk ukuran shock dan merk yss nyašš¼
SukaSuka
yss dtg evo ato yg hybrid pak? ulir per nya untuk yg shock uk 310 27-45 sedangkan 330 25-45, all beat FI memakai shock uk 330 ,.
prefer yg mana pak untuk ukuran shock dan merk yss nyašš¼
SukaSuka
Setahu saya beat itu panjang pernya 300 mm ya? pakai yang 310 mm saja. 45 nm menurut saya pas kalau untuk beat
Saya tahunya yang hybrid. tidak tahu apa evo lebih baik atau tidak.
SukaSuka
iya pak, untuk beat karbu ukuran Shock standartnya 300/305 Mm sedangkan beat FI 320/325 Mm, coba aja bapak browsing .
yss dtg evo itu evolusi dari yss dtg hybrid ,.
jadi pakai ukuran beat karbu ato beat fi?
#motor saya beat FI
SukaSuka
oh ternyata lebih panjang ya. Pakai ukuran beat fi saja kalau begitu.
walau evo pengembangan dari hybrid, nggak yakin lebih baik.
SukaSuka
oke siap pak ,.
karna yss dtg hybrid discontinue, mau coba pake yg evo ,.
makasih pak pencerahanya š
SukaDisukai oleh 1 orang
sip ok, sama sama
SukaSuka
ijin sharing pengalaman pake yss gog pembelian 2014 yg sampe saat ini 2023 masih sy pake di vario 125. spring rate kalo ga salah 25-35 (tulisannya udah ilang). itu dia rate kecilnya terlalu empuk dan rate besarnya terlalu keras. kalo jalan halus sih enak ya seperti terbang lurus, tp saat jalan rusak atau bergelombang yg terasa tinggal rate kerasnya aja, apalagi kalo kena yg agak dalem habis ngayun empuk tiba tiba jleb menohok keras. mungkin lebih pas seperti ratenya ohlin 31-35 jadi transisinya lebih nyaman.
sebagai tambahan info sudut kemiringan suspensi ternyata sangat berpengaruh. pernah coba pake shock beat (30cm) malah kelewat keras di vario 125, krn shock lebih pendek 3cm otomatis sudut suspensi menjadi sedikit lebih tegak.
SukaSuka
Sip iya ya. suspensi lain bakal terasa keras di vario. Untuk soal jleb menohok keras, menurut saya itu bukan salah suspensi, itu bagian ganjal stoppernya, khas kesalahan desain pabrikan.
Coba bagian stopper nya di ganjal karet. Barangnya seperti besi yang masuk ke dalam rangka ada ganjal karetnya, namanya rubber link. letaknya di engsel depan mesin.
Buat karetnya sampai full nggak bisa gerak lagi. Nanti menohok kerasnya bakal hilang.
SukaSuka
sepertinya bukan itu om problem sy krn semua karet karet termasuk rubber link sudah sy perbarui pun tetap sakit perut di jalan bergelombang.
kalo analisa sy yss gog yg lama itu dia per empuk/rapatnya cuma 3 ulir, saat motor dinaikin ulir 1-2 udah nempel tinggal ulir 2-3 yg main soft. nah kalo ketemu jalan gelombang/rusak otomatis ulir 2-3 udah habis nempel kena gelombang pertama, belum sempet rebound udah kehantam lagi gelombang kedua dst alhasil tinggal rate kerasnya aja yg main.
di yss g series baru sepertinya sih udah ada revisi per yg rapat jd 4 ulir, tp masih takut kalo tidak sesuai harapan (mayan mahal soalnya hehe). saat ini lg cari per copotan dbs dll utk coba pasang di shock yss gog sy š
SukaSuka
Saya yakin itu masalahnya karena saya sudah terapkan di motor honda, suzuki dan yamaha dengan hasil yang sama. Sumber sentakan suspensi itu dari stopper. Paling terasa di nmax. Setelah stopper diganjal (mulai motor umur 400 km), langsung tidak lagi sakit pinggang. Beda sangat jauh. Sekarang nyantai jalan di jalan rusak karena tidak ada sentakan lagi.
Karet sudah diperbaharui tidak akan merubah itu karena itu merupakan cacat desain jepang. Ini karena di jepang tidak ada jalan bergelombang. Semua jalan itu sangat mulus dan sangat datar. Desain dengan stopper akan membuat gelombang gelombang kecil akan teredam. Masalah baru akan muncul bila gelombangnya besar. sentakan yang disimpan oleh stopper akan disentakkan mendadak dan membuat sentakan jadi sangat menyakitkan.
Ini juga bisa dilihat dari desain suspensi belakang merek jepang, yang dihambat searah. Jadi ketika suspensi makin pendek kena gelombang pertama, sulit memanjang kembali, kena gelombang kedua makin pendek. Jadinya akhirnya suspensi jadi pendek sekali dan mentok.
Itu cacatnya desain jepang karena mereka tidak memikirkan kemungkinan jalan rusak
SukaSuka
setelah sy perhatikan lagi sepertinya betul om engine hanger problem š
krn sy pake shock pendek 300mm yg aslinya 330mm jadi stoper atas itu udah nempel pel gencet sasis. kalo sy potong stoper atas aja gmn ya? sy lihat model engine hanger vario 125/150 led jg cuma ada stoper bawah
SukaSuka
Baiknya jangan dipotong. Dipotong itu efeknya 2: saat sandar tengah ban tidak akan menggantung tapi tetap nyentuh tanah, kedua kalau suspensi mentok, maka bakal bisa terjadi benturan di engselnya untuk beberapa tipe.
Baiknya diganjal karet empuk saja.
SukaSuka
Malem Om mw tanya, saya baru beli DTG EVO 310T, tapi ko spring code nya sama kaya pro plus 46-25-45-205, bukan 46-27-45-210 emang berubah kah atau saya dapet aspal?
SukaSuka
Kalau aspal mestinya tidak akan ada tulisan spring code ya. Tinggal dirasakan saja, kalau stopper engine mounting sudah diganjal, harusnya terasa anteng seperti naik mobil
SukaSuka
50-17-35-200 Artinya apa ya prof?
SukaSuka
dual spring rate. 17 Nm dan 35 Nm. panjang per 200 mm.
SukaSuka
Om izin tanya, bb saya 60kg, kalau pakai yss dtg atau pro plus katanya karakternya condong ke stiff atau kaku ya om, apakah baiknya pakai shock original honda vario 125? Ada yang bilang jadi nyaman redamannya. Soalnya saya pengguna lexi S yang single shock tabung, selalu jeduk kalo kena tambalan aspal, padahal posisi sendirian
SukaSuka
Punya vario 125 kualitas sama buruknya dengan bawaan yamaha. Kalau butuh empuk, pakai merek DBS 744 misalnya. tapi perlu pakai dunper. Kalau YSS rasanya di Indonesia tidak jual empuk, sellernya jual cuma versi kerasnya saja.
Tapi solusi jeduk bisa juga dengan ganjal stoppernya engine mounting.
SukaSuka