Ada kabar bocoran spesifikasi dari Honda CBR1000RR versi 2020 (beneran jadi CBR kah?).
Disinyalir Inilah Honda New CBR1000RR Fireblade Spek WorldSBK 2020
Motor katanya bakal punya tenaga maksimal 218 PS, dengan berat motor 199 kg wet. Mesin bakal dilengkapi dengan teknologi V-TEC, con rod titanium dan throttle body 52 mm:
Harga katanya nggak beda jauh dengan Honda CBR SP yang sekarang. Diperkirakan ada sirip dalam yang dinamis.
Dengan spek tersebut apa bisa memenangkan balapan WSBK?
Kalau dibandingkan dengan Ducati V4R, tenaga maksimal 221 hp, berat motor 193 kg wet, throttle body 56 mm, yang titanium bukan cuma con rod tapi juga bagian valvenya. Pakai winglet.
Sementara itu Kawasaki ZX10RR punya tenaga maksimal 214 PS (dengan ram air) , berat 206 kg wet, titanium conrod, throttle body katanya 47 mm.
Dalam kondisi standar sepertinya performa cukup setara. Namun harus diingat bahwa kalau di WSBK mesin boleh dimodifikasi walau sangat terbatas, dan ukuran throttle body sepertinya jadi faktor sangat penting, sehingga walau dari sisi spek sama, motor Ducati terbukti lebih kencang dari Kawasaki kalau di lintasan lurus. Dan dengan throttle body yang 52 mm, mestinya dari sisi tenaga (top speed) Honda akan jadi lebih unggul dari Kawasaki.
Yang perlu dilihat nanti adalah bagaimana kecanggihan dari sistem traction control dari motor Honda. Karena selama ini tidak ada alasan bagi Honda untuk mengembangkan sistem traction controlnya sendiri.
Belajar dari kasus Marquez, Honda juga sangat berjuang mendapatkan pembalap yang terkenal kencang.
Sepertinya di WSBK nanti Honda tidak akan jadi motor underdog lagi, minim bisa saingan dengan Yamaha.
VTEC, bukan V-TEC, bukan pula VTECH apalagi V-TECH
SukaSuka
Biasa aja mending pake turbo
SukaSuka
kalau nganggep VTEC biasa aja, berarti VVA pun sama aja … 😀 😀 😀
SukaSuka
bukannya di WSBK nggak pakai VVA? yang Suzuki pun masih kalah?
SukaSuka
Bukan kesitu maksudnya, ke teknologi VTEC /VVA nya yg disebut Wawan..
Kalau R1 pake VVA dia pasti gakan komen “biasa aja” … Wkwkkwwk
SukaSuka
Maksudnya untuk mendongkrak tenaga yang tinggi tinggal pasang turbo, tapi lagi2 kualitas mesinnya kuat gak…… Hahahaha
SukaSuka
Turbo emang jawaban paling mudah untuk naikin tenaga.. beberapa pabrikan dulu menganggap turbo itu gak Nyeni, ga menantang, menurut mereka turbo itu terlalu gampang..
Eh belakangan menyerah juga, contoh BMW sama Honda wkwkwwk.. padahal dulu 2 pabrikan ini setia dengan mesin N/A mereka.. ujung ujungnya jelas sih efisiensi dan regulasi emisi
SukaSuka
ha ha, ok 🙂
SukaSuka
vtec ala CB400 vs ala civic
SukaSuka
Jangan muluk muluk kalahin kawasaki,coba kalahin aprilia & bmw dulu
SukaSuka
itu targetnya
SukaSuka
218ps, gede juga ya, diatas NSR 500 tahun 2001 yang wkt itu ‘cuma’ 210hp.
SukaSuka
iya, padahal motor jalanan
SukaSuka