Lho, kok kenaikan oktan bensin eco racing kecil banget? Nggak sesuai janji


Eco racing itu adalah produk aditif bensin yang dinyatakan bisa meningkatkan oktan bensin dengan sangat besar. Klaim berikut ini sudah dicopas di mana mana dan mudah dijumpai di lapak penjual atau member eco racing:

Eco racing motor:
1 Tablet 2 liter bensin, menaikkan 10 RON
1 Tablet 3 liter bensin, menaikkan 7 RON
1 Tablet 4 liter bensin, menaikan 5 RON

Eco racing mobil (ukuran lebih besar):
1 Pil 10 liter bensin, menaikkan 10 RON
1 Pil 15 liter bensin, menaikkan 7 RON
1 Pil 20 liter bensin, menaikan 5 RON

Dari hasil itu terasa luar biasa banget. Tapi apa benar begitu?

Kebetulan dari eco racing ada yang sudah mengetes.

Begini penjelasannya:
Terbukti ECo Racing Motor bisa Menaikkan Oktan

Ternyata banyak yg bilang Eco Racing tidak bisa menaikkan oktan itu salah. Buktinya kita sudah melakukan uji ukur RON Bensin sebelum dan sesudah pakai eco racing motor. Dengan menggunakan Oktan Scale Portable… yg tingkat keakurasihan 50% Krn sesuai dg kwalitas portablenya alat..

Catatan penting, percobaan pakai eco racing motor. Lalu akurasi alat 50% (heee?????)

Bensinnya ditempatkan di wadah masing masing:

Dari ukuran, penulis perkirakan itu adalah botol 500 ml:

Koreksi bila penulis salah, karena ini sangat penting.

Sebelum ditambahkan eco racing diukur dulu satu satu. Lalu ditambahkan tiap botol satu eco racing untuk motor.

Lalu ditunggu 5 menit:

Dengan waktu pelarutan 5 Menit.

Setelah itu diukur lagi

Hasilnya:
Pengukuran awal Premium 86-87:

Setelah ditambah eco racing motor 88:

Pengukuran awal Pertalite 88-89:

Setelah ditambah eco racing motor 90:

Pengukuran awal Pertamax 91

Setelah ditambah eco racing motor 92:

Pengukuran awal Pertamax Turbo 97

Setelah ditambah eco racing motor 97:

 

Kita anggap wajar bila oktan bensin makin tinggi makin sulit dinaikkan lagi. Kita lihat lagi klaim sebelumnya:
1 Tablet 4 liter bensin, menaikan 5 RON
1 Tablet 3 liter bensin, menaikkan 7 RON
1 Tablet 2 liter bensin, menaikkan 10 RON

Apa boleh kita teruskan klaim tersebut menjadi:
1 Tablet 1 liter bensin, menaikkan 14 RON
1 Tablet 0,5 liter bensin, menaikkan 19 RON

Tapi nyatanya kok cuma naik 2 RON? Tapi bagus juga jadi mengembalikan RON bensin jadi sesuai kodratnya. Cuma memang jauuuh banget dari klaim tersebut. Anggap saja yang lain itu cuma ngaco, kita pakai acuan hanya yang pertama:
1 Tablet 4 liter bensin, menaikan 5 RON

Tapi kan hasilnya:
1 Tablet 0,5 liter bensin, menaikan 1 RON?

Jelas klaim kenaikan oktan itu menipu.

 

Yang menarik, di video berikut ditunjukkan bahwa pertamax turbo pun bisa dinaikkan oktannya:

Cuma nggak diperlihatkan saat menambahkan eco racingnya.

Tanpa eco racing:

Dengan eco racing:

Entah benar entah tidak

Perlu diketahui juga bahwa zat yang bisa menambah oktan itu tidak hanya eco racing.
Bensin oktan tinggi energinya lebih lemah, alasan jangan pakai Pertamax Turbo kalau sudah pas oktannya

 

Penulis sesalkan karena cara pemasaran eco racing sering mengandalkan posting tipu tipu.
Motor mogok karena percobaan ECO RACING

18 respons untuk ‘Lho, kok kenaikan oktan bensin eco racing kecil banget? Nggak sesuai janji

  1. Mungkin maksudnya naik 10 poin om, dimana 10 poin artinya 1 nilai RON… lagian pengalaman saya di Pertamina dulu, antara premium dengan produk diatasnya bukan semata beda oktan tapi juga beda additive dan beda kandungan anti knocking nya…

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.