Marquez: “Honda CBR1000RR-R motor terbaik untuk fans”, setuju banget, kan teknologi MotoGP


Untuk menyenangkan fans Honda, peran Marc Marquez akan penulis buat lebih positif di artikel ini.

Marc Marquez ternyata sangat memuji motor Honda CBR1000RR-R baru yang ternyata nggak V4 tapi inline:
Info Super Lengkap Honda CBR1000RR-R Fireblade MY2020 . . Honda RC213V dalam bentuk Inline 4

Ia sampai bilang motor terbaik untuk fans:

Untuk pernyataan ini penulis 100% setuju karena toh kalau nggak fans maka pasti akan juga mempertimbangkan motor lain juga. Kalau fans maka tentu yang kepikir cuma merek Honda saja. Masuk akal banget. Dan untuk motor Honda yang tersedia untuk publik, motor Honda CBR1000RR-R adalah yang terbaik bila butuhnya untuk di sirkuit.

Dari sisi tampilan sepertinya Honda juga menganut sporty = sipit, sehingga tampilan baru menjadi lebih sipit:
HONDA CBR 1000RR-R SP 2020 – WSZYSTKO NA TEMAT I DANE TECHNICZNE NOWEGO FIREBLADE!

Untuk belakang juga ikut dibuat sipit:

Mesin katanya merupakan versi inline 4 dari motor MotoGP Honda RC213V:
2020 HONDA CBR1000RR-R FIREBLADE

From a clean sheet, Honda and HRC’s development engineers set to work creating a new inline four-cylinder engine for the CBR1000RR-R Fireblade. It’s a compact, short-stroke layout – sharing the bore and stroke of the RC213V – and features a semi-cam gear train, finger-follower rocker arms, titanium con-rods, RC213V-S internal friction reduction technologies, piston jets with check ball system and a built-in bottom bypass passage for the cylinder water jacket.

Jadi langsung dicomot lalu dijadikan inline 4.

Motor juga pakai ram air / air scoop:

Udara dari depan langsung bablas lurus dilarikan ke mesin:

Katanya bisa begitu karena sudah nggak pakai kunci manual (pakai smart key) dan sudut belok jadi 25°:

This smooth path is made possible by the application of Honda’s Smart Key system (dispensing with a traditionally-mounted ignition barrel) and steering angle of 25°.

Udara mengalir mulus langsung ke valve:

Jelas mantap banget untuk menjejalkan udara ke dalam mesin. Dan hasilnya tenaga maksimal bisa mencapai 160 kw di 14500 rpm dan torsi maksimalnya 113 Nm di 12500 rpm. Entah itu limit rpmnya berapa. Bisa jadi akan saingan dengan Ducati V4.

Untuk bisa menyalurkan tenaga dengan baik, Honda sepertinya sudah mengembangkan sistem kendali traksi yang pastinya jauh lebih baik dari yang di MotoGP:

Dan memang Marquez memuji banget akselerasinya:

Tidak seperti perkiraan, motor tidak pakai V-TEC. Pakai yang model begini saja:

Tapi sudah pakai titanium conrod, nggak kalah dengan motor Kawasaki ZX-10RR ataupun Ducati V4:

Untuk mengurangi polusi dan mengatur tenaga, Honda menerapkan teknologi variable exhaust. Keluaran knalpot bisa dibuat pendek atau panjang.

Mungkin karena itu bentuk fisik jadi panjang:

Caranya bisa dibilang berlawanan dengan Ducati yang memilih merubah dari sisi intake:
Official: All You Need to Know About Ducati’s New Desmosedici Stradale Engine

On the top, variable height intake funnels optimize cylinder filling at all rotation speeds and the fuel supply system is completed by oval throttle bodies, each containing two injectors – one above and one bellow the throttle.

 

Untuk handling, Honda juga menerapkan sirip yang dinamik:

Sirip bisa berubah sesuai kebutuhan:
Honda developing active aerodynamics for future superbike

Kalau pas butuh downforce tinggi, diaktifkan:

Entah karena motornya pakai winglet tersebut atau karena mesinnya pakai inline 4, Marc Marquez sampai terkesan senang banget dengan kemampuan menikung motor ini. Mungkin curahan hati yang paling dalam?

Bisa bisa motor MotoGP versi berikut bakal inline 4?

Selain itu suspensi motor dikendalikan secara elektronik:

Versi SP pakai suspensi Ohlins:

Dan sistem rem Brembo:

Speedometer TFT full warna yang bisa ganti tampilan:

Penampilan secara keseluruhan:

Berikut videonya:

Spesifikasi

CBR1000RR-R FIREBLADE CBR1000RR-R FIREBLADE SP
ENGINE
Type Liquid-cooled 4-stroke 16-valve DOHC Inline-4 Liquid-cooled 4-stroke 16-valve DOHC Inline-4
Engine Displacement (cm³) 999.9cc 1000cc
No. of Valves per Cylinder 4 4
Bore ´ Stroke (mm) 81mm x 48.5mm 81mm x 48.5mm
Compression Ratio 13.0 x 1 13.0 x 1
Max. Power Output 160kW @ 14,500 160Kw @ 14,500rpm
Max. Torque 113Nm @ 12,500 113Nm @ 12,500rpm
Oil Capacity 4.0L 4.0L
FUEL SYSTEM
Carburation PGM-DSFI PGM-DSFI
Fuel Tank Capacity 16.1L 16.1L
Fuel Consumption 16.0km/litre 16.0km/litre
ELECTRICAL SYSTEM
Starter Electric Electric
Battery Capacity 12-6 YTZ7S 12-2 Lithium-Ion
DRIVETRAIN
Clutch Type Wet, multiplate hydraulic clutch with assist slipper Wet, multiplate hydraulic clutch with assist slipper
Transmission Type 6-speed 6-speed
Final Drive Chain Chain
FRAME
Type Aluminium composite twin spar Aluminium composite twin spar
CHASSIS
Dimensions (L x W x H) 2100 x 745 x 1140mm 2100 x 745 x 1140mm
Wheelbase 1455mm 1455mm
Caster Angle 24o 24o
Trail 102mm 102mm
Seat Height 830mm 830mm
Ground Clearance 115mm 115mm
Kerb Weight 201kg 201kg
SUSPENSION
Type Front Showa Telescopic inverted fork with an inner tube diameter of 43 mm, and a Big Piston Front Fork with preload, compression and rebound adjustment, 120mm stroke Telescopic inverted fork with inner diameter of 43mm and Ohlins NPX Smart-EC with preload, compression and rebound adjustments. 125mm stroke.
Type Rear Unit Pro-Link with gas-charged HMAS damper featuring 10-step preload and stepless compression and rebound damping adjustment, 137mm stroke.Showa Balance-Free Rear Cushion with preload, compression and rebound adjustment. Pro-Link with gas-charged Ohlins TTX36 Smart-EC damper featuring preload, compression and rebound damping. 143mm stroke. 
WHEELS
Rim Size Front 17 inch x 3.5 17 inch x 3.5
Rim Size Rear 17 inch x 6.0 17 inch x 6.0
Tyres Front 120/70-ZR17Pirelli Diablo Supercorsa SPBridgestone RS11 120/70-ZR17Pirelli Diablo Supercorsa SPBridgestone RS11
Tyres Rear 200/55-ZR17Pirelli Diablo Supercorsa SPBridgestone RS11 200/55-ZR17Pirelli Diablo Supercorsa SPBridgestone RS11
BRAKES
ABS System Type 2 Channel 2 Channel
Front 330mm disc with radial-mount 4-piston Nissin caliper 330mm disc with 4-piston Brembo caliper
Rear 220mm disc with 2-piston Brembo caliper 220mm disc with 2-piston Brembo caliper
INSTRUMENTS & ELECTRICS
Instruments TFT-LCD TFT-LCD
Security System HISS HISS
Headlight LED LED
Taillight LED LED

22 respons untuk ‘Marquez: “Honda CBR1000RR-R motor terbaik untuk fans”, setuju banget, kan teknologi MotoGP

  1. Padahal Red Line di 14.500 tapi power puncak 160 KW kok juga di raih pada putaran yg sama, artinya nih motor shifting gearnya kalo mau maksimal dapet akselerasi musti di atas 14.500 RPM kali yak? mungkin hando juga melimit RPM di 15.000 atau mungkin jg sedikit lebih tinggi di 15.250 atau 15.500. Versi Superbikenya ane yakin bakal ditingkatkan hingga mentok 16 ribu RPM. Jika berkaca pada panigale v4R yg dipatok di 16.500 RPM. Toh putaran max 16 ribu RPM ane rasa masih sanggup dilayani per klep biasa mengingat yamaha R6 standar juga dibatasi RPMnya segitu (walaupun pada takometernya Red Line di 16.500 tapi itu emang dibikin lebay) sebenarnya.

    Suka

      • konsumsi bensin tergantung seberapa besar torsi yang diraih pada rentang midrange power, dan karna kebanyakan hando kalo bikin superbike dan supersport biasanya punya midrange yang bagus, akan berdampak secara langsung pada komsumsi bensin, rider tak perlu buka gas lebar2, makanya mereka berani mengklaim mileage 16 km per liter.

        berbanding terbalik dg r1 baru yg saking halusnya vibrasi mesin dikatakan dapat menggunakan gigi rendah pada RPM tinggi, makanya mileage jadi boros.

        Suka

  2. Ternyata masih pake inline 4 padahal fansboynya mengharapkan V4…. Turunan MotoGP darimana? konfigurasi mesin beda, mesin beda, elektronik????

    Suka

    • lho V4 kan udah dibikinin itu RCV213 VS road legal version yg harganya amit2 itu, itu tuh yg asli beneran V4 90 degree, pake gear driven camshaft juga, dan masih pake model firing order screamer, bore x stroke nya pun sama, 81 x 48.5mm, dan mampu menghasilkan power 215 PS tapi bagusnya bisa dicapai diputaran mesin lebih rendah 13.000 RPM. artinya lebih efisien mesin V4 dibandingkan inline 4 capaian tenaganya.

      Suka

        • kayaknya mesin V 90 degree ( karna mesin v paling balance tanpa balancer tambahan adalah yg bersudut 90 derajat) lebih efisien capaian power (dan torsinya) ketimbang inline 4, maksudnya dlm kondisi bore x stroke yg sma, untuk mencapai power puncak yg sama besar mesin v4 90 tak perlu berkitir terlalu tinggi kayak mesin inline 4, atau dg kata lain, jika rpm ditingkatkan lagi maka potensi power yg dihasilkan akan lebih besar, mungkin begitu CMIIW

          Suka

    • satu silinder dari MotoGP diambil lalu dijadikan inline. Kalau dari penjelasan, yang teknologi MotoGP:
      – engine and chassis technology of the RC213V-S ‘street-legal MotoGP machine’
      – ‘over square’ 81mm bore and 48.5mm stroke as the RC213V
      – The pistons are forged from A2618 aluminium (the same as the RC213V-S)
      – Diamond Like Carbon (DLC) on the cam lobes – just like the RC213V-S
      – Throttle by Wire (TBW). Derived and developed from the system used by the RC213V-S
      – Air is fed into the engine via a ram-air duct, the size of its aperture is equivalent to that of the RC213V MotoGP machine
      – aerodynamics drawn from the RC213V MotoGP, winglet structures that effectively generate the same downforce as the 2018 RC213V MotoGP
      – Inner fairing winglets drawn from the RC213V MotoGP machine
      – a longer RCV213V-S-style swingarm, The swingarm – stamped out from 18 individual thicknesses of aluminium and as used by the RC213V-S
      – The rear brake caliper is the same Brembo unit used by the RC213V-S.

      Suka

      • yang pasti dan yg jelas, Hando meninggalkan system monoshock UNIT PRO-LINK yang dulu sering dibangga2kan oleh fans nya itu, sekarang baut sok bag atas mounted pada crankcase engine katanya . . . , sedang link bawah bentuk dan mekanismenya sama kayak yamaha R6 current CMIIW

        Suka

          • pro link adalah nama sebutan monoshock system link dari hando, kalo UNIT PRO LINK lebih khusus, dia secara overall satu kesatuan dengan swing arm, konstruksinya unit pro link baut sok bagian atas mounted pada swing arm, tujuan awalnya diciptakan adalah agar vibrasi dan force dari roda belakang yang diterima sok tidak diteruskan ke main frame sebagaimana umumnya monosok yang baut atasnya di mounted pada main fram, dipake pada RCV 5 silinder, CBR1000RR 2004 – 2019, dan CBR600RR 2006 – current CMIIW

            Suka

            • mengapa disebut sama ya?
              CBR150R: Lengan Ayun Dengan Suspensi Tunggal (Sistem Pro-Link)
              CBR250RR: Aluminum Swing Arm (5 Adjustable Mono Suspension with Pro-Link System)
              CBR1000RR-R: Unit Pro-Link with gas-charged HMAS damper
              CBR1000RR-R SP: Pro-Link with gas-charged Ohlins TTX36 Smart-EC damper

              Penjelasan punya CBR250RR ada kata kata unit:
              – 2015 CBR1000R Overview | Sport Bike Specs / Price / Pictures & Videos –

              Rasanya teknologi ini lebih untuk bisa mengatur reaksi suspensi seenaknya. Kalau di MotoGP bisa dirubah rubah. Kalau di motor jalanan yang nggak pernah dirubah, mestinya bisa diatur dari shockbreakernya.

              Suka

  3. Pak cahyo, klo di amati foto fairing depan cbr ini mirip bgt sm gsxr150r. Coba deh di jejer foto masing2. Bedanya cbr di bikin sipit aja. Imo

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.