Sebagai tanda akuisisi Kawasaki terhadap Bimota, Kawasaki meluncurkan motor Bimota TESIH2:
BIMOTA UFFICIALIZZA IL MATRIMONIO CON KAWASAKI E PRESENTA LA NUOVA TESIH2
Sesuai dengan namanya, motor ini merupakan gabungan dari dua motor. Yaitu motor Bimota Tesi:
Dan mesin dari Kawasaki H2:
Diangkut komplit:
Termasuk speedometer:
Dan knalpotnya:
Tapi dari nama atau logo nggak tercantum Kawasaki. Adanya cuma Bimota:
Motor memang menunjukkan kekhasan Bimota, yaitu sistem kemudi depan pakai center steering hub, kasarannya sistem kemudi pakai swing arm:
Cuma yang penulis nggak paham, mengapa skok belakangnya sampai butuh dua jejer ya?
Di bagian depan mengadaptasi tampilan robot robotan tapi beda dari H2:
Lampu depannya itu intimidatif:
Motor Bimota Tesi dulu dijual dengan harga setara harga Ducati V4 sekarang.
Mantap banget kalau Kawasaki menurunkan motor ini di WSBK?
Mantab
SukaSuka
Kaga ngarti aye mekanisme klaher nya.. bisa celingak celinguk gitu..
ah ga jadi kagum aye kalo harganya kaya V4 mah.. dikira gampang nyari duit..
SukaSuka
itu kan mirip mekanisme ‘celingak-celinguknya’ mobil to? cuman si-Tesi ini ban depannya dipeluk arm kiri kanan. kalo yg single arm contohnya ada di scooter-nya italjet dragster
SukaSuka
Beda kakak.. Ini batang as nya tetap diam.. Lah kaya mana itu kopel tengahnya??
SukaSuka
pengamatan saya: 1. itu ‘kopel’ biar bisa ‘celingak-celinguk’ digerakkan batangan besi yg nempel di dudukan kaliper sisi kiri (batangan ini keatasnya nyambung ke stang), 2. sedangkan dua batangan yg nempel di ‘cula’ kiri-kanan fungsinya seperti arm atas pada mobil. cmiiw 🙂
SukaSuka
ini video demonya sistem kemudi bimota tesi
SukaSuka
jelas sudah 🙂
SukaSuka
ha ha ha, motor sultan memang
SukaSuka
itu sok belakang dobel, masing-masing buat depan n belakang, kan di-arm depan kiri bawah ada link panjang mengarah ke konstruksi tempatnya si-sok. cmiiw.
SukaSuka
sip, sepertinya begitu. Berarti beda dengan yang aslinya yang skoknya ditaruh depan mesin.
SukaSuka
mungkin karena pertimbangan konfigurasi mesin H2 yg melebar, gak seperti Tesi versi mesin L-nya ducati yg langsing
SukaSuka
iya
SukaSuka