Kymco Revonex, motor listrik tapi pakai gigi dan ada traction controlnya


Hebat banget Kymco Revonex. Secara teknologi motor ini sudah meninggalkan motor listrik buatan Eropa, apalagi buatan Jepang, sudah lewat jauh. Yang buatan India pun tetap tertinggal. Ini karena teknologinya sudah canggih.

Tampilan motor ini nggak jelek:

Ini waktu di pameran:
REVONEX, LA MOTO ELETTRICA DI KYMCO CHE CAMBIA… E SI FA SENTIRE!

Menurut penulis lebih keren dari Kymco Supernex yang diperkenalkan di EICMA 2018:

Kymco RevoNEX itu terbilang unik karena ternyata menggunakan sistem transmisi 6 percepatan:
2019 EICMA KYMCO RevoNEX Press Conference

Terus, apa nggak repot kalau di dalam kota? Kalau macet?

Ternyata tidak, menurut Allen Ko, si bosnya Kymco, kalau dalam kota tinggal pakai saja gigi 2. Akselerasi sudah lebih dari cukup, top speed 115 km/jam. Ia mengingatkan bahwa motor listrik kalau di rpm rendah nggak nyentak nyentak atau nyendal nyendal ala motor bensin. Rpm rendah ya tetap mulus mulus saja.

Dengan transmisi 6 percepatan tersebut diklaim bisa memberikan akselerasi yang maksimal karena rider bisa memanfaatkan power band yang tenaganya besar. Sehingga akselerasi jadi kencang:

Walau akselerasi dari Kymco RevoNEX kalah dari Ego Corsa, tapi dari sisi teknologi Ego Corsa ketinggalan jauh.

Di Ego Corsa sudah ada pengatur riding mode dan engine brake. Tapi untuk kestabilan motor hanya mengandalkan rem ABS saja. Beda dengan punya Kymco Supernex yang sudah dilengkapi launch control, traction control, anti wheelie yang dinamakan Full Engagement Performance:

Ini baru canggih. Rasanya belum dengar ada motor listrik pakai teknologi stability control semacam ini.

Di Kymco RevoNEX riding mode juga ada. Riding mode disesuaikan dengan situasi. Ada yang untuk jalan di perumahan, jalan di kota, jalan di luar kota dan dilarikan di sirkuit:

Ganti modenya ini juga sepertinya sensitif sama kecepatan. Bisa ganti sendiri:
KYMCO RevoNEX

Tampilan keseluruhan speedometer:

Sepertinya riding mode ini juga bakal mempengaruhi suara. Kymco RevoNEX dilengkapi dengan ampli gede yang bakal memperkuat suara dari mesin biar bisa terasa lebih mantap bagi rider.

Kalau dari penjelasan sih bukan suara artificial tapi suara asli yang dikeraskan. Ini beda dari motor listrik Revolt yang pakai suara artificial dari motor bensin:
Keren, suara motor listrik Revolt bisa diganti pakai smartphone

Unik juga pendekatan motor listrik dari Kymco ini, tidak pakai konektifitas tapi lebih fokus pada motornya.

6 respons untuk ‘Kymco Revonex, motor listrik tapi pakai gigi dan ada traction controlnya

  1. Di era motor dan mobil listrik sepertinya semua punya peluang…Kymco dalam hal rider interface dan mesin motor listrik sepertinya sudah selangkah di depan dibanding pabrikan jepang dan eropa gak heran karena Taiwan memang sudah jago elektronik dan komputasi sejak awal era PC dimulai. Untuk R&D desain juga gak main2 karena didukung habis oleh negaranya…tinggal ATPM Kymco (Smart) di tanah air berani gak habis-habis-an mulai duluan jualan motor listrik matic dan sport mumpung kartel Jepang masih ragu-ragu invest ke motor listrik di sini…. ingat peluangnya gak terbuka terus begitu ATPM Jepang lihat sukses maka mereka gak akan segan-segan guyur market dengan motor listrik low budget dan low quality 😀 IMHO speedo dengan model indikator nomor yang ganti2 cepet gitu bikin pusing rider deh…meding pakai digital dial aja….terus nanti kalau sudah bosen style motor ala-ala cyberpunk gitu tinggal nunggu revival style motor ala-ala diesel punk…:-D

    Suka

  2. Nah begini baru motor..
    ga kalah ama mesin blender..
    yg ngerancang kymco ini beneran dipake otaknya.. ga kaya motor listrik lain termasuk moto E yg cuman mindahin mesin bor ke sepeda motor..
    salut dah ah..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.