Permintaan Marquez ke Honda bermula dari rasa malu terusan mendompleng Yamah?


Cukup masuk akal juga bila permintaan Marquez itu ada hubungannya dengan sulitnya ia bertarung melawan Quartararo.
MotoGP champion Marc Marquez outlines his requests for Honda next season

Marquez itu kan kalau kualifikasi beberapa kali mendompleng motor Yamaha. Dan pada waktu beradu denga Quartararo atau Vinales, motor Marquez kelihatan jelas kalah di saat barusan keluar dari tikungan di balapan balapan terakhir. Dan permintaan perbaikan motor dari Marquez berpusat dari hal tersebut.

“We are struggling a lot to get rear grip on the exit of the corners,” Marquez replied when asked what he wants improved with the 2020 RC213V. “There, Yamaha really has extra grip, at the moment in that area it’s the best bike, especially with the new tyres; it is incredible. This is one thing. Then the last part of braking is where we are still pushing the front tyre too much and for that reason we see a lot of saves and it’s there where we did one step this year. But we need to try to force the front tyre less and try to have more grip on the exit of the corner.”

Marqez bilang bahwa pembalap Honda harus berjuang keras (bisa tebak ngapain?) untuk bisa mendapatkan grip ban belakang pada saat keluar tikungan. Di bagian ini Yamaha punya grip lebih banyak. Yamaha jadi motor terbaik di bagian ini apalagi setelah ada perubahan ban. Luar biasa.

Yang berikutnya adalah dari sisi pengereman yang terlalu membebani ban depan dan menyebabkan timbulnya banyaknya penyelamatan (rider lain = crash). Memang kemampuannya menyelamatkan diri meningkat tahun ini. Tapi ia tetap ingin ban depan tidak terlalu terbebani dan bisa punya lebih banyak grip saat keluar tikungan.

Ini mungking hubungannya dengan desain rangka dan modif ECU.

Cal Crutchlow juga bilang bahwa motor sebaiknya bisa dikendarai semua pembalap (nggak hanya marquez), bisa lebih konsisten (perilaku nggak berubah di tiap tikungan, mestinya ini penyakitnya ECU Magneti Marelli), dan kalau dipakai kencang nggak bikin jantungan siap siap crash. Motor Honda sekarang katanya butuh usaha 50% lebih banyak dari motor lain. Memang sudah diakui motor yang paling menyita stamina.

4 respons untuk ‘Permintaan Marquez ke Honda bermula dari rasa malu terusan mendompleng Yamah?

  1. Tapi kenapa ya Rossi masih tdk dpt mendekati f20 apalagi MV 12 , apakah ini sebagai bukti bahwa skill Rossi dibawah mereka semua?, Dan gelar selama ini karena kebetulan lawan yg lemah,dan dpt motor yg sempurna spt RC 211V…

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.