Benelli Imperiale 400, kenyamanan ala moge yang terjangkau


Entah mengapa kok pembahasan motor Benelli Imperiale 400 minim ya (saat penulis buat artikel)? Padahal menurut penulis motor ini layak dibahas (atau mungkin sudah pernah bahas?).

Motor Benelli Imperiali 400 diperkenalkan lewat pameran IIMS (dan diluncurkan bersamaan di negara Thailand juga):
Benelli Imperiale 400 Rilis di IIMS Motobike 2019, Harga Rp 79 Juta

Harga 79 juta itu menurut penulis terjangkau karena kan cukup banyak orang yang sanggup beli Ninja dan CBR250RR.

Dari tampilan jelas motor ini genrenya bertolak belakang dari yang sport sportan. Lampu depan klasik pakai halogen:
帝国400正式上市,售价已出

เปิดตัว Benelli Imperiale 400 เจาะตลาดคลาสสิคเรโทร ทำราคาเบาๆ 1.39 แสนบาท [TIME2019]

Speedometer sudah dimodernkan tapi masih model klasik:

Tangki pakai tutup retro:

Motor dilengkapi dengan suspensi depan teleskopik:

Dengan suspensi belakang ganda. Pakai sub tank yang tidak begitu kentara:

Jok pakai model split:

Rem depan dan belakang cakram pakai ABS:

Mesin fokus di rpm rendah banget, lebih rendah dari matik malah, tenaga maksimal 21 hp di 5500 rpm dan torsi maksimal 29 Nm di 4500 rpm. Berat motor 205 kg.

perhatikan katalis dekat dengan mesin, untuk memenuhi standar emisi yang tinggi

Mungkin nggak istimewa karena mesin kapasitas 374 cc kok tenaganya cuma 21 hp. Yang perlu diperhatikan adalah motor ini fokus ke kenyamanan. Mungkin Royal Enfield itu empuk. Nah Benelli Imperiale 400 nggak cuma empuk tapi juga mesinnya halus, beda dari “karakteristik” mesin Royal Enfield. Ingat mesinnya satu silinder juga.
Benelli Imperiale 400 Review: First Ride!

Most importantly, there are almost zero vibrations, especially between 80-120 km/h.


Suspensinya depan empuk belakang keras, mungkin karena dipaksa pakai suspensi belakang yang pakai tabung:

The front suspension is as caring as your mother. I had thought that I would keep it for the verdict, but let me divulge here that this rides and handles like a mini-Bonneville! Well, a mini-Bonnie with a hard rear suspension.

Saingan motor ini untuk keperluan yang sama adalah Honda CRF250L dan Kawasaki Versys. Kalau soal penampilan maka saingannya adalah Royal Enfield 350 atau 500. Tapi disebut handling, suara dan gaya seperti Triumph Bonnevile. Untuk yang pingin kenyamanan dan gaya retro, motor ini cocok dilirik.

Untuk soal kualitas, rasanya kalau sekarang nggak beda jauh dari Honda lokal.

6 respons untuk ‘Benelli Imperiale 400, kenyamanan ala moge yang terjangkau

  1. Menurutku akhir2 ini benelli cukup bagus bikin genre motornya, sprtinya berusaha mengejar style ala2 motor eropa, cuma image mochin aja yg kdg bikin beberpa org agak g ngeh…tpi waktu liat and tes motobi evo200, building dan matrial cukup bagus juga…dan mereka berushaa memberikan signature yg membuat motor benelli ini jdi identik…imperialle ini mnutrutku cukup lyk diboyong dripda sport2an yg kgk bisa diajak ngebut dijaln yg makin g karuan…mnurut prof kalo kompare dengan w250 masih lyk gak?

    Thanks artikelnya prof…memang benar pdhal bru launching tpi sgt jrg blog yg ngebahas…

    Suka

    • sama sama 🙂 . Iya, saya pernah lihat motor beneli dari fisiknya lumayan. Kalau dibanding dengan W250, mungkin bakal kalah dari keawetan kelistrikannya. Tapi kalau gaya dan suara sepertinya bakal menang benelli.

      Suka

      • Seprtinya revolusi qianjiang dengan brand benelli ini dimulai saat IIMS 2016 dengan leoncino dan trk 502nya…liat dri review luar cukup bnyak yg menilai positif…klo melihat cara mereka dlm membuat produk adalah dengan membuat genre (bukan kloning) yg sama dengan produj ikon dari brand trnama, contohnya ya sport muscle dri ducati atau klasik dri RE…mgkin karena di eropa ada pasarnya…dan ini patut diapresiasi bhwa di Indonesia mereka brusha bertahan dengan produk baru yg memiliki genre yg unik diluar dari brand jepang…entah sy pribadi cukup respek pabrikan satu ini, g pduli meski dia adalah produk cina…toh skrg juga produk cina juga byk yg memiliki kualitas yg bgus

        Thanks prof…

        Oh iya…YIMM rilis 3 produk bru, cukup mengejutkan fiturnya NMAX…worth banget…

        Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.