Pakai bahan bakar nabati disuruh pakai oli mesin nabati juga?


Sebelumnya penulis sudah membahas bagaimana oli Pertamina Meditran SX Bio itu sering dipelesetkan menjadi oli bahan nabati:
Gara gara satu postingan Instagram ngawur, orang jadi menyangka Meditran SX Bio itu oli mesin nabati

Ternyata yang kemakan salah informasi ini juga ada orangnya GAIKINDO juga:
Gaikindo sebut kandungan air B30 potensi pengaruhi mesin

Jakarta (ANTARA) – Sekretaris Gabungan Kepala Kompartemen Teknik Lingkungan dan Industri Gabungan Industri Kendaraan Bermotor Indonesia (Gaikindo) Abdul Rochim mengatakan kandungan air yang ada pada biodiesel B30 memiliki potensi untuk mempengaruhi keandalan masin.

Abdul juga menjelaskan bahwa penggunaan B30 memerlukan perawatan dari pemilik kendaraan untuk lebih sering memberikan perhatian pada kondisi mesin, sebab setidaknya itu juga membutuhkan oli yang berkandungan campuran nabati.

Padahal kan Meditran SX Bio itu nggak beda dengan oli pertamina lainnya yang juga dibuat dari bahan baku minyak bumi. Cuma dirancang agar bisa lebih awet kalau pakai bio solar:
Pertamina merilis meditran SX Bio untuk mengurangi resiko terjadinya lumpur oli di mobil yang pakai bio solar

Konon pertamax itu ada campuran nabatinya, ethanol 10% kalau tidak salah. Sayang informasinya minim sekali. Di buku manual motor Honda Beat juga sudah disebut:
Honda Beat ISS sudah mendukung penggunaan bensin beralkohol hingga 10 persen

Pakai tambah minyak goreng itu bikin oli lebih awet, tapi harus diperhatikan juga bahwa kemampuan anti oksidasi minyak goreng lebih rendah:
Penggunaan minyak goreng sebagai oli mesin ternyata populer di Malaysia, ada pelajaran penting yang bisa diambil

Jadi bila dipakai di mesin diesel yang pakai bio solar maka harus diperhatikan warna olinya.

Dan perhatikan untuk menghindari minyak jarak atau castor oil:
Walau castor oil itu dari bahan nabati, ternyata beda dari yang lain dan aslinya tidak boleh ditambahkan ke oli mesin biasa

2 respons untuk ‘Pakai bahan bakar nabati disuruh pakai oli mesin nabati juga?

  1. Sepengalaman aye pake oli ini..
    RPM berat buat starter dan awalan jalan (dibandingin oli fastron)
    Buat 2tak mah kaga cocok ga bisa bleyer2 tapi jadi low smoke dan knalpot rada ngebass.. udah aye coba di King..
    Yg ga doyan ribet ngoplos oli pake minyak goreng ini cocok.. Karena udah nabati 20% mungkin setara meditran SX oplos Sania perbandingan 80-20..
    Mendingan ini daripada fastron diesel klo dari segi penguapannnya.. Kalo performa sih tetep Pfd..
    Kesimpulannya.. Ini oli buat motor santai..

    Suka

    • sip, terima kasih sharingnya. Sudah pernah coba bandingkan dengan mesran super atau fastron techno?

      meditran SX bio itu bukan berarti ada kandungan nabatinya lho. Pertamina nggak bilang begitu. yang 20% itu kandungan nabati di solarnya, bukan di olinya. B20 = solar dengan kandungan nabati 20%

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.