Ketimpangan fitur ABS dan non ABS NMAX yang baru, bakal beda 7-10 juta?


Rasanya baru kali ini penulis melihat ada perbedaan fitur yang cukup banyak untuk beda tipe. Kalau di kelas matik entry level kan ada perbedaan (dulu) yaitu tipe tanpa ISS tanpa CBS, lalu tipe tanpa ISS, lalu tipe komplit CBS + ISS. Kemudian ABS muncul sebagai pembeda harga sekitar 4 juta.

Nah kali ini Yamaha membuat langkah lebih ekstrem dan membuat versi non ABS minim fitur, andalannya sepertinya cuma warna matte red sebagai hadiah penghibur (jadi teringat pilihan warna Aerox awal, yang murah lebih keren):

Fitur dari Yamaha NMAX non ABS bisa dibilang garing karena bahkan smart key pun nggak kebagian. Walau masih untung dapat ISS, lampu hazard dan charger, tapi nggak dapat traction control, y-connect dan tentu saja ABS.

Jadi pertanyaan mau dihargai berapa y-connect dan traction control. Mungkin dari sisi hardware cuma beda sedikit karena bisa jadi yang non ABS cuma didisable saja. Namun harga teknologinya yang menarik untuk disimak.

Kalau y-connect dihargai 1 juta lalu traction control 2 juta. Maka harga bisa beda 7 juta. Tapi kalau Yamaha ambil langkah seperti PCX Hybrid, harga dikatrol dengan menghargai teknologi, maka bukan tidak mungkin harga bisa beda 10 juta.

Cuma memang Yamaha bisa saja ambil langkah tengah, teknologi y-connect dan traction control dianggap gimmick bonus dan dihargai nol. Sehingga beda harga cuma menghitung harga ABSnya saja.

Mungkin ini yang bikin Yamaha sulit menentukan harga. Mau dihargai berapa teknologinya? Pilih gengsi atau pendapat pasar?

6 respons untuk ‘Ketimpangan fitur ABS dan non ABS NMAX yang baru, bakal beda 7-10 juta?

  1. Tambahan sedikit mas, di old Nmax kan gada fitur smart key..
    Jadi masuk list penambahan fitur dan harga juga dong di new Nmax abs..

    Suka

  2. Tapi biasane yamaha bida bikin harga yg overkill juga…kdg cnderung dibawah kompetitor, cuma bingung juga, kpmpetitoe yg bagian manakah?

    Pada akhir e pilih yg non abs, karena kliatan hargane masuk akal…toh fitur2 itu juga g bakalan kepake kalo cuma buat dipake belanja kepasar sama ojek anak skolah…

    Suka

    • wah harga terlalu mahal bukan overkill dong, tapi menghalangi orang mau beli. Rasanya Yamaha mau menyamai harga dari Honda ADV mengingat harga segitu masih laku juga.

      Bisa jadi yang non ABS jadi terasa mahal, dan mending beli model lama yang ABS.

      Suka

  3. Sengaja dibikin begitu nampaknya supaya yang lama tetep laku kalau dijual lagi kan mau mempertahankan predikat sebagai motor dengan harga jual kembali paling baik….:-D Jadi yang baru harus dikasih harga beda dengan justifikasi fitur gimmick….

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.