Teknologi bisa konek smartphone, y-connect Yamaha NMAX itu mubazir, nggak secanggih punya TVS


Melalui facelift Yamaha NMAX, Yamaha melakukan terobosan dengan memperkenalkan fitur traction control dan koneksi ke smartphone. Traction control bisa disebut teknologi penyambung nyawa. Jadi meskipun jarang dipakai dan belum tentu berfungsi dengan baik di semua kondisi, tetap jadi pembantu keselamatan. Nah yang jadi persoalan itu y-connect.

Fitur ini oleh tmcblog dijelaskan sebagai berikut:
Kupas Tuntas Overkill-nya Spesifikasi ALL New Yamaha NMAX 155 MY2020 | Mega galeri FOTO

hal hal Yang bisa kita peroleh Informasinya dari Comunication Control Unit (CCU)** yang terkoneksi dengan aplikasi Y-Connect (Yamaha Motorcycle Connect) ini adalah

Parking Location: Aplikasi Y-Connect akan menyimpan lokasi parkir motor (lokasi terakhir saat motor unpair/disconnected dengan smartphone). Ini jelas lebih gokil dan lebih canggih lagi sih dari sekedar Answerback system

Phone & Message Notification: Memberikan notifikasi di layar speedometer jika ada panggilan atau pesan/email masuk ke smartphone. Ini Juga keren dan jelas membuat kita tidak ketinggalan informasi di era yang serba cepat ini. Tentunya harus tetap Safety first dimana untuk menjawab telefon harus juga berhenti dahulu/ menepi ya sob

Recommended Maintenance (Engine Oil & Battery): Membantu pengguna mengetahui kondisi oli mesin dan voltase baterai (accu) serta memberikan rekomendasi untuk maintenance. Serasa Punya Montir dalam genggaman .. Iya Nggak !?

Fuel Consumption: Membantu pengguna menganalisa pemakaian bahan bakar saat berkendara. Ini Keren, dengan firur ini kita dapat menganalisa lebh detail dimana letak kesalahan eco riding kita dan tentunya bisa jadi dasar utnuk memperbaiki karakter berkendara agar Lebih irit bahan bakar

Malfunction Notification: Memberikan notifikasi melalui email jika terjadi masalah pada motor. Ini jelas merupakan sebuah allert yang ebrarti untuk mencegah kerusakan pada mesin lebih lanjut. Dan semua ini bisa dilihat di OPanel Dashboard baru yang sangat berbeda dengan NMAX sebelumnya . . Lebih keren dan lebih informatif . . . Asli deh ini teknologi yang dibenamkan di ALl New Yamaha NMAX benar benar Teknilogi yang sangat mengerti dan membantu kita kita semua . . benar benar spek yang diluar ekspektasi dan sekali lagi Overkill

Urutan agak beda dari yang diwebsite resmi tapi kita pakai saja urutan ini. Mengapa penulis anggap fitur y-connect itu mubazir?

Fitur yang ada:
Welcome New NMax 155, Matic pertama yg “Connected” di kelasnya. Traction Control, Perlu?

Parking Location: bro, tahu enggak akurasi GPS itu berapa meter? Ada yang bilang 20 meter, ada yang bilang 50 meter. Dan tahu sendiri parkiran di Indonesia seperti apa. 20 meter itu bisa muat buanyak bro kalau di Indonesia:

Rasanya dalam kondisi seperti itu answer back jauh lebih berguna. Untungnya masih disertakan di versi ABS. Dan jangan lupa, itu dengan asumsi bahwa GPS ada. Kalau parkir di dalam gedung apa ya ada GPS?

Juga perhatikan yang disimpan adalah posisi ketika motor terakhir dimatikan. Ini artinya kalau motor dipindah sama tukang parkir, ya kita tetap saja nggak bisa temukan.

Lagian fitur ini kan untuk yang pelupa motor pakir di mana. Kalau ingat yang nggak butuh fitur ini.

Dan kalau memang butuh fitur seperti ini, nggak usah beli NMAX bro. Tinggal download saja langsung aplikasi pengingat posisi terakhir. Di google play banyak. Contoh:

 

Phone & Message Notification: Silahkan angkat tangan yang sekarang masih pakai telpon dan sms. Mungkin di jaman dulu fitur ini masih berguna. Tapi sekarang? Orang sudah pakai WA, faceboook, line, dst.

Baru berguna bila aplikasi y-connect bisa mendeteksi notifikasi dari aplikasi tersebut. Tapi tetap jadi dilema bila sekalipun bisa, karena kalau nggak difilter maka itu notifikasi bakal tang tung tang tung terus menerus kalau si rider itu join grup rame. Email juga sama, apa bisa bedakan spam dengan yang tidak?

Dan pengendara pun mungkin bisa lebih mudah mendengar suara dari smartphone daripada lihat kilauan lampu di dashboard.

Jadi mubazir.

 

Recommended Maintenance: kualitas oli mesin rekomendasi pabrikan kan di bawah standar. Bisa jadi butuh ganti oli lebih cepat. Kualitas oli mesin aftermarket kan ada yang bagus, bisa jadi butuh ganti oli lebih lama.

Kalau dari smartphone nggak bisa ngeset rekomendasi ganti oli, mubazir.

 

Fuel Consumption: Memang di dashboard nggak ada?

 

Malfunction Notification: dari pengalaman yang sudah sudah, informasi dari pabrikan itu bisa nggak sesuai situasi lapangan. Contohnya:
Kode error #12 Yamaha Aerox diklaim terjadi karena pakai modif lampu projie? Padahal solusi bukan itu

Coba deh bila pas ada muncul error #12 di aplikasinya, terus dibilang: “projie lu lepas dong bro”, padahal kita nggak pakai projie, jadi bingung kan?

Yang begini cuma berguna untuk mekanik bengkel dan tidak berguna untuk pengguna. Dan untuk mekanik bengkel, mereka sudah ada alatnya sendiri. Nggak butuh y-connect.

 

Yang sip itu bila aplikasinya bisa seperti yang ditawarkan di motor matik TVS Ntorq, bisa mencatat jurnal perjalanan:

Bisa untuk navigasi:

Bisa untuk nyetel terang gelapnya speedometer:

mungkin bisa untuk mengetahui performa:

bisa tahu catatan servis atau pesan servis, nggak cuma mengingatkan ganti oli saja:

Terlalu berlebihankah bila mengharapkan pabrikan Jepang bisa seperti itu?

37 respons untuk ‘Teknologi bisa konek smartphone, y-connect Yamaha NMAX itu mubazir, nggak secanggih punya TVS

    • Pret… yg bilang mubazir sm aja bilang helm itu mubazir kalau yang pakai helm ga kecelakaan 😂 atau payung itu mubazir kalau ga kehujanan… Secetek itu kah?

      Suka

      • analoginya salah. analogi yang benar itu adalah sudah pakai helm kok disuruh pakai helm lagi. Naik motor sudah pakai jas hujan atau baju berkendara tahan air kok masih pegangi payung lagi.

        Suka

        • Jangan keluar topik dan menambahi topik bro, kita fokus pada artikel yang sangat membuat saya geli…. 😂😂😂, Tertulis di artikel fitur gps ga akurat dan mubazir kalau ga ada sinyal… Bro mending sekalian aja ente tulis di artikel kalau mesin motornya mubazir kalau ga ada bensin 😂😂😂😂

          Suka

          • saya nggak setuju analoginya. Mending langsung saja.

            Saya barusan coba gps hp saya. Dan saya berpindah tempat ternyata GPS tidak bisa mengikuti. Bahkan saat saya ke timur, eh si GPS ke utara.

            Balik ke topik. Manfaat untuk bisa mengetahui posisi motor itu gunanya untuk apa sih? Kan kalau untuk kita lupa. Kalau kita selalu ingat ya fitur itu mubazir bro.

            Dan, ingat bahwa yang dicatat adalah lokasi waktu koneksi terputus. Kalau motornya dipindah tukang parkir yang nggak akan ada gunanya itu fitur.

            Dan karena pertanyaan bro ini saya jadi ingat. Mau mengingat lokasi motor nggak harus pakai y-connect bro. Pingin mencatat lokasi parkir terakhir nggak perlu beli NMAX baru bro. Bisa download gratis!

            Suka

            • La itu sudah bawan dr motor bro teknologinya, barangkali situ pakai hp nokia jadul jd ga ngerti fungsi gps. namanya gps itu untuk membantu, tentu tidak akurat 100 persen bro, anda tahu ojek online? Mereka krja dan dapat duit krna kebantu gps…. Jd jangan berpikirlah secara jernih bro 😂

              Suka

            • akurasi gps banyak jadi topik pembahasan untuk gojek.

              info resmi dari google soal gpsnya android:
              Menemukan dan meningkatkan akurasi lokasi Anda

              Maps memperkirakan lokasi Anda dari berbagai sumber seperti:
              GPS: Informasi ini diperoleh dari satelit dan dapat memperkirakan lokasi Anda hingga sekitar 20 meter. Catatan: Jika Anda berada di dalam bangunan atau di bawah tanah, GPS terkadang tidak akurat.
              Wi-Fi: Lokasi jaringan Wi-Fi terdekat dapat membantu Maps mengetahui lokasi Anda.
              Menara BTS: Koneksi Anda ke jaringan seluler dapat akurat hingga beberapa ribu meter.

              Suka

  1. mungkin in baru versi awal, nanti fiturnya bisa jadi akan diupgrade secanggih TVS tersebut seandainya kompetitor utamanya juga mengeluarkan fitur serupa.

    tapi bagi ane mending motor yg ngga terlalu wah aja karena, segala bentuk fitur tersebut pada dasarnya bekerja secara elektronik, sedangkan yg namanya elektronik itu pasti sangat rentan terhadap suhu tinggi dan benda cair, bisa terjadi error dan atau konsleting, adanya fitur pengingat ganti oli dan servis itu saja sudah mengindikasikan bahwa yg punya motor dianggap pemalas dan masa bodoh dalam hal perawatan tunggangannya, iya kalo motornya hando sih gak masalah lantaran motor hando sendiri kan punya fitur anti rusak ganti oli seingatnya aja gak masalah mesin masih sehat, bahkan kalo digeber lama pun mesinnya makin panas top speednya terus bertumbuh dan makin kencang, lha ini motor yamaho kan terkenalnya vampir oli gegara silinder DiASil itu dan oli yamalube nya jelek.

    teteplah motor jupie Z 110 2005 kek punya ane yang paling handal buat kendaraaan harian, masih karbu tapi emisi boleh diadu dg yg injeksi, minim perawatan, tidak dipusingkan elektronik canggih, banyak lagi spare parts nya, hehehe .. . . .

    Suka

  2. Soal GPS tergantung satelit apa yg digunakan.jika sudah yg terbaru tentu sangat akurat om…seperti aplikasi kerja saya,sangat tepat posisinya

    Suka

  3. Akurasi hp bagus kok 1 meteran, saya sering pake live location google map kalo cari istri di dalem mall 😁.
    Tapi receiver hp sekarang kan nerima 4 satelit sekaligus, nah di nmax asal udah support 4 satelit (gps,bedou,galileo,glonas) kayak di hp ya pasti akurat.

    Suka

    • Wah beneran nih satu meteran? Barangkali terbantu BTS dan wifi. hp merek apa? Kalau di luar gedung bagaimana?

      Rasanya di motornya nggak ada GPS, GPS akan tetap mengandalkan punya hpnya. Yang dicatat adalah lokasi saat koneksi terputus dari motor. Bukan posisi motor secara real time.

      Suka

  4. Ini artikel sejalan dengan pikiran saya ketika baca launchingnya namex…banyak dikasih fitur gimmick…dari mulai GPS yang kemungkinan kurang akurat sehingga mubazir (mendingan sekalian dikasih fitur mirroring tuh di speedo supaya bisa konek ke gps hape dan pandu turn by turn pengendara walau bisa ganggu konsentrasi….:-D) sampai ngasi indikator error dan pengingat service…motor saya ada tuh fasilitasnya pengingat service yang ada pas bengkel lupa reset harus saya turn off sendiri karena kalau gak blinking-blinking terus iconnya sementara di buku manual gak dikasih tahu caranya. Lagian error code sekian-sekian kalau gak ada buku panduan service juga percuma wong kita gak tau artinya apa….paling-paling jadi buru-buru ke bengkel…bengkelnya seneng jadi makin rame…:-D

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.