Bagaimanapun juga, fitur bisa cari lokasi parkir motor punya NMAX itu tetap mubazir


Diskusi itu ternyata memang bisa membuka pikiran. Penulis jadi bisa menemukan lebih banyak alasan mengapa fitur cari lokasi parkir motor, bagian dari y-connect punya Yamaha NMAX yang baru itu mubazir.

Alasan penulis sebelumnya adalah gps nggak akurat. Ada yang komentar bahwa GPS bisa akurat hingga 1 meter waktu cari istri di mall. Hebat tuh, entah hpnya merek apa. Karena waktu penulis coba sendiri di hp redmi 4A, nggak seakurat itu. Penulis jalan nggak bisa deteksi. Penulis diam eh itu GPS jalan sendiri. Kadang juga mendadak pindah posisi nggak bilang bilang. Selisih beberapa deret motor parkir masih bisa.

Untuk yang lokasi minim GPS, selama ada BTS (sinyal GPS), maka posisi masih bisa diperkirakan. Tapi tentu lebih tidak akurat.

 

Perhatikan juga bahwa posisi yang disimpan itu cuma saat koneksi terputus. Kalau motor bro dipindah orang karena dianggap menghalangi atau misal sama tukang parkir dipindah di tempat teduh, ya si aplikasi nggak akan bisa tahu. Bro harus cari sendiri itu motor.

 

Dan bro, kalau misal bro butuh pengingat tempat parkir, bro nggak usah repot repot beli NMAX baru. Bro bisa download sendiri aplikasinya secara gratis tanpa harus beli NMAX. Banyak pilihan kok:

Sama satu lagi. Aplikasi ini cuma dibutuhkan kalau kita lupa kan? Usahakan nggak lupa. Karena kalau kita ingat parkir motornya di mana, aplikasi macam begini akan jadi mubazir 🙂

Dan menurut penulis fitur bisa cari lokasi parkir bukanlah fungsi utama dari y-connect. Fitur yang bisa independen seperti ini nggak butuh speedometer canggih.

Koneksi hp itu harusnya merupakan fitur yang memungkinkan hp kirim data ke speedometer atau motor kirim data ke hp. Dan yang begini rasanya cuma 3 yang memenuhi: notifikasi pesan dan telpon, mileage dan malfunction notification.

Sayangnya ketiganya redundan. Lebih gampang tahu dari suara notifikasi di hp (masa ya notifikasi pakai klakson). Dan dua yang terakhir bisa langsung lihat di speedometer.

Bila penulis punya motor yang dilengkapi dengan fitur yang cuma setara dengan punya Yamaha NMAX baru, maka penulis lebih memilih untuk tidak memakai karena:
– capek bila mau berangkat harus menyalakan kalau fiturnya cuma seperti itu
– apalagi kalau nggak bisa running background, kalau habis telpon harus buka lagi, habis buka gps harus buka lagi, dst.
– apalagi kalau layar harus nyala terus, baterai cepat habis
– apalagi kalau memakai bluetoothnya harus dengan melakukan sesuatu di motor
– apalagi kalau hp biasa dikantongi, apalagi kalau di motor nggak ada tempat hp khusus, apalagi kalau hp harus kepanasan, apalagi kalau tempat hp geludak geludak, dst
– apalagi kalau parkirnya di kantor yang tempat parkirnya gampang banget diingat
– apalagi karena lebih gampang baca informasi di speedometer daripada di hp

16 respons untuk ‘Bagaimanapun juga, fitur bisa cari lokasi parkir motor punya NMAX itu tetap mubazir’

  1. Kalo fitur parking location diganti dengan vehicle location (macam gps tracker), nah itu baru canggih

    Cuma ya kalo 30 juta belum keyless jadinya autokill

    ADV yang 33 jt jadi terlihat lebih value

    Suka

    • Setuju. Pakai gps tracker bakal sip. Tapi sayangnya belum ada operatornya di Indonesia dan harga langganannya tentu tidak murah.

      Iya, kalau 30 juta maka Honda ADV jadi lebih kompetitif.

      Suka

  2. Sy ga pernah punya masalah dgn akurasi gps hp, sejelek2nya sharelock di wa paling 6-8 meter doang. Apalagi outdoor atau di tempat2 yg banyak wifinya bakal akurat bgt.
    Tapi setuju kalo fitur nmax ini dibilang mubazir. Kalo motornya gak aktif ngirim posisi, cuma ngelock posisi berhenti terakhir doang itu mah udh dari lama ada fitur “save my parking” di googlemap, biar keliatan keren liatnya lewat aplikasi khusus, tapi palingan yconnectnya integrated ke google juga.

    Suka

    • Sip, terima kasih banyak. Unik pakai wifi bisa lebih akurat ya. Iya, tambahan untuk fitur lokasi parkir cuma ketika hp putus dari bluetoothnya motor. Ada aplikasi semacam yang mencatat ketika koneksi terputus dari bluetooth mobil.

      Lebih sip sekalian diberi OBD 2 ya?

      Suka

    • Tambahan lagi, 2 temannya teman sudah dipaksa istrinya buat beli nmax ini karena gimnick ini, plus satu teman lagi berminat beli
      Mau dibilang ga efektif mubazir, tapi sangat efektif buat marketing, masang fitur ini semudah masang jam digital di spedometer digital, tapi efeknya luar biasa buat marketing, dan imej
      Imej ini akan nempel seperti ADV yg bisa buat offroad, atau kesan nmax murah saat launching pertama dulu padahal harga sudah kemana2, dan ingat masih buanyak orang awam diluar sana yg potensial beli

      Suka

      • Sip, iya. memang ada fitur ini seperti jadi meningkat valuenya. Iya, semacam dengan ban dual sportnya ADV. Sama juga seperti windshieldnya ADV mungkin.

        Entah harga dijual berapa.

        Suka

  3. Maaf oot Ga seperti sebelahnya yg cuma ganti striping kalo facelift Mesin nya jg sudah berubah loh Kompresinya 11,6 kok ga dibahas juga sih

    Suka

  4. Makanya saya bilang gimmick, karena nambah fitur ini itu di speedo digital itu jaman sekarang gampang banget…tapi tetap nanti dibebankan ke konsumen dan ya paling-paling dipakai sebentar ujung2nya lebih banyak gak dipakai. Beda dengan parkiran mobil yang bisa tersebar ke beberapa lantai dus mungkin lebih butuh pengingat lokasi parkir (mending di foto sign lantai dan sectionnya pakai hape) biasanya parkiran motor itu cuma ada di satu lantai dan karena motor pasaran macam ini mungkin lebih butuh answer back yang dipakai honda dan ya yang butuh memang akhirnya cuma merek yang pasaran karena kalau motor kita gak pasaran dari jauh sudah kelihatan yang mana motornya….:-D

    Suka

    • Iya, kadang diarahkan fitur seakan perlu padahal bisa jadi lebih mudah seperti yang begitu, pakai foto. Yang sederhana malah jadi hilang.

      Sama seperti fitur kalau menyalakan motor harus menekan rem dulu. Begitu ISS keluar, fitur itu jadi ditinggalkan.

      Suka

      • wah baru tahu kalau gara2 ISS fitur itu sudah gak ada, soalnya motor saya yang pakai ISS masih harus pencet rem dulu….atau mungkin maksudnya keyless om?

        Suka

        • itu cuma kalau pertama. Tapi beda saat motor berhenti sendiri karena ISS. Untuk menjalankan motor lagi nggak perlu pakai tekan rem dulu kan? langsung saja gas. Dan sudah terjadi beberapa kecelakaan karena “fitur” ini.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.