Kompresi mesin Yamaha NMAX itu dinaikkan biar FBY nggak nangis, walau pemilik mungkin tetap nangis


Ada yang minta penulis bahas soal perubahan kompresi mesin Yamaha NMAX yang naik tajam.

Pendapat penulis sedikit beda dari penjelasan yang lain. Intinya kalau menurut penulis kompresi naik sebenarnya bukan demi memuaskan nafsu FBY, tapi biar mereka nggak nangis. Cuma efek samping dari kenaikan kompresi ini bisa bikin yang memiliki jadi nangis.

Spesifikasi NMAX yang sekarang itu seperti ini:

Yang baru seperti ini:

Apa nggak merasa aneh kompresi mesin meningkat tapi torsi maksimal kok turun? Tenaga sih memang naik, tapi perhatikan bahwa selain kompresi dinaikkan ada modif lain juga:
Kupas Tuntas Overkill-nya Spesifikasi ALL New Yamaha NMAX 155 MY2020 | Mega galeri FOTO

Untuk Klep, diameternya Naik 1 mm ini dari NMAX sebelumnya 19,5mm menjadi 20,5mm. Ruang bakar Dijamin BARU karena NMAX baru ini menggunakan piston baru yang memiliki bentuk sama dengan Piston Yamaha R15 . . Bisa bayangin, jantung Motor sport dipake di motor skutik !! . . Exhaust Portnya jika sobat sekalian Lihat asli baru dimana oreiesntasinya lurus mirip pada Aerox 155. Penggunaan Piston R15 yang tentunya memiliki bentuk berbeda menaikkan Komperesi mesin dari awalnya NMAX lama 10,6:1 menjadi 11,6:1 . . Ini jelas sangat signifikan, kepala silinder pun jadi lebih besar dan terlebih lagi diperkuat dengan kehadiran desain baru air cleaner box yang besar..

Dengan perubahan seperti itu kok bisa torsinya turun?

Menurut penulis kuncinya adalah barang berikut ini:
Netizen: Cicilan Pertama Aja Belum Waktunya Bayar, Eh Udah Ada NMax Baru!

Yamaha NMAX 2020 Sudah Meluncur, Bisa Ditebus Rp500 Ribu!

Di yang lama itu nggak ada:
Mega Galeri Foto New Yamaha NMAX 155 MY 2018

Rasanya itu untuk memenuhi standar Euro 5. Karena yang sekarang tanpa barang begituan (catalytic converter) sudah lulus Euro 4 kok:
EU4-compliant liquid-cooled 155cc engine

 

Padahal katanya Euro 5 itu jauh lebih berat dari Euro 4. Dan bikin pabrikan mikir bagaimana caranya tenaga tidak berkurang:
Euro 5 emissions: what they mean to motorcycles

Compared to Euro 4, the emissions limits are much lower, so it’s a considerable challenge for the manufacturers both in terms of meeting the legislation. The limits have gone down by about a third on average. It’s different for each emissions type. It’s not as big a jump as Euro 3 to Euro 4, however as you decrease these limits it just gets tougher and tougher to meet them as you run out of quick hits for reducing your emissions. So it gets more and more expensive. because you can’t accept any reduction in power you have to find other means of getting that power back.”

Jadi normalnya dengan knalpot ditambahi catalytic converter itu tenaga mesin berkurang. FBY tentunya nggak terima dong. Bisa nangis mereka.

Oleh karena itu Yamaha mencoba menambah tenaga dengan meningkatkan kompresi. Dan karena kompresi saja tidak cukup mereka juga mencoba membuat tenaga meningkat dengan di tune up sedikit.

Penulis coba kalkulasi pakai rumusnya motogokil:
Memperkirakan Kenaikan Power, Setelah Menaikkan Rasio Kompresi (Compression Ratio / CR)

Begini hasil perhitungannya. Kalkulasi pertama adalah bila hanya ditambah kompresinya saja (meningkatkan persen). Kalkulasi kedua adalah bila ditambah tenaganya juga (power aslinya juga ditingkatkan):

Dari kalkulasi kehitung tenaga bertambah antara 11,4 hingga 11,5 kw. Tapi ternyata tenaga NMAX baru adalah 11,3 kw. Ada kemungkinan tenaga berkurang 0,2 kw.

Dengan demikian para FBY nggak jadi nangis tapi malah bangga dan bakal membuly merek sebelah yang dari awalnya kalah tenaga, sekarang makin kalah.

Cuma yang memiliki motor Yamaha NMAX baru ini bisa jadi akan nangis. Karena yang dulu saja minimalnya pertamax. Setelah di “upgrade” maka bensin bisa jadi harus pakai pertamax turbo. Kalau pakai pertamax bisa jadi resiko. Apalagi kalau pakai premium. Mungkin bisa jadi konsumennya pro capacitor, ha ha ha. Jangan pakai eco racing ya.

btw, rpm torsi maksimal jadi naik ke 6500. Mungkin di NMAX baru perpindahan VVA tidak di 6500 lagi.

Dan di motor contoh kelihatan kegoser catalytic converternya. Bisa jadi itu barang bikin ground clearance berkurang.

Pakai knalpot racing tentu membuat mesin lebih plong. Tenaga pasti meningkat. Tapi artinya bakal butuh bensin dengan oktan lebih tinggi. Kalau pakai knalpot racing masih maksa pakai premium atau pertamax ya bakal resiko jebol mesinnya. Apalagi bila ditambah dimodif biar irit. ( Coba pro capacitor dulu sebelum ganti knalpot he he )

Usaha menaikkan kompresi mesin ini bikin terkesan Yamaha sudah tidak menemukan jalan lain untuk bisa meningkatkan tenaga mesin ya?

 

Ada hubungan dengan harga?

Kebetulan dari India bilang berapa kenaikan harga motor setelah pakai standar emisi yang baru:
Bharat Stage VI – The Next BIG Challenge for Makers

And BS6 are stringent norms which are technically challenging as well, specially for a cost-conscious market like ours. Many manufacturers have already spelled the expected price hike to be in the range of 10-16 percent for their motorcycles and scooters.

Harga NMAX standar sekarang adalah 27.540.000. Kalau pakai acuan itu maka kisaran harga NMAX yang baru adalah 30.294.000 – 31.946.000. Yang non ABS. Yang ABS mungkin ditambah 7 = 38 juta?

26 respons untuk ‘Kompresi mesin Yamaha NMAX itu dinaikkan biar FBY nggak nangis, walau pemilik mungkin tetap nangis

  1. peak power cuma 8000 RPM, diatas itu kurva tenaga pasti langsung menukik turun, yg artinya jangan ngarep top speed jadi nambah dari versi lawasnya, untuk tarikan juga kayaknya masih sama saja dg versi lawas, apa malah justru turun lantaran torsinya jg turun.

    kembali disinilah ane rasa blunder yamaha kembali terjadi, kenapa mereka tidak mengupdate di sektor CVT mereka yg selama ini masih tertinggal dengan CVT Hando utamanya dari sektor power deliverynya. gak ada revisi kan ya kayknya?

    mosok yg diupdate mesin melulu, mesin harusnya gak usah dinaikin terlalu tinggi kompresinya, demi ngejar irit dan tarikan enteng, cara lain yg bisa dilakukan dengan mengurangi rugi2 gesek, salah satunya dg mengurangi bobot total piston, bikin piston lebih ringan, pakai katup dg bahan lebih ringan, dan menipiskan diameter batang klep tanpa mengurangi kekuatannya.

    Suka

    • Atau justru takut nanti seperti yang terjadi di Honda. Mengklaim sudah memperbaiki CVT, disebut bebas getar, eh ternyata faktanya masih ada yang kena.

      Kalau lihat sampai menaikkan kompresi begini, sepertinya kemampuan Yamaha menaikkan tenaga motor sudah mepet pet pet.

      Suka

      • Maunya disamakan dg r15 v3 mesinnya, sehingga bisa dijadikan alat marketing kelak mungkin, gak sekalian noken as nya pakek punya R15 aja, nanggung udah pake klepnya yg lebih gede tapi noken as masih belom, peak power dinaikkan di 9000an RPM, power naikkan saja menjadi 17 HPan sekalian, klo yg sekarang serba tanggung, udah higher comp udah bigger valve tapi power cuma naik sak uprit dan torq malah down.

        Soalnya aerox 155 pasang piston dan noken r15 itu aja PnP katanya, jadi kesimpulannya mesinnya emang sebangun.

        Suka

          • seandainya seluruh bagian dan isi kepala silindernya = R15 V3 ane rasa malah makin bisa menghemat cost produksi lagi, lha untuk noken asnya tidak perlu pake dua cetakan master yg terpisah, begitu juga cylinder head assy nya, karna jalur portingan juga udah pasti sama, sitting valve dan sebagainya. power pun bisa diturunkan dengan cara mengurangi rasio kompresi, sehingga tak perlu melakukan upgrade kayak sekarang, cuma pasang piston R15 V3 dan langsung melonjak jadi 11.6 : 1, ini bensinnya pertamax kalo kepepet aja, dah gitu pasti mesinnya jadi lebih cepet panas, tapi ngga tau juga kalo yamahmud mensetting rendah rasio kompresi dinamisnya.

            Suka

  2. Masih euro 3 kok,, barusan baca di otomotifnet

    Aneh ya, kompresi naik tp torsi turun. Ngejar irit mungkin. Tp kl ngejar irit mestinya torsi yang dibikin naik

    Suka

  3. kompresi 11,6:1 belum tentu pake pertamax turbo, msh pake pertamax aja jg bs coz bs dr pengapian sm durasi kem jg.

    ky Motorplus dulu uji R25 pake 4 bahan bakar, premium, pertalite, pertamax & pertamax turbo. trs yg paling cocok buat R25 dgn rasio kompresi 11,6:1 yaitu pertamax setelah test dyno & konsumsi bahan bakar.

    wkt pernah test lg KTM Duke 200 dgn rasio kompresi 11,3:1 d dyno sm Motorplus lebih besar pake pertamax turbo drpd bahan bakar 2 perusahaan yg lain yg oktan nya 95.

    Suka

  4. Kalau analisa yang beginian gak laku om, nanti kan tetep nekat diisi pertalite atau premium dengan alasan cuma dipake nganter anak sekolah dan belanja di warung dekat rumah…trus pada heran kok tenaga turun dan lebih boros…makanya sama yamaha supaya gak berpaling ke merk sebelah dikasihlah segudang fitur gimmick tapi kalau nanti yang baru kurang laku lantaran kalah kenceng dan power gak papa lah kan fitur nmax lama sebagai matik dengan harga jual kembali terbaik akan tetap terjaga….

    Suka

    • Iya. nggak cuma tenaga berkurang, suara mesin bakal kasar. Iya, kalau ada masalah kan biasanya jarang terekspos. Apalagi kalau masalahnya baru diketahui sesudah di tangan konsumen. Jarang ada orang mau beli motor gabung ke grup motor yang mau dibeli.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.