Klaim Puig bahwa motor Honda paling mudah dikendarai itu nggak lihat situasi sekarang


Puig barusan buat klaim bahwa motor Honda merupakan motor yang paling mudah dikendarai.
Puig: No proof that only Marquez can ride Honda

Faktanya adalah, di 18 tahun terakhir Honda telah mendapatkan juara sebanyak 10 kali dengan 4 pembalap yang berbeda (Valentino Rossi, Nicky Hayden, Casey Stoner dan Marc Marquez). Yamaha dengan dua (Rossi dan Lorenzo). Ducati dengan satu (Stoner). Fakta ini menunjukkan bahwa motor Honda merupakan motor yang paling mudah dikendarai

Mungkin ada yang menganggap pernyataan tersebut relevan. Namun bagi penulis tidak.

Mengapa?

Karena itu tidak melihat perbedaan kondisi di masa lalu dan sekarang. Dan sekarang ini Honda menjadi sulit dikendarai karena ban dan ECU sudah berubah.
Evolution of the Repsol Honda engine: the RC212V and the RC213V

In 2016, the trend in regulations to limit electronics was consolidated, keeping the team from using the ideal programmes to control the engine. This forced them to discard some of their previous changes — this included the crankshaft, which would need to be replaced by a heavier one that rotated in opposite direction of the rotating wheels to reduce their gyroscopic effect. The result was a bike with a reduced tendency to do wheelies whilst accelerating and with changes in the way it went through curves. Some 9–10 hp were lost in the process, but the way the engine worked helped significantly in heating up the front tyre (supplied by Michelin, who had signed on this year).

With an eye to sweetening the power delivery a bit, in 2017 the engine returned to the big bang configuration: in this firing order, all the power strokes occur simultaneously with a lull in power between one stroke and the next. This change increased traction and improved acceleration and handling when entering and coming out of curves.

Rupanya hal tersebut menimbulkan efek samping motor menjadi gampang crash, sesuatu yang selalu menjadi keluhan dari Cal Crutchlow. Motor Honda itu sekarang menjadi lebih mudah crash bila dikendarai mendekati limit. Oleh karena itu pembalap yang tidak bisa mengembangkan kemampuan menyelamatkan diri saat crash harus menanggung cedera. Dan pembalap Honda akhir akhir ini banyak yang dirundung cedera.

Klaim Puig juga jelas melupakan Lorenzo, yang sampai ia keluar dari Honda masih tidak bisa menyesuaikan diri dengan motor Honda. Walau alasannya kesehatan. Lorenzo sendiri bisa kencang di Yamaha dan Ducati.

Tinggal dilihat nanti apakah sang juara Moto2, Alex Marquez bisa kompetitif atau tidak melawan rookie rookie yang bukan juara. Kalau tidak maka yang diomongkan Puig itu cuma ungkapan politis.

12 respons untuk ‘Klaim Puig bahwa motor Honda paling mudah dikendarai itu nggak lihat situasi sekarang

    • Entahlah, namun faktanya juara seri sejak marc masuk motogp sampe sekarang

      Yamaha 3 (rossi, lorenzo, vinales)
      Ducati 4 (dovi, lorenzo, ianone, petruci)
      Honda 4 (marc, pedrosa, crutchlow, jack miller)

      Hanya honda yang tim satelitnya bisa juara seri

      Suka

  1. alaahhh…., itu hanya propaganda saja untuk menutupi atau mengaburkan fakta sesungguhnya bahwa motor hando aslinya memang tidak user frenly pada semua pembalap yg menungganginya, hanya pembalap2 yg punya karakter khusus saja yg bisa menguasai dan memaksimalkan.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.