Yamaha buat paten yang bikin motor bisa deteksi kerusakan bodi dan rangka otomatis


Memang sekarang ini jamannya komputerisasi. Dari mulai mesin, sistem rem hingga traction control. Terutama dari sisi keselamatan dan performa.

Yang dilakukan oleh Yamaha ini beda. Yamaha memperkenalkan paten yang bisa membuat motor bisa mendeteksi kerusakan rangka atau bodi:
Yamaha Patent dengan Frame Self-Diagnosis!

Kuncinya adalah dengan penggunakan rangka dari serat karbon dan diduga pakai fiber optik. Contohnya seperti berikut ini:

Sistem akan bisa mendeteksi kalau ada hal yang nggak beres pada rangka berdasarkan alur tersebut. Nggak cuma rangka utama, yang bodi pun juga ikut pakai:

Cuma jadi pertanyaan juga apa beneran model begini bakal diterapkan. karena tentunya nggak bakalan murah.

7 respons untuk ‘Yamaha buat paten yang bikin motor bisa deteksi kerusakan bodi dan rangka otomatis

  1. Kalo sasis besi bukannya bisa pake arus listrik lemah, dari depan kalo sampe belakang turun signifikan berarti ada hambatan/keretakan (hehe kira2 ya)
    Btw pak Habibie (makanya dipanggil Mr.Crack) punya patent menemukan retakan di bodi pesawat (bahkan sehalus rambut) yg notabene bahan alloy, dikecilkan ke moge seharusnya bisa ya kan rerata sasis moge alloy juga

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.