Bos eco racing sendiri ternyata nggak berani pakai bensin oktan rendah di Lamborghininya


Maaf bahas soal eco racing lagi. Penulis ingin bahas karena sebelumnya penulis pernah punya keinginan mencoba eco racing dengan melepas pro capacitor. Sebelumnya saat pro capcitor dilepas suara mesin jadi sangat kasar dan ngelitik, ciri oktan bensin kurang (penulis pakai premium). Namun niat ini batal karena tanpa melepas pro capacitor pun tenaga motor berkurang drastis. Penulis nggak berani karena kalau motor rusak nggak ada jaminan eco racing mau mengganti.

Ternyata si bos eco racing sendiri pun tidak berani melakukan langkah ini. Padahal disebut eco racing aman untuk Lamborghini:

Klaimnya hebat sekali, bisa bikin mobil lebih irit 50%. Tapi entah mengapa mobil disebut suaranya kasar sebelum pakai eco racing. Bukannya mobil begitu normalnya halus suaranya? Pakai oli mesin apa sih?

Dari video pemakaian eco racing di mobil Lamborhini terlihat bahwa bensin yang dipergunakan adalah Pertamax Turbo (RON 98).

Eco Racing yang dipergunakan kelihatannya versi palsu karena warnanya cerah:

Jumlahnya 4.

Rasio pemakaian yang dianjurkan adalah 1 butir untuk 20-30 liter:

Kapasitas bensin Lamborghini Gallardo LP570-4 adalah 90 liter. Tapi anehnya disitu disebutkan bahwa bensin yang dibutuhkan adalah premium unleaded petrol:
Lamborghini Gallardo LP 570-4 Spyder Performante Review

Menurut website pemerintah Australia (karena link di atas adalah website Australia), premium unleaded petrol punya oktan 95:
Fuel Watch consumer protection petrol

Unleaded Petrol (ULP)
ULP is the most common fuel type in Australia for passenger vehicles. Regular unleaded petrol was introduced in 1985 in anticipation of new Australian Design Rules initiated by the Federal Government to reduce Australia’s air pollution. Central to the new design rules was the requirement for all vehicles to be fitted with a catalytic converter.

ULP was produced to allow the new vehicles to operate with the catalytic converter. Most vehicles built or imported since 1986 and a number of pre-1986 vehicles have been fitted with catalytic technology. If your car is a pre-1986 vehicle and you are not sure if it can run on ULP, check with your manufacturer first before using ULP.

ULP has a Research Octane Number (RON) of between 91 and 93.

Premium Unleaded Petrol (PULP)
PULP has a Research Octane Number (RON) of 95. PULP is designed to ensure knock- free performance to unleaded cars with a high-octane requirement. Most petrol companies have a specially named version of PULP (for example Caltex Vortex).

98 RON
98 RON has a Research Octane Number (RON) of 98. It is a high-octane unleaded fuel that is more commonly used by imported and high performance vehicles. Most petrol companies have a specially named version of 98RON (for example BP Ultimate).

Ethanol
Ethanol is made from natural renewable sources and can be blended with petroleum based unleaded fuels. Ethanol is pure 100% ethanol, referred to as E100 or “neat ethanol”. The Federal Government has established a maximum limit of 10% ethanol in petrol. E85 (85% ethanol and 15% unleaded petrol only suitable for flex fuel vehicles) is the only blend for sale in WA.

Kalau dari keterangan itu pakai oktan 95 sudah cukup. Kalau misalnya eco racing bisa bekerja sesuai dengan klaim berikut, mengapa nggak pakai pertamax + eco racing saja? Kan jauh lebih hemat?

Untuk motor bila 1 butir dipakai untuk 2 liter, oktan bensin bisa naik 10. Kalau di mobil 1 butir untuk 10 liter.

Kalau dihitung bensin 90 liter. Pertamax + eco racing = 90 x 9.850 + 9 * 25 = 886.725 RON 102 (kalau beneran sesuai klaim). Pertamax turbo = 90 x 11.200 = 1.008.000 RON cuma 98. Pengiritan yang lumayan tuh. Tapi mengapa tidak melakukannya?

Perhatikan juga konsumsi bahan bakarnya, di spesifikasi ditulis 13.7 liter per 100 km. Itu artinya 7.2 km/liter. Artinya dapat 6 km/liter itu termasuk boros. 3 km/liter itu jelas ada masalah pada mesinnya.

Jadi, bos nya eco racing saja tidak berani pakai bensin pertamax lalu menambahkan 9 eco racing mobil untuk Lamborghininya. Ya tentu saya nggak akan lepas pro capacitor daripada mesin rusak.

Mungkin sudah pernah ada yang coba pakai premium = eco racing double dosis untuk Ninja 250 atau CBR250RR?

8 respons untuk ‘Bos eco racing sendiri ternyata nggak berani pakai bensin oktan rendah di Lamborghininya

  1. sebentar2..
    ECO & RACING
    ini dua kata yg kontra coy.. Mau eco ya pelan2 nah pasti irit.. Mau racing ya ngebut dah pasti boros..
    Lamborghini itu emang lapar bengsin kodratnya.. Sama aja ngasih suplemen ke macan tapi dagingnya dikurangin.. Gemuk iya tapi boyo..

    Disukai oleh 1 orang

  2. Menurut saya penggunaan penambahan addiktif (eco racing) tidak perlu lagi.
    Kan BBM sudah terolah / tercampur guna menaikan RON

    Suka

    • Alasan untuk lebih hemat tetap ada. Pertamina juga tentunya pakai yang paling ekonomis. eco racing sekarang masih cuma berani klaim dan tidak berani pamer betulan di kendaraan.

      Suka

  3. Sorry nih bro2 semua tapi gue udah nyobain pake eco racing ke mobil Xtrail ane tahun 2016.. dan ada perubahan setelah pemakaian eco racing ini.. biasanya pake Pertamax 400 ribu per sekali isi dengan rata2 konsumsi 1:8-9 km/liter untuk dalkot, pas pakai eco racing dengan konsumsi bbm pertalite 300 rb per sekali isi.. hasilnya? Rata2 konsumsi cukup signifikan jadi 1:10-11 km/liter.. dan untuk motor pun udah gue coba ke Yamaha Aerox dan Honda Scoopy thn 2019.. dan hasilnya lebih bagus lagi menurut gue.. aerox yg dari 1:34 km/liter jadi 1:40 km/liter (pakai pertalite) dan Honda Scoopy dari 1:58 km/liter jadi 1:66 km/liter dan pakai pertalite juga..

    Suka

    • wah, besar juga hasilnya. Bisa dijelaskan oli mesin yang dipakai di ketiga kendaraan tersebut?

      Oh iya, itu eco racing harganya berapa, baunya yang seperti apa dan warnanya bagaimana ya? Bisa difoto?

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.