Katanya ngecharge di jok aman, tuh ada Vario terbakar karena ngecharge di jok


Penulis sebelumnya sudah membahas bagaimana Honda menganggap bahwa charging di jok itu aman. Tapi nyatanya sekarang ada kejadian Vario terbakar:
Honda Vario Ludes Terbakar Akibat Cas HP di Dalam Jok

Yang jadi masalah adalah yang begitu disimpulkan aman, padahal ada “syarat dan ketentuan berlaku”:
Apakah aman nge-charge HP dibagasi bawah jok ?? berikut jawabannya

” Aman, semua sudah melalui pengetesan dan sangat amat tidak masalah. Karena di dalam bagasi pada saat motor dikendarai suhu mencapai kisaran 30 hingga 40 derajat maksimal. Suhu tersebut untuk HP sendiri pun sangat aman. Itu yang pertama, yang kedua Kemudian kami sarankan sebaiknya untuk ngecas handphone posisi HP mati. Kemudian pastikan juga charger yang dipakai charger orisinil atau dari kualitasnya sudah Tidak diragukan. Baik kabelnya ataupun soketnya harus yang bagus. Dikawatirkan kalau komponen abal-abal output listrik yang keluar tidak stabil naik turun…” seru pak Endro…

Kalau masih ada syarat dan ketentuan berlaku maka harusnya dibilang harus hati hati. Jangan dibilang aman. Kan tahu sendiri orang Indonesia bagaimana.

Menurut samsung:
Charging, Use, and Handling of Small-Sized Lithium-Ion Batteries

3. Consumers or end-users should only charge Lithium-Ion Battery Packs using dedicated chargers supplied with their device.
Protection circuitry incorporated in both the Lithium-Ion Battery Packs and their dedicated chargers is essential to prevent short circuits, overcharging, and overheating that can result in battery venting, fire, and explosion.

6. CHARGE indoors at room temperature.
If the temperature is too high or too low, your batteries may be damaged. If the humidity is too high, your batteries may be damaged.

10 respons untuk ‘Katanya ngecharge di jok aman, tuh ada Vario terbakar karena ngecharge di jok

  1. Pastikan charger yang dipakai orisinil?
    oh,
    berarti di motor tersebut ada inverternya ya? 🤔
    kan kalau pakai charger original, harus pakai listrik 220VAC

    Suka

  2. Ngecas di rumah aja udah.. Ga usah pada tradahan dah pake hape melulu.. Kecentilan seperti ini malah bawa petaka..

    +Kan ane ngojol bang??
    -Bawa powerbank lebih aman, apa abis juga??, ya pulang ke rumah sekalian ngecas istri..

    Suka

  3. Motor saya ada chargernya langsung model usb tapi di konsol depan bukan di bagasi bawah jok…lha gimana charger dibawah jok bisa dipake? bagasi bawah jok dipake buat naruh helm aja jadi anget gimana lagi buat nge-charge….gak kepantau pula, kalau gak batrenya cepet drop karena panas (panas charge sama panas mesin yang merambat ke bagasi) ya mleduk sendiri dan apinya bisa nyamber busa dan plastik jok atau malah bensin kalau tangkinya dibawah jok juga . Tapi herannya ada motor impor yang dijual di Indonesia aslinya chargernya di konsol depan eh malah di pindah ke bagasi (katanya menyesuaikan dengan kebutuhan di Indonesia….) 😀

    Suka

    • Wah, baru tahu. Iya, mengecharge di bawah jok masih kena imbas panas mesin. Aneh memang strateginya. Mungkin dipikir sering hujan? Padahal kalau lagi panas juga panas banget.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.