Studi kasus yang kena water hammer untuk pembelajaran


Penulis disini coba rangkum dari yang benar benar kena water hammer. Tapi seperti dijelaskan sebelumnya, informasinya nggak lengkap, terutama soal filter udara.

Honda CBR250RR pun kena water hammer:
CBR250RR Setang Piston Bengkok dan Piston Retak, Maksa Terjang Banjir, Kena Water Hammer

Disebut gara gara airscoop jadi waterscoop (nggak ada informasi filter udaranya apa):

Lalu ada NMAX. Rusaknya tapi setelah ganti oli:
Crankcase Nmax Jebol Akibat Water Hammer, Jangan Nekad Terjang Banjir

otor Nmax ini crankcasenya jebol setelah menerjang bajir, dirinya sudah ganti oli ketika banjir tetapi karena masih ada air yang kemungkinan ada di box filter udara (nggak ada informasi filter udaranya apa) alhasil motor jadi mogok akibat piston macet stang piston bengkok dan membelah crankcase.

NMAX berikutnya juga sesudah menerobos banjir, (nggak ada informasi filter udaranya apa):
Pemilik Yamaha NMAX Dilanda Kesedihan, Nekat Terobos Banjir Setang Piston Bengkok, Bagaimana Bisa Terjadi Water Hammer?

Andy mengaku selepas menerobos banjir Yamaha NMAX miliknya mogok dan distarter paksa. Setelah dinamo dibongkar ternyata enggak ada masalah (normal) tapi kondisi ban agak berat. Kemudian CVT dibongkar dan diketahui pulley set nempel dan ternyata setang piston bengkok.

Juga berikut ini, (nggak ada informasi filter udaranya apa)
Yamaha NMAX dan XMAX Kompak Mesin Jebol, Stang Piston Patah, Efek Kolam Dadakan

Yamaha NMAX dan XMAX ini kompak mengalami mesin jebol akibat water hammer, setelah melewati banjir di daerah Depok. “Iya Bor! (Yamaha NNAX dan XMAX) kena water hammer! Di Depok lagi banyak kolam dadakan,” ujar Bachtiar Kemal Harahap, Owner LD Garage saat dikonfirmasi.

Contoh yang berikut selagi jalan. (nggak ada informasi filter udaranya apa)

Korbannya adalah Yamaha Jupiter MX keluaran 2013 yang nekat menerobos banjir di daerah Green Garden, Jakarta Barat pada Jumat (17/1). “Awalnya genangan tidak terlalu tinggi. Dilibas aja sama yang punya, pas dalam langsung mati mesinnya,” buka Bang Boim, mekanik bengkel resmi Yamaha Abadi Motor Kebon Jeruk.

“Sama yang punya didorong ke bengkel kita dan waktu dicek, setang pistonnya sudah bengkok. Silinder blok dan pistonnya baret. Tapi masih untung, klep dan silinder head-nya aman,” jelasnya sambil mewanti untuk tidak nekat menerjang banjir.

contoh contoh di atas (selain CBR250RR). Posisi mulut intake di matik itu biasanya lebih tinggi sedikit dari filter. Nggak seperti motor sport yang langsung lari dari atas ke bawah. Jadi dengan posisi filter bensin begitu, harusnya begitu kena air maka mesin jadi stall. Motor pun seharusnya susah menyala ketika udara di buntu.

Berikut contoh posisi mulut intake di Honda Beat:

Saluran masuk air dari bawah:

Jadi harusnya mesin mati duluan karena filter udara yang ori nggak akan bisa mengalirkan udara dengan baik kalau basah. Mesin pasti susah menyala. Yang pengalaman membersihkan filter pakai air dan lupa mengeringkan pasti paham.

Memang sih ada kemungkinan air masuk ke intake bilaair merembes melalui filter udara, termasuk yang dari kertas juga bisa merembes. Tapi air tentunya bisa mengalir lebih deras kalau filternya pakai ferrox atau semacamnya. Dan ingat semboyan mereka:

Aman dipakai saat basah ( karna hujan atau setelah dicuci) dan ga brebet ( tersendat atau ”batuk” ) .

Dari cerita tersebut, motor rusak ketika dinyalakan lagi. Mungkin sempat dibleyer sehingga langsung pecah / rompal / patah / bengkok. Sayangnya nggak diceritakan secara detil.

Untuk perbandingan:
Puluhan Mobil dan Motor Mogok Usai Isi Pertamax, Tangki Campur Air, SPBU Biangnya

Namun memang kadang bisa panas dengan cerita inspiratif macam berikut ini:

4 respons untuk ‘Studi kasus yang kena water hammer untuk pembelajaran

  1. Kalo filter udara/intake di modip lebih tinggi dari pabrikan,katakanlah bikin sambungan pipa keatas baru filter udara,terus lewat banjir apakah masih kena water hammer juga ?

    Suka

    • Tergantung dari filter dan cara penempatan juga. Mungkin bisa dibuat mirip Honda Beat tapi lubang masuk bawah dibuat sangat sangat sangat lebar. Air tidak bisa masuk karena ketahan filter dan tekanan udara vakum. seperti bila memasukkan gelas dengan terbalik ke dalam air.

      Suka

  2. itu gimana ceritanya si Sigra mesin masih bisa tetap hidup meskipun kap mesin udah kerendem seluruhnya tapi mobil masih bisa berenang hingga ketepian?

    bisa dijelaskan secara teknik?

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.