Gredeg matik Honda bisa berkurang pakai margarin! Pengaruh kualitas bensin dan oli mesin ke gredeg


Bro Arief TC kasih kejutan dengan menceritakan bahwa gredeg motor jadi berkurang setelah pemakaian margarin sebagai aditif bensin (penulis pakai seukuran tablet untuk 3,5 liter):
Kerak dan tidak kompatibel bikin minyak jarak tidak baik dipergunakan untuk aditif oli motor

Salam pak Cahyo, maaf sedikit bertanya tentang kerak di ruang bakar, saya pakai vario 150 FI, pemakaian baru satu tahun dari baru. saat awal belum terjadi gejala gredeg, … setelah 8 bulan gejala gredeg semakin parah, jika habis di service di beres, .. gejala tsb hilang, .. namun setelah sebulan pemakaian (motor dipakai hanya jarak dekat (PP +- 30-40 KM)) gejala gredeg kembali muncul, setelah ada artikel penambahan margarine ke BBM, hal tsb saya coba, .. hari pertama pemakaian, gejala gredeg msh terasa namun sedikit lebih smooth dari sebelum pakai margarine.. hari ke dua terasa lebih smooth dibandingkan hari pertama, hari ke tiga, gejala gredeg ada tp sdh minim dibanding hari pertama dan kedua, padahal motor blm saya bawa ke beres utk di service, pertanyaan saya, apakah gejala gredeg dpt juga diakibatkan dari ruang bakar yg banyak keraknya (saya pakai BBM pertalite), krn selama ini asumsinya bahwa kampas kopling ganda kotor, .. namun jika saya bandingkan dan perhatikan motor rekan saya, yg seumur pemakaiannya dengan motor saya, tapi gejela gredegnya tidak separah motor saya. dimana rekan saya itu selalu pakai BBM RON95. Jika margarine dpt mengikis kerak akibat kapur barus, apakah margarine dapat juga mengikis kerak di ruang bakar? apakah gejala gredeg timbul sbg akibat dari kotornya ruang bakar? … Terimakasih .. Salam

Mengapa bisa seperti itu?

Memang bisa jadi itu faktor kerak. Penulis jadi ingat pengalaman penulis pada waktu masih pakai motor bebek Honda Supra Fit X New (jaman dulu namanya ada New nya, karena Fit X itu punya varian banyak). Pada waktu itu penulis sudah kenal dengan yang namanya teknik berkendara biar irit, hypermilage. Caranya adalah berkendara di rpm rendah pakai gigi tinggi.

Ada satu ciri bila kendaraan dipaksa berjalan di rpm rendah, yaitu jadi nyendal nyendal. Dan itu terjadi pada waktu menjalankan motor Supra Fit X di gigi 4 kecepatan 40 km/jam. Ini penulis yakin terjadi karena kegagalan pengapian karena setelah pakai busi dengan 3 elektrode jadi bisa lebih lancar. Model busi yang penulis maksud sebagai berikut:

Nyendal nyendal juga bisa terjadi karena oktan bensin yang kurang. Ada yang pernah coba pertama kali pakai pro capacitor di motor Honda CB150R yang pakai ECU racing dan knalpot racing. Dari asalnya jalan di rpm rendah nyendal nyendal, jadi lancar mulus. Penulis anggap oktan bensin meningkat sehingga pengapian menjadi lebih lancar.

Penulis bayangkan bila hal ini terjadi pada motor matik, maka efeknya mestinya adalah gredeg. Kalau normal maka pembakaran akan lancar, tapi kalau nyendal seperti motor manual maka rasanya gredeg lah yang terjadi. Dan “kebetulan” kejadiannya sama sama di rpm rendah.

Problemnya bisa karena oktan dan kualitas bensin / oli mesin (kerak di mesin). Berikut penjelasannya versi NGK:
SPARK PLUG BASICS

FUEL TYPE/QUALITY

  • Low quality and/or low octane fuel can cause knock which will elevate cylinder temperatures. The increased cylinder temperature will cause the temperature of the combustion chamber components (spark plug, valves, piston, etc.) to rise, and will lead to pre-ignition if the knock is uncontrolled.
  • Some types of fuel additives in lower quality fuels can cause spark plug deposits that can lead to misfires, pre-ignition, etc.

Dijelaskan bahwa bensin dengan kualitas rendah dan atau oktan rendah dapat menyebabkan knock yang bisa meningkatkan suhu silinder. Suhu silinder yang naik akan membuat semua komponen disekitaranya jadi ikutan panas. Bila parah, ini bisa mengakibatkan pre ignition.

Bensin dengan kualitas jelek juga akan menyebabkan penumpukan kerak pada busi yang akan menimbulkan kegagalan pengapian, pre ignition, dll.

 

Kebutuhan oktan bensin bisa naik sangat banyak kalau ada kerak, disebut bisa naik 13 RON. Gede banget itu:

Karena kebutuhan oktan naik, maka bensin yang dipakai akan kurang oktannya. Oktan bensin yang kurang bisa menyebabkan pre igition:
NGK Technical Tips

If a spark plug operates at a temperature in excess of 1000 degrees Celsius for a prolonged period the electrodes can start to overheat. When excessively overheated, pre-ignition can occur, the electrodes and insulator tip may melt and piston damage may result.

Pre-ignition is usually caused by a temperature exceeding 850 degrees Celsius – 1000 degrees Celsius (1600 degrees Fahrenheit – 1800 degrees Fahrenheit)

Causes of overheating

  • Over-advanced ignition timing
  • Too lean fuel mixture
  • Excessive deposits accumulated in combustion chamber
  • Insufficient cooling
  • Insufficient spark plug tightening or failure to fit gasket
  • Too low octane gasoline
  • Too hot a spark plug fitted.

Dijelaskan beberapa hal yang bisa menyebabkan mesin panas. Bensin oktan rendah itu salah satunya. Selain itu juga kerak. Pre ignition ini bisa merusak.

Pre ignition juga bisa terjadi di putaran mesin yang rendah, istilahnya adalah LSPI, low (engine) speed pre ignition:
shedding light on LSPI

Causes of LSPI: Low speed pre-ignition (LSPI) is a premature combustion event, occurring prior to spark ignition in downsized gasoline vehicles. As the name implies, it occurs when engines operate at low speeds and high loads. It can result in extremely high cylinder-pressures and can lead to heavy knock. At a minimum, LSPI can generate an audible knocking noise noticeable to the driver. Repeated exposure to these conditions can cause engine hardware failure, including broken spark plugs and cracked pistons. A characteristic of LSPI is that one event often leads to subsequent events. The events will frequently occur in an alternating pattern between pre-ignition and regular combustion.

Many OEMs in the United States, Europe and Japan – working in conjunction with certain additive companies and oil marketers – have conducted extensive research on the LSPI phenomena. From this work, there is a growing body of knowledge that is demonstrating how hardware design, fuel composition and lubricant compositions can impact LSPI. Unlike conventional knock, an LSPI event cannot be predicted and corrected by adjusting spark timing. As such, mitigating pre-ignition involves altering the design of the engine or lubricant to help avoid this emerging issue.

LSPI disebut terjadi pada saat mesin berputar pelan dan dapat beban berat (cocok dengan saat terjadinya gredeg). Bila terjadi, minimal akan terdengan suara tok tok tok. Kalau sudah parah, bisa merusak busi, piston dst. Yang repot LSPI ini tidak bisa diatasi dengan memundurkan waktu pengapian..

Disebut juga LSPI ini sulit dicari solusinya:
RESOLVING LOW-SPEED PRE-IGNITION

Tapi salah satu yang dicurigai adalah kandungan Ca (kalsium) pada oli mesin:

Semua kasus di atas disebut bisa dibantu dengan menggunakan bensin oktan tinggi.

 

Busi bisa gagal menyala karena kerak:
NGK Technical Tips

Fouling Range : As a by product of combustion, carbon will become deposited on components within the combustion chamber including the spark plug. Excessive carbon deposits on the plug can cause a misfire due to deterioration of spark quality.

Sebelumnya juga sudah dijelaskan bahwa oktan bensin yang terlalu tinggi bisa menyebabkan kerak.

Busi juga bisa gagal menyala bila berjalan di rpm rendah dengan tipe busi yang dingin (karena spek mesin tinggi):
Spark Plug Fouling

If you have a modified performance engine, however, you might want to install spark plugs that are one heat range COLDER than the standard spark plugs that are specified for your engine. The trade-off, however, may be an increased tendency to foul if the engine is idled too long or only driven at slow speed (as when driving around at a cruise night event).

Mesin yang performanya tinggi perlu busi yang heat rangenya lebih dingin (untuk mengurangi panas). Namun efeknya, busi jadi lebih mudah gagal menyala kalau dijalankan di rpm rendah.

 

Kembali ke pertanyaan bro Arief TC, perubahan sifat mesin yang terjadi secara bertahap menunjukkan bahwa ada sesuatu yang menjadi bertahap membaik. Karena proses yang butuh beberapa hari, maka soal oktan bisa diabaikan. Bisa dianggap bahwa margarin tidak meningkatkan oktan.

Yang lebih mungkin adalah kerak. Penulis sendiri menduga margarin menghilangkan kerak karena setelah penulis menambahkan margarin di tangki bensin, pembakaran terasa lebih bersih ditandai oleh suara knalpot yang lebih racing / lebih tegas / lebih kencang / lebih treble.

Di percobaan yang sebelumnya juga margarin bisa menghilangkan kerak kapur barus di sendok dan bikin sendoknya bersih sih sih.

Jadi menurut penulis yang berikut ini terjadi sebelum pakai margarin:
– pertalite membuat ruang mesin makin berkerak
– kerak membuat kebutuhan oktan naik
– naiknya kebutuhan oktan dan adanya kerak membuat mesin mengalami pre-ignition atau knocking di rpm rendah
– knocking ini membuat mesin nggak lancar di rpm rendah apalagi ketika terbebani oleh kampas kopling yang mulai bekerja
– itu membuat kerja mesin tidak mulus dan seperti gugupnya mesin di rpm rendah di motor manual. Sehingga terjadilah gredeg.

Setelah pakai margarin kerak berkurang, kebutuhan oktan turun, dan efek gredeg jadi berkurang.

Bayangan penulis seperti itu. Penulis jadi ingat bahwa motor Honda Beat di rumah tidak terasa gredeg. Apa karena sudah pakai pro capacitor ya? Jadi walau pakai bensin pertalite atau premium nggak muncul kerak?

btw, yang nggak baca keseluruhan, margarin tidak ditoletkan di CVT ya, tapi jadi aditif bensin. Walau sebenarnya margarin itu bisa sangat meningkatkan daya pelumasan grease juga (testimoni bro Sofyan Hadi).

17 respons untuk ‘Gredeg matik Honda bisa berkurang pakai margarin! Pengaruh kualitas bensin dan oli mesin ke gredeg

    • Paling sering karena mangkuk kopling agak peyang,,

      Sering2 aja dibikin selip kopling, rem belakang dikit trus di gas agak kenceng biarin jalan 5 kpj (kl mau instant murah ya bubut)

      1bulan praktekin gini gredeg sekarang hilang, cuma jadi sering slip kalo awal2 tanda kampas kopling minta ganti

      Ato coba cari per kopling yang lebih keras (bukan per cvt) agar kopling engage di rpm yang lebih tinggi (misal punya vario karbu)

      Suka

    • Perlu di perhatikan,gejala gredek hanya muncul di saat tarikan awal,berarti masalahnya ada di CVT,menurut yg saya tanya di forum/bengkel mangkoknya itu menahan debu di dalam solusinya adalah beli mangkok yg sudah di bolong bolongin atau kalo ngga minta di bolong bolongin sama kang bubut.saya sudah melakukan ini dari bulan Feb 2018 alhasil gredek benar benar hilang padahal BBM saya pakai pertalite

      Suka

  1. busi yg ada di artikel ini merk dan serinya apa ya? saya tertarik.
    kemudian utk takaran margarin dengan bbm itu , 1lt bbm margarinnya berapa gram ya?

    Suka

  2. Terimakasih pak Cahyo sudah dibahas, sampai hari Senin ini pemakaian campuran margarin sudah satu minggu, setelah hari ketiga sampai saat ini motor dalam kondisi yang sama, namun pada mesin terdengar suara denging sangat halus (spt suara mesin jet) mengikuti naiknya RPM klo sedang berjalan entah suara putaran mesin yg enteng atw krn ada sesuatu yg salah. baik dengan tarikan kasar atw tarikan halus, motor enak larinya, dan pada display AVG, pada kecepatan rata2 47Km bar nya hampir mendekati full (kurang tiga bar dari mentok. Salam. Hari Senin ini saya top up dengan BBM RON95 Rp.15.000,- full. (jalur : Bekasi Utara – Summarecon – Stadion Bekasi – Kalimalang – Pondok Bambu)

    Suka

    • Sip. Terima kasih sharingnya. Saya juga terus coba. Hasilnya lumayan juga bila tarikan enak terus. Tapi kok bisa sampai ada denging halus ya. Kok seperti hambatan pada mesin padahal itu di bensin. Mungkin bisa dilihat apakah terjadi fuel dilution?

      Suka

  3. Salam pak Cahyo, semalam saya cek oli tidak FD, saya pakai MSX curah plus migor, pemakaian di posisi kurang lebih 6500KM, posisi per hari ini mendekati 9400, rencana mau ganti di 10.000 – 10.500Km. akhir minggu ini mau ke beres utk service berkala. Terimakasih

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.