Gimmick yang bisa memuaskan fans: Honda CBR250RR dengan ACG + hybrid


Rupanya banyak yang masih berharap Honda CBR250RR ditingkatkan lagi tenaganya:
Power Tembus 40 PS ???, Terbongkar Wajah New CBR250RR 2020

rumor yang beredar menyebutkan, kalau Honda mempersiapkan tenaga lebih bengis pada CBR250RR, dari 38,7 PS menjadi 40 PS.

Rumor tenaga naik jadi 40 PS disambut positif. Bila itu benar maka tenaga motor sesungguhnya, yaitu ketika knalpot diganti knalpot racing, bisa tembus 43 PS, mengingat motor baru di Jepang pastinya harus lolos uji emisi yang lebih ketat, yang knalpotnya harus disumbat:

Itu merupakan hal yang luar biasa, karena itu artinya motor sudah lebih mendekati spek motor balap oprekan. Entah ini memungkinkan atau tidak. Entah apakah ini bakal bikin motor lebih laris atau tidak. Namun sebenarnya Honda sudah punya teknologi penambah tenaga yang bisa diterapkan, yaitu teknologi hybrid.

Ada dua opsi yang bisa diterapkan, yaitu sebagai gimmick yang bakal memuaskan pengguna yang nggak pernah pakai kencang. Atau serius untuk pembalap.

Kalau untuk gimmick cenderung lebih mudah. Honda “tinggal” pasang ACG starter di motor Honda CBR250RR, terus integrasikan teknologi PCX hybrid. Ini akan jadi gimmick karena efeknya cuma akan terasa kalau pas macet macetan. Kalau untuk kebut kebutan tentu sama sekali tidak akan terasa, karena efek tenaga hybrid cuma terasa di rpm yang sangat sangat rendah.

Kalau untuk serius lebih sulit. Karena Honda harus bisa membuat motor penggerak listrik yang tenaganya muncul di sekitar 9000 rpm. Entah pakai gigi rasio atau modif lilitan, dst. Entah Honda mampu atau tidak. Cara ini mestinya tidak cocok kalau pakai ACG, tapi cocoknya pakai motor penggerak terpisah.

Soal tenaga tergantung selera. Yang punya Gesits walau ukurannya cukup kecil bisa mengeluarkan 5 kw / 6,75 hp:

Toh Honda CBR250RR sudah punya riding mode. Menambahkan riding mode untuk sistem hybrid masa tidak bisa.

Kalau Honda berani menerapkan ini, maka motor dijual seharga 80 juta pun rasanya tetap laku. Dan bisa untuk jadi lawan Kawasaki ZX-25R, karena di atas kertas tenaga sudah menyentuh 45 hp (mesin bensin + hybrid). Walau tentu kemampuan itu cuma sebatas kapasitas baterai, bukan untuk balapan di sirkuit tapi cuma untuk ngedrag sesekali.

Tapi dengan sistem hybrid ini Honda bisa mengklaim sebagai motor pertama di kelasnya yang pakai sistem hybrid. Jadi motor yang canggih mengikut trend mobil sport pakai hybrid. Dan ini pastinya jadi nilai tersendiri dibanding menggunakan cara “tradisional” silinder mesin dibanyakin, ala Kawasaki ZX-25R atau Yamaha R15 3 silinder.

6 respons untuk ‘Gimmick yang bisa memuaskan fans: Honda CBR250RR dengan ACG + hybrid

  1. Telat.. Lah RXking n GLpro aye udah make ACG nih.. kanibal dari spul vario..
    dasaran aja honda pelit.. aye yg kaga begelar enginer aje bisa ngereka2 apalagi mereka kudunya yg sumber dayanye serba ade..

    Suka

    • top. Honda sekarang sudah kekurangan ilmuwan mungkin. Semua ilmu comot dari yang sudah ada. ISS sudah ada duluan. CBS sudah ada duluan, TBW sudah ada duluan, keyless sudah ada duluan, dst.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.