Mesin yang bikin kepala teknis F1 yakin masa depan dunia sport ada di mesin 2 tak + contoh nyata di KTM


Kepala teknis F1, Pat Symonds bikin kaget dengan mengatakan bahwa mesin 2 tak itu adalah masa depan dunia sport karena lebih efisien dan ramah lingkungan:
Symonds sees greener, two-stroke future for F1 engines

“At F1 this is what we are engaged in at the moment. I’m very keen on it being a two-stroke,” he is quoted as saying by Motorsport Week magazine. “Much more efficient, great sound from the exhaust, and a lot of the problems with the old two-strokes are just not relevant any more,” he continued. The opposed piston engine is very much coming back, and already in road car form at around 50 per cent efficiency. Direct injection, pressure charging, and new ignition systems have all allowed new forms of two-stroke engines to be very efficient and very emission-friendly,” he added. “I think there’s a good future for them.”

Ia bilang bahwa F1 itu sudah melakukan banyak pertimbangan dan sudah cukup yakin mesin 2 tak yang jadi jawabannya. Jauh lebih efisien, suaranya keren banget dan banyak masalah mesin 2 tak yang sudah ketemu solusinya. Mesin dengan piston berlawanan sudah datang kembali dan di mobil bisa lebih efisien 50%. Teknologi direct injection, tekanan dan sistem pengapian baru memungkinkan mesin 2 tak yang sangat efisien dan sangat ramah lingkungan.

Yang dimaksud mesin dengan piston berlawanan arah contohnya adalah mesin buatan Achates
Advanced Two-Strokes To Power Formula 1’s Future?

Videonya:

Kalau bingung cara kerjanya bisa lihat yang berikut ini, mesin 2 tak:

Manfaatnya dijelaskan di video berikut:

Sayang fokusnya cuma di mesin cc besar:

Sehingga hasilnya masih cukup boros:
THE ACHATES POWER OPPOSED-PISTON ENGINE

Itu 15 km/liter pakai bensin, 17,8 km/liter pakai solar (tol = 14 km/liter & 15,3 km/liter). Nggak perlu busi walau jalan pakai bensin.

Sudah lumayan sih daripada Toyota Fortuner:
Konsumsi BBM Toyota all new Fortuner 12,2 km/liter

konsumsi BBM Fortuner model terdahulu memiliki rata-rata 6 km/liter untuk versi mesin bensin dan sekitar 11 km/liter untuk mesin diesel.

Memang teknologi itu dibilang 20% lebih irit untuk versi diesel dan 55% lebih irit untuk versi bensin. Mesin juga lebih ramah lingkungan, lebih murah buatnya, lebih ringan dan lebih awet karena komponennya lebih sedikit (nggak ada valve atau camshaft).

Tapi sebenarnya contoh yang lebih mantap ada pada motor KTM. KTM itu punya motor 2 tak. Sebelumnya sudah pernah dibahas:
Motor 2 tak KTM sebenarnya sudah memenuhi standar Euro 3, untuk bisa Euro 4 harus minta keringanan dan implementasi sistem injeksi, tapi bakalan lebih irit dari 4 tak
Ganasnya motor trail 2 tak 125cc di video berikut akan hilang karena KTM atau Husqvarna cuma akan produksi mesin 250cc dan 300cc
Hasil dyno motor 2 tak injeksi KTM dirilis Young Machine hasilnya hampir dua kali lipat tenaga R25 cuma beda dikit dengan yang belum injeksi

Walau nggak ada data konsumsi bahan bakar, katanya versi 2 tak jauh lebih irit dari KTM 300EXC-F. Padahal hasil dyno KTM 350EXC-F cuma dapat 34,74 hp:
2019 KTM 350 EXC-F vs. 2019 KTM 500 EXC-F Comparison Review

Sementara itu yang versi 2 tak? 51 hp dan 54 hp:

Sama yang 500 cc saja menang.

Padahal itu motor bisa lolos uji emisi sekelas Euro 5 sekalipun, berkat teknologi injeksi untuk bensin dan olinya.

16 respons untuk ‘Mesin yang bikin kepala teknis F1 yakin masa depan dunia sport ada di mesin 2 tak + contoh nyata di KTM

  1. yg bikin balap 2tak punah biangnya Honda pak. dulu saya pernah baca klo honda ga akan puas sebelum memenangkan kejuaraan dengan mesin 4tak. yg ngomong takeo fukui tahun 1984. dulu kan NR500 gagal total lawan YZR sama RG.

    Suka

  2. Bodo amat ah.. aye udah kaga respect ame mesin konvensional berbahan bakar minyak..
    berasa banget kalo lagi jalan kaki atau sepedahan hilir mudik kendaraan aye masih bisa cerna tapi asap knalpot dan raungan mesin.. udadah bikin pengen ngungsi dari bumi..

    Suka

  3. […] Yang pertama adalah mesin 2 tak teknologi sekarang sudah memenuhi standar emisi yang terbaru. Terbukti dari penerapan KTM. Mesin yang mau dipakai di F1 juga katanya sudah bisa lulus standar emisi terbaru. Mesin yang bikin kepala teknis F1 yakin masa depan dunia sport ada di mesin 2 tak + contoh nyata di … […]

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.