Mengapa Honda CBR250RR pakai mesin V-Twin itu tidak mungkin?


Muncul lagi gambar motor Honda CBR250RR dengan mesin V:
Wah Ada Sketsa CBR250RR Pakai V-Engine, Mungkinkah 4 Silinder?

Gara garanya adalah postingan dari majalah yang sekarang terkenal jago render tapi prediksinya sering meleset, Young Machine:
Sketsa Honda CBR250RR V Engine Muncul Akibat Young Machine Bikin Ulah

Menurut penulis tidak mungkin Honda bakal keluarkan Honda CBR250RR dengan mesin V-twin. Selain dari soal nama:
Bagaimana beda performa CBR (mesin paralel) dan VTR (mesin v-twin)?

Soal kelanjutan CBR:
Kalau benar muncul motor sport Honda V-Twin 250 supercharge, berarti CBR250RR punah dong?

Juga karena soal ribet dan tren motor Honda sekarang.

Lihat saja motor Honda yang dijual sekarang. Nggak ada yang pakai mesin V-Twin. Bahkan motor yang harusnya pakai V-Twin saja sekarang pakai mesin inline, contohnya Honda Rebel. Kan motor itu cocok banget pakai mesin V-Twin, tapi nyatanya tidak:

Walau sepertinya ada yang suka sih.

Honda Gold Wing?

Enggak, itu mesin 6 silinder horisontal berlawanan:

Honda Africa Twin?

Enggak juga. Twinnya dari Paralel Twin.

btw, kayaknya sejak ada Africa twin Honda jadi kalah rally dakar terus ya? Sebelumnya Honda punya NXR750:

Dan menang Rally dakar:

entahlah.

Intinya nggak mungkin Honda mendadak jadi pingin produksi motor sport V-Twin cc kecil.

 

BTW, sebenarnya menurut penulis bila Honda nggak punya niatan upgrade mesin, paling tidak tampilannya dirubah dong dari yang sekarang lampunya memble jadi yang seperti di desain awal. Desain lampu yang memble sekarang:

Desain awal yang keren:

22 respons untuk ‘Mengapa Honda CBR250RR pakai mesin V-Twin itu tidak mungkin?

  1. Di artikel saya disebutkan “itu adalah konsep awal dari Futama dan Kawai San, sang desainer CBR” jadi versi finalnya yg sekarang dan akan terus seperti itu(2 silinder inline)

    Suka

  2. Bukan karena gak mungkin menurut saya…Namun trahnya klan CBR itu pasti bermesin inline. Kalau mesin V ya… kalau 2 silinder ya VTR, kalau 4 silinder ya VFR. Ada juga versi racingnya yang biasanya dinamakan RVF/RVT, kayak misalnya si firestorm, 1000cc VTwin…
    Kalau kasusnya si rebel, kan dia basicnya dari CBR500 series, makanya dia pake mesin I2?

    Suka

  3. Biarlah kawasaki dengan 4silinder, yamaha dengan 3silinder saya berharap honda low profile membuat produk flangship new VT250R 90° stroke 44mm

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.