Muncul lagi gambar motor Honda CBR250RR dengan mesin V:
Wah Ada Sketsa CBR250RR Pakai V-Engine, Mungkinkah 4 Silinder?
Gara garanya adalah postingan dari majalah yang sekarang terkenal jago render tapi prediksinya sering meleset, Young Machine:
Sketsa Honda CBR250RR V Engine Muncul Akibat Young Machine Bikin Ulah
Menurut penulis tidak mungkin Honda bakal keluarkan Honda CBR250RR dengan mesin V-twin. Selain dari soal nama:
Bagaimana beda performa CBR (mesin paralel) dan VTR (mesin v-twin)?
Soal kelanjutan CBR:
Kalau benar muncul motor sport Honda V-Twin 250 supercharge, berarti CBR250RR punah dong?
Juga karena soal ribet dan tren motor Honda sekarang.
Lihat saja motor Honda yang dijual sekarang. Nggak ada yang pakai mesin V-Twin. Bahkan motor yang harusnya pakai V-Twin saja sekarang pakai mesin inline, contohnya Honda Rebel. Kan motor itu cocok banget pakai mesin V-Twin, tapi nyatanya tidak:
Walau sepertinya ada yang suka sih.
Honda Gold Wing?
Enggak, itu mesin 6 silinder horisontal berlawanan:
Enggak juga. Twinnya dari Paralel Twin.
btw, kayaknya sejak ada Africa twin Honda jadi kalah rally dakar terus ya? Sebelumnya Honda punya NXR750:
entahlah.
Intinya nggak mungkin Honda mendadak jadi pingin produksi motor sport V-Twin cc kecil.
BTW, sebenarnya menurut penulis bila Honda nggak punya niatan upgrade mesin, paling tidak tampilannya dirubah dong dari yang sekarang lampunya memble jadi yang seperti di desain awal. Desain lampu yang memble sekarang:
Desain awal yang keren:
Mungkin Honda sudah tahu kelemahan V4 pada motor masspro. Buktinya cbr1000rrr pake i4.
SukaSuka
bisa jadi
SukaSuka
Ciri khas design H bodynya lebih dominan plasticky
SukaSuka
iya, tapi tetap berat
SukaSuka
Plastik + nama honda = harga
SukaSuka
Di artikel saya disebutkan “itu adalah konsep awal dari Futama dan Kawai San, sang desainer CBR” jadi versi finalnya yg sekarang dan akan terus seperti itu(2 silinder inline)
SukaSuka
sip, iya. Isu kembali ke desain awal sempat mencuat di R25 juga.
SukaSuka
Ok
SukaSuka
Bukan karena gak mungkin menurut saya…Namun trahnya klan CBR itu pasti bermesin inline. Kalau mesin V ya… kalau 2 silinder ya VTR, kalau 4 silinder ya VFR. Ada juga versi racingnya yang biasanya dinamakan RVF/RVT, kayak misalnya si firestorm, 1000cc VTwin…
Kalau kasusnya si rebel, kan dia basicnya dari CBR500 series, makanya dia pake mesin I2?
SukaSuka
Iya, memang nama akan berubah.
Bila basisnya CBR500 series, Rebel bisa jadi contoh bahwa Honda malas buat mesin baru. Mungkin dianggap umurnya pendek (terdesak kendaraan listrik)
SukaSuka
Motor gk laku. Pabrikan rugi. Eksport diambil thailand.
SukaSuka
Kalo V Honda akan ambil basis V Twin VTR 250. TP ini CBR kayaknya bakal I4.
SukaSuka
ok. Pakai nama baru tidak ya?
SukaSuka
Udah ga usah berasepkulasi lagi kita.. husnudzon aja mesinnya rotari.. beuh mantap.. 250 jadi kaya 400 powernya..
SukaSuka
Rotary mahal bos, 2 tak aja 250 dah setara 500
SukaSuka
Jenuh aye bang.. jenuuuuh..
dari dulu motor combustion internal gitu2 aja.. ga ada perkembangan apa gitu..
SukaSuka
berarti harus dukung 2 tak Injeksi sukur2 opposed piston gt… klo mw lebih ngejelimet lg ya Warp Drive
SukaSuka
ha ha ha
SukaSuka
sip. Katanya ada motor dengan rotary engine 200hp. Sebentar lagi saya buatkan artikelnya.
SukaSuka
Jirr… ente ngeledek mobil aye si xenia.. 100hp aja kaga nyampe..
SukaSuka
ha ha, punya saya lebih kecil lagi 🙂
SukaSuka
Biarlah kawasaki dengan 4silinder, yamaha dengan 3silinder saya berharap honda low profile membuat produk flangship new VT250R 90° stroke 44mm
SukaSuka