Mesin rotary justru olinya nggak bakal kecampuran bensin, katanya bakal ada motor rotary baru di tahun ini


Tahun lalu sempat ada kabar bahwa akan ada motor cruiser dengan mesin rotary hybrid dengan berat 187 kg dengan tenaga 200 hp di tahun ini. Nggak ada gambar tapi dicontohkan motor Yamaha Genrye 3000 yang pernah dipamerkan di tahun 2004. Modelnya futuristis banget sih:
New 200hp Wankel Rotary Engine Motorcycle Coming in 2020

Di versi majalah tersebut, ternyata penjelasan soal mesin rotary beda dari komentar (di grup fb) yang mengomentari soal larangan pakai oli sintetik di mesin rotary. Di artikel sebelumnya dijelaskan bahwa Mazda melarang pemakaian oli sintetik karena oli sintetik bikin mesin berkerak. Harus pakai oli mineral.

Banyak yang komentar katanya oli di mesin rotary itu bakal kecampur sama bensin. Padahal di buletin tersebut justru bilang bahwa alasan lain dilarang pakai oli sintetik itu karena oli sintetik bikin seal olinya rusak dan bikin oli jadi masuk ke ruang bahan bakar.

Entah yang komentar seperti itu sumbernya dari mana.

Sementara itu keunggulan dari mesin rotary dijelaskan sebagai berikut di totalmotorcycle.com:

  • A far higher power to weight ratio than a piston engine
  • Approximately one third of the size of a piston engine of equivalent power output
  • Easier to package in small engine spaces than an equivalent piston engine
  • No reciprocating parts
  • Able to reach higher revolutions per minute than a piston engine
  • Operating with almost no vibration
  • Not prone to engine-knock
  • Cheaper to mass-produce, because the engine contains fewer parts
  • Superior breathing, filling the combustion charge in 270 degrees of mainshaft rotation rather than 180 degrees in a piston engine
  • Supplying torque for about two thirds of the combustion cycle rather than one quarter for a piston engine
  • Wider speed range giving greater adaptability
  • Can use fuels of wider octane ratings
  • Does not suffer from “scale effect” to limit its size.
  • On some Wankel engines the sump oil remains uncontaminated by the combustion process, so no oil changes are required. The oil in the mainshaft is totally sealed from the combustion process. The oil for Apex seals and crankcase lubrication is separate. In piston engines the crankcase oil is contaminated by combustion blow-by through the piston rings.

Terjemahan google

  • Rasio tenaga dan berat yang jauh lebih tinggi daripada mesin piston
  • Sekitar sepertiga dari ukuran mesin piston dengan output daya setara
  • Lebih mudah dikemas dalam ruang mesin kecil daripada mesin piston setara
  • Tidak ada bagian balasan
  • Mampu mencapai putaran yang lebih tinggi per menit daripada mesin piston
  • Beroperasi dengan hampir tidak ada getaran
  • Tidak rentan terhadap ketukan mesin
  • Lebih murah untuk diproduksi secara massal, karena mesin mengandung bagian lebih sedikit
  • Napas unggul, mengisi muatan pembakaran dalam 270 derajat rotasi poros utama daripada 180 derajat dalam mesin piston
  • Memasok torsi sekitar dua pertiga dari siklus pembakaran daripada seperempat untuk mesin piston
  • Rentang kecepatan yang lebih luas memberikan kemampuan beradaptasi yang lebih besar
  • Dapat menggunakan bahan bakar dari peringkat oktan yang lebih luas
  • Tidak menderita “efek skala” untuk membatasi ukurannya.
  • Pada beberapa mesin Wankel oli bah tetap tidak terkontaminasi oleh proses pembakaran, sehingga tidak diperlukan penggantian oli. Minyak di mainshaft benar-benar tersegel dari proses pembakaran. Minyak untuk segel Apex dan pelumasan bak mesin terpisah. Pada mesin piston oli bak mesin terkontaminasi oleh pembakaran melalui ring piston.

Yang penting itu yang terakhir. Oli mesin tidak tercampur dengan bensin sama sekali sehingga nggak butuh ganti oli. Oli untuk campuran bensin ada sendiri. Sementara itu pada mesin biasa, oli mesin bakal kecampur.

Buktinya ada di fuel dilution. Ini bukti bahwa ruang bakar pun bakal kemasukan oli mesin di mesin selain rotary. Nggak ada alasan sampai bilang “cuma berlaku di mesin rotary”.

Bahkan sekarang ini pabrik oli pun sudah yakin bahwa oli itu mempengaruhi pembakaran. Salah satu contohnya adalah terjadinya pre ignition di rpm sangat rendah:
Gredeg matik Honda bisa berkurang pakai margarin! Pengaruh kualitas bensin dan oli mesin ke gredeg

Many OEMs in the United States, Europe and Japan – working in conjunction with certain additive companies and oil marketers – have conducted extensive research on the LSPI phenomena. From this work, there is a growing body of knowledge that is demonstrating how hardware design, fuel composition and lubricant compositions can impact LSPI.

Jadi oli mesin itu mempengaruhi pembakaran. Yang ngomong itu adalah para ahli pelumasan kendaraan. Masa tidak percaya?

Entah mengapa membela oli sintetik sampai sebegitunya. Yang untung cuma yang dagang oli sintetik. Padahal jualan yang nggak ngomong cacat produk itu nggak halal.

6 respons untuk ‘Mesin rotary justru olinya nggak bakal kecampuran bensin, katanya bakal ada motor rotary baru di tahun ini

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.