Sulitnya cari aplikasi android untuk ukur performa motor


Sekarang ini kan smartphone multifungsi, bisa untuk macam macam. Nah karena penulis ingin performa motor bisa diukur dengan akurat, penulis coba cari aplikasi android yang bisa untuk mengukur performa. Aplikasi yang tersedia banyak:

Tapi sayangnya setelah dicari yang layak untuk dipakai di motor matik, pilihan jadi jauh berkurang.

Penyebabnya adalah:
1. butuh OBD2. Padahal seperti kita tahu, motor lokal tidak menyediakan colokan OBD2.
2. range kecepatannya ketinggian. Penulis tahu betul motor penulis nggak bakalan bisa mencapai kecepatan 60 mph mau di gas pol selama apapun.
3. range jarak juga ketinggian. Situasi jalan raya tidak memungkinkan mengukur akselerasi 1/4 mil. Untuk mengukur 1/8 mil saja sudah harus nunggu jalannya cukup sepi. 1/8 mil itu juga cukup untuk membuat motor penulis mencapai kecepatan 75 km/jam. Mengukur 1/4 mil itu jelas mubazir.

Sehingga akhirnya cuma ada segelintir pilihan saja. Tapi jadi nemu masalah lagi.

Yang pertama penulis coba adalah GPS Race Time:

Pertama lihat sih kelihatan bagus. Bisa memasukkan akselerasi custom sesuai kemampuan motor. Tapi masalahnya angkanya sangat tidak konsisten. Variasinya besar. Ini karena aplikasi cuma mengandalkan data dari GPS saja. Padahal data GPS kurang akurat, sekitar akurasi 10 meter. Apalagi kelihatannya aplikasi sering salah tebak pencatatan waktu motor mulai start.

Lalu ada aplikasi lain yang harus menekan tombol start.

Ini kendala juga karena berarti harus tekan tombol terus lalu gas pol. Bukan ini yang penulis inginkan.

Lalu ada aplikasi yang mengandalkan accelerometer (sensor di hp) barengan sama GPS, dynometer. Tapi masalahnya ini aplikasi rewel banget untuk GPSnya. Sering ngereset karena nggak bisa ngelock GPS.

Nemu aplikasi yang mengukur kombinasi juga, car performance meter, tapi angkanya nggak konsisten dan nggak jelas pencatatan datanya:

Lalu nemu aplikasi yang nggak pakai GPS, cuma mengandalkan accelerometer saja, perfexpert. Tapi ternyata aplikasi ini payah. Aplikasi ini mengukur akselerasi dari sudut kemiringan hp. Hp makin miring dianggap akselerasi makin mantap. Jadinya hasilnya ngaco:

Akhirnya nemu aplikasi yang menurut penulis lumayan, speed logic lite. Pencatatan waktu awal dideteksi dengan sensor gerak. Jadi begitu ada gerakan dianggap kendaraan mulai akselerasi. Yang diukur juga bisa dirubah:

Hasil nggak beda jauh banget, walau masih cukup banyak bedanya:

Lumayan lah. Karena penulis bisa merasakan bahwa kalau kondisi mesin lagi enak (suara knalpot tegas) hasilnya bagus. Kalau pas kondisi nggak enak atau pas harus lewat tambalan jalan, hasilnya lebih jelek.

Cukup konsisten dengan kondisi motor.

Barangkali pembaca punya saran lain?

btw, penulis pakai redmi 4A. GPS nya kurang sensitif bila dibanding Samsung J4. Hasil buruk karena roller terlalu berat. Motor juga disetel sangat irit, lebih irit dari Honda Beat sekarang. Tapi anehnya kalau habis lampu merah atau perlintasan kereta api nggak ketinggalan.

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.