Debat Ducati vs Puig edisi kedua, tetap saja sekarang tanpa Marquez Honda nggak akan bisa juara


Sebelumnya penulis sudah bahas jawaban Puig terhadap sindiran Ducati.
Klaim Puig bahwa motor Honda paling mudah dikendarai itu nggak lihat situasi sekarang

Ternyata Puig kembali copas jawaban yang sama saat kembali disindir lagi oleh Ducati. Ada yang bilang jleb, walau penulis nggak setuju:
Jleb Banget Respon Alberto Puig Terhadap Komentar Domencali

Orang ini nggak mengerti sejarah sepeda motor. Honda memperoleh 8 kali titel juara team dan 11 kali juara pabrikan (semenjak era MotoGP)

Jawabannya nggak jleb karena kok yang dibahas adalah masa lalu. Katanya sih Puig juga jadi manajer Repsol Honda baru sejak 2018.

Nggak jleb karena faktanya sekarang bila Marc Marquez nggak bisa jadi pembalap Honda, maka sama sekali tidak ada yang bisa menggantikan. Siapa memang?

Alex Marquez? wah jelas bercanda. Tugasnya di musim ini jelas belajar. Honda dan siapapun juga sama sekali tidak mengharapkan Alex Marquez bisa kasih bantuan. Sehabis bocoran Anthony West, penulis malah kepikiran kemenangan hasil dikatrol.

Crutchlow? Nggak bisa. Cedera terus. Dan keluhannya untuk bikin bagian depan lebih mudah diprediksi tidak digubris oleh Honda.

Nakagami? Sama saja. Dirundung cedera terus.

Zarco? jelas zonk.

Lorenzo? Sebelum sempat menunjukkan kemampuan sudah ditendang keluar dulu.

Paling juga panggil pembalap lama, misalnya Casey Stoner. Atau Pedrosa dipanggil lagi, menggantikan Alex Marquez. Atau malah Lorenzo dikembalikan.

Pembalap sekarang mana yang cocok untuk Honda? Kalau Dovizioso walau mungkin bisa dikontrak, tapi secara kemampuan belum tentu Dovi bisa kencang di Honda yang sekarang. Juga mustahil ambil pembalap dari Yamaha atau Suzuki. Mungkin paling cocok Pol Espargaro. Tapi tentu KTM masih sakit hati juara Rally Dakar direbut. Nggak bakal rela.

 

Juga lihat saja klasemen tahun lalu, diantara Marc Marquez dan Crutchlow ada 3 Ducati, 3 Yamaha dan 1 Suzuki.

Setelah ocehan Anthony West penulis juga sempat kepikiran, mengapa waktu kualifikasi Marquez itu sering ketinggalan sehingga sering mendompleng tapi waktu balapan dari awal bisa menang terus ya? Aksi kejam Marquez juga sering dibiarin. Zarco sekalipun nggak berani protes, padahal jelas jelas dilanggar:

Intinya bantahan Puig itu nggak relevan dan nggak jleb. Tapi tetap tidak dipungkiri bahwa teknisi Ducati nggak jago. Tuning Ducati sekarang tidak menguntungkan bagi pembalapnya yang manapun.

Sementara jelas Honda bisa paling tidak membuat Marquez jauh lebih kencang di balapan walau lebih lambat dari Yamaha kalau kualifikasi. Di klasifikasi mendompleng, tapi kalau di balapan bisa mainin pembalap lain dengan mudahnya.

Mungkin sengaja dibuat motor Marquez lambat di kualifikasi biar bisa menunjukkan kehebatannya mendompleng? Atau karena Marquez hobi mendompleng maka dibuat lebih lambat biar catatan waktunya tidak bikin mata terbelalak?

Marquez sendiri jelas kalah di tikungan oleh banyak pembalap. Menangnya sering karena “berani” potong kompas. Toh yang resiko jatuh musuhnya, yang bakal disalahin juga musuhnya.

Kalau di jalan lurus, wah si Marquez hebat banget bisa mempermainkan banyak pembalap (sik, itu motor atau ridernya ya yang hebat?). Rasanya Crutchlow juga tidak sesakti itu, begitu pula Zarco, Nakagami atau Lorenzo.

4 respons untuk ‘Debat Ducati vs Puig edisi kedua, tetap saja sekarang tanpa Marquez Honda nggak akan bisa juara

  1. kasihan juga Alberto Puig selalu dikritik rivalnya jelas Doi auto baper dan jawabannya hanya seputar masa lalu serta ngak relevan.

    tapi HRC bisa saja bikin paket buat mendominasi podium 1,2 atau 3 tiap seri tapi nanti ketahuan dong motor RC213V lebih superior dibandingkan rivalnya. makanya HRC sengaja hanya 1 rider yang selalu dibuat superior.

    “Johann Zarco : Ducati lebih terbuka terhadap arahan pembalap dibanding Honda” artinya apa? semua sudah diseting siapa yang boleh juara siapa yang sebagai penggembira.

    ini kita ngomongin HRC ya, tapi tenang aja penggiringan opini bahwa semua mesin sama aja performanya, menang tergantung paket rider dan motor bla bla bla pasti ada…saksikanlah

    Suka

    • ha ha, iya, harus pembalap spanyol itu yang superior ya? sudah instruksi penyelenggara ya?

      iya. Nanti dilihat juga apa masih terjadi motor marquez lambat di kualifikasi tapi paling cepat di balapan.

      Suka

Tinggalkan Balasan ke Pengamat Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.