Masa sih oli mesin bisa mempengaruhi pembakaran? Gancet, LSPI dan Spash buktinya


Ada beberapa bro yang nggak percaya bahwa oli mesin bisa mempengaruhi pembakaran. Kalau sampai terjadi, maka dianggap ring pistonnya bocor. Mungkin bro tersebut lupa bahwa yang membuat piston melaju mulus adalah oli.

Kalau dinding silinder nggak ada olinya, maka piston akan macet. Dan tentu nggak cuma waktu turun, waktu naiknya juga dinding silinder harus dilapisi oli. Kalau tidak ada ya akan macet.

Ini sudah dijelaskan sebelumnya:
Hubungan antara piston macet dengan oli, bukti hebatnya oli mineral dibanding PAO

Jadi pas terjadi pembakaran, di dinding silinder bakal masih ada olinya. Dan ini yang jadi masalah karena ada sebagian oli yang masuk ke ruang bakar.

Yang mempengaruhi hal ini adalah sifat sulphated ash dari oli mesin. Seperti dijelaskan di Noria, nggak mungkin oli bisa dicegah 100%:
Heavy-duty Diesel Engine Oil Developments and Trends

Sulfated Ash
The term sulfated ash relates to the amount of metallic elements in engine oils, which are mostly derived from the engine oil’s detergent and antiwear additive chemistry. These additive packages contain multiple components based on metals such as calcium, magnesium, zinc, etc. Because a 100 percent seal between the piston rings can never be achieved, a certain amount of engine oil will enter the combustion burn.

As the engine oil enters the combustion chamber and burns, its residue forms an ash-like material. This ash-like material contributes to deposits in the crown land above the piston ring as well as to deposits in the ring grooves. These deposits can lead to rubbing wear on the cylinder liner and cause the piston rings to not operate freely.

Kandungan sulphated ash pada oli mesin terpengaruh oleh TBN, aditif anti wear dan aditif EP.

Selanjutnya ada juga soal LSPI, low speed pre ignition. Ini adalah gejala pre ignition yang terjadi pada mesin kompresi sangat tinggi. Ini berpotensi merusak mesin. Dan diduga kandungan aditif pada oli juga mempengaruhi sifat ini:

 

Intinya sih lembaga oli, peneliti oli, pabrik oli dan pabrik kendaraan itu pada memperhatikan efek oli mesin ke pembakaran. Mereka percaya oli mesin bisa mempengaruhi pembakaran.

Jadi semoga paham bila penulis bilang menambahkan minyak goreng ke oli mesin membuat pembakaran mesin terasa lebih bersih. Atau saat bilang oli matik terasa bikin pembakaran nggak bersih. Oli mesin itu ada efeknya ke pembakaran.

11 respons untuk ‘Masa sih oli mesin bisa mempengaruhi pembakaran? Gancet, LSPI dan Spash buktinya

  1. mencoba menganalisa kaitannya margarin dicampur bensin sebagai pelumas tambahan pada dinding silinder, lantaran margarin sifatnya bisa larut dan bersenyawa dg bensin, dan punya sifat licin ketika dipegang jari, maka ketika langkah isap pada mesin 4 tak, piston bergerak dari TMA ke TMB menyedot mixture udara dan BBM yg terdapat kandungan margarin didalamnya yg tentunya sudah terlarut sempurna didalamnya, maka ketika langkah isap tentunya atomisasi partikel BBM yg mengandung margarin akan juga menyentuh atau mengenai dinding silinder, sehingga dinding silinder akan “mendapatkan sedikit pelumasan tambahan” dari bensin yg mengandung margarin tadi, ketika piston melakukan langkah kompresi dari TMB menuju TMA. mendapat pelumas tambahan artinya kontak metal dengan metal antara dinding piston dengan cylinder wall menjadi berkurang, mungkin ini yang menyebabkan vibrasi engine berkurang? seperti dijelaskan pada artikel yg publish tempo hari bahwa besarnya gesekan antar metal berbanding lurus dengan vibrasi yg dihasilkan, apakah seperti itu kira2 Om penjelasannya, atau ada penjelasan lain mungkin yang lebih tepat??

    Suka

    • Iya, saya setuju dengan penjelasan itu. Sifat fatty acid margarin yang bisa lebih melekat ke logam membantu meningkatkan kekuatan lapisan oli di dinding silinder. Sehingga jadi lebih licin dan mengurangi gesekan dan getaran. Pelumas juga salah satu kandungan dari bensin juga.
      List of gasoline additives

      Gasoline additives increase gasoline’s octane rating or act as corrosion inhibitors or lubricant

      Suka

      • yang penting margarine gak bikin kerak macam kalo bensin dikasih kapur barus kan Om? emang kapur barus bisa naikin angka oktan BBM tapi katanya cuma mentok di angka 90 hasilnya yg artinya hanya ccok buat bensin premium aja??

        Suka

        • Iya, margarin justru bisa menghilangkan kerak kapur barus atau eco racing.

          Untuk oktan, 90 itu mestinya angka MON. Angka RON mestinya lebih tinggi, bisa jadi setara RON 95:
          Who invented Octane Ratings?

          Naphthalene has a blending motor octane number of 90

          Tapi itu juga memperhitungkan rasio. Entah rasio berapa bisa jadi seperti itu.

          Suka

  2. Assalamu’alaikum,

    Pak Cahyo, klo menggunakan stearic acid yg butiran bagus tdk? Saya lihat di tokped dkk ada yg jual kiloan. Kira2 lebih bagus mana pak dibanding dgn margarine? Terima kasih

    Suka

      • saya baru aja nyoba margarin jadi aditif bensin, ternyata hasilnya bagus pak, jadi ceritanya semalem saya campur si margarin sama bensin dulu dibotol bekas larutan penyegar, margarinnya seukuran tablet obat ponstan yg bentuknya oval terus bensinnya kurleb 50ml, sy tunggu 10 menit sampe margarin meleleh di dalem bensin, lalu botolnya saya kocok sampe margarin tercampur sempurna, trus saya tuang deh ke tengki bensin, saya goyang2 lagi tuh motor supaya campuran tadi merata didlm tengki trus saya diemin semalem. nah tadi pagi pas berangkat kerja saya ngerasa motor saya getarannya berkurang, kerasa sekali ada peningkatan tenaga, piston skep karbu juga jadi berasa licin ditandai dari puntiran selongsong gas yg jadi ringan…terima kasih ilmu sesatnya pak, sangat bermanfaat sekali buat saya

        Suka

  3. Saya pakai pertamax turbo + minyak goreng divario 125 old , efeknya mesin lebih halus , walapun bau sangit di knalpot , kalau berlebihan brebet , kalau pas campurannya enak , itulah pengalaman saya

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.