Akhirnya eco racing setujui tes jalan bro Andri Eldana, berani sampai limit kah?


Akhirnya eco racing memberikan persetujuan uji coba yang akan dilakukan bro Andri Eldana.

Berikut yang disepakati, disharing oleh bro Benny Purnomo:

Brosur eco racing yang akan diuji kebenarannya:

Dari keterangan bro Andri Eldana di atas disebutkan bahwa RON yang akan dipakai akan ditentukan oleh eco racing. Memang RON sangat sensitif karena mesin memang bisa jebol bila RON terlalu rendah.

Penulis nggak paham mengapa harus ER6N yang dipakai uji coba. Namun semoga bensin yang dipakai adalah premium dan oli mesin baru akan diganti setelah 3 kali dari rekomendasi ganti oli resmi. Tentunya harus di top up.

Ada yang bilang ganti olinya Kawasaki ER6N itu harus tiap 6 ribu km sekali:
Panduan Servis Kawasaki ER-6n, Bukan Cuma Ganti Oli

Meski statusnya jadi motor hobi, bukan berarti moge bermesin dua silinder 649 cc, Kawasaki ER-6n jadi jarang dirawat. Soal oli, ada dua pilihan yaitu oli KGO Ultimate dan Kawasaki Vent Vert. Penggantian oli wajib dilakukan tiap servis berkala di 6.000 km.

Jumlah oli yang diganti cukup sedikit:

“Penggantian oli dibarengi dengan ganti filter oli butuh jumlah oli lebih banyak. Jika ganti oli saja hanya butuh 1,7 liter sedangkan dengan penggantian filter oli dibutuhkan 1,9 liter,” lanjut pria ramah ini.

Mungkin itu sebabnya ada yang ganti olinya 2500 km sekali:
Anda Pemilik Moge Baru? Inilah Empat Kebiasan Buruk Yang Sering Terjadi

Toni menyontohkan salah satu konsumen, pemilik Kawasaki ER-6n, yang harus rela motornya turun mesin, karena jantung pacunya tak terlumasi dengan baik.
“Olinya kering, gara mengganti spesifikasi oli. Sebenarnya tidak apa-apa, hanya saja kebiasaan mengecek dan mengganti oli juga diubah sesuai jenis olinya. Misalnya pakai 10W-40 setiap 2.500 kilometer ganti, jika menggunakan yang lebih encer lagi, penggantiannya bisa lebih pendek dari biasanya,” ujar Toni kepada KOMPAS.com, Rabu (3/10/2018).

Kalau nggak salah baca, ganti oli di owner’s manual adalah tiap 12 ribu km atau tiap tahun:

Kalau 3 kalinya adalah 36 ribu km.

Entah suhu Bandung berapa, kalau panas maka mestinya oli yang dipakai adalah yang 20W50 atau 10W50 kalau menurut owner’s manual. Anjurannya 10W40 tapi disebut juga kekentalan harus disesuaikan dengan suhu lingkungan:

 

Untuk bensin harusnya pakai premium karena klaimnya eco racing bisa meningkatkan oktan hingga 10:

Kebutuhan oktan untuk motor Kawasaki ER6N disebutkan sebagai berikut

Katanya itu setara pertamax:
Mobil Berturbo Harus Ngisi Pertamax Turbo ?

AKI = RON (Research Octane Number) + MON (Motor Octane Number) / 2. Misal AKI87 itu mungkin setara dengan BBM RON 92 di Indonesia.

Pertamax itu dibolehkan mengandung ethanol:

Masih dibolehkan bila campuran ethanol tidak lebih dari 10%:

Bahasan khusus soal pencegah oksidasi membuat penulis ingat uji eco racing berikut:

Penulis niatnya coba ini, tapi masih kepikiran botolnya (butuh 4 buah). Ukuran berapa ya?

 

Menurut penulis yang paling afdol itu adalah bila menggunakan premium dan menggunakan eco racing dosis ganda. Soal oli mesin entah berani berapa si eco racing.

Ya semoga bro Andri Eldana berani mesinnya rusak seperti sudah diutarakan sebelumnya, sehingga berani mencoba yang ekstrem. Katanya sih motor tetap akan dipakai ngegrab dan tidak untuk kebut kebutan.

Update, spek yang dipakai:

Andri Eldana Aji Condro itu gen 1
Saya gen 2
Gen 2 :
Minimal RON 91
Penggantian oli resmi 5rb
+
Motor saya ga standard
Tekanan mesin jauh lebih tinggi
Fuel pump juga sudah ganti
Jarak piston dengan liner bukan 0.065 tapi 0.03

Andri Eldana Wahid Haryadi hitungan kasar kemarin 280-300
Hitungan pasti belum tau
Kemaren tak hitung kasar
Intinya motor pasti dibongkar dll
Bensin dan waktu
Sama pendaftaran jurnal penelitian

Andri Eldana Wahid Haryadi monggo
Itu 280-300jt pak
😅
Oli saya sudah komit pake elf vent vert
Kalo beli di kawasaki 325k/liter sekarang
Busi pun AR10ZSnya brisk
Bensin itu sebetulnya keputusan dari eco racing
Masih menunggu hasil diskusi mereka
Jarak 40,000 kilometer
Biaya per dyno 150k karna moge
Proses pendaftaran journal agak panjang harus lewat lembaga pendidikan atau lipi dulu
Kemaren udah konsul sama dosen pembimbing saya dulu

Kondisi motor:

Postingan awal

Selamat siang mbah mbah sekalian
Dengan izin dari mbah Deddie Joe Winarno Deddie Joe Winarno II akhirnya hal ini gedjil posting disini
Sebelumnya gedjil ingatkan untuk tetap mengikuti aturan aturan di group bekakas itu sendiri
Tidak membawa suku, agama, ras, golongan
Dan gedjil mengingatkan kembali untuk tidak membawa bawa istilah internal bekakas keluar
Semoga yg membaca selalu diberikan kebaikan dan dalam keadaan sehat selalu

Berikut kronologinya :
Gedjil adakan kopdar rutin bekakas cimahi-bandung pada kamis 30 Januari 2020 di indomart surapati core
Acaranya benar benar kopdar rutin tidak ada yg lain

Kemudian gedjil di japri oleh mbah Benny Nugroho bahwa sudah disiapkan pizza beberapa loyang dari pihak PT BEST
Hanya saja gedjil menghimbau untuk tidak diterima dan diberikan kepada yg membutuhkan karna kopdar disana betul betul hanya agenda KOPDAR tanpa ada kepentingan dengan PT BEST dan eco racing
Sukur para bergedjil itu mendengar
akhinya setelah beres kopdar dan dalam kopdar TIDAK ADA BAHASAN MENGENAI ECO RACING semuanya berkenaan dengan acara scara internal bandung, contoh : kopdar di kafe yg mempekerjakan para difabel, pembuatan bengkel, dan ziarah ke makam Alm. Byas

Setelah beres dari sana karna sudah jam malam
Kopdar di indomart surapati core bubar dan pindah lokasi

Sementara gedjil, teh nisa andini, pak benny nugroho, dan aki aki ANang BLoko menemui orang PT BEST

Jadi perlu digaris bawahi
Pertemuan ini dan kopdar bekakas cimahi bandung adalah HAL YANG BERBEDA

Walawpun 3 dari 4 orang merupakan member bekakas, dan 2 orang diantaranya aktif di bekakas, 1 orang teh andini lebih aktif di kegiatan sosial, dan 1 lagi aki aki nanang bloko lebih aktif di LeDiC
Jadi tim yg bertemu tidak mewakili bekakas, motuba, LeDiC atau komunitas manapun

Isi pertemuan :
Dalam pertemuan di sepakati beberapa point
Dimana pada intinya gedjil si bocah fake account berumur 17 tahun ini BOLEH MELAKUKAN RISET APAPUN DENGAN CARA YANG JELAS DAN SEMUA KLAUSA SEBELUMNYA DISETUJUI OLEH PIHAK ECO RACING dan termasuk menyebarluaskan serta mendorong hasil penelitian ini menjadi journal penelitian resmi tanpa ada tuntutan dari pihak PT BEST atau eco racing
Hanya saja masih menunggu beberapa hal yg masih dirundingkan oleh pihak eco racing
Diantaranya penggunaan bensin untuk motor gedjil
Antara menggunakan RON 90 atau RON 92
Selain itu gedjil juga masih mencari bengkel kawasaki yg siap cek metal weariness part part motor gedjil yg hampir tidak ada yg standard pabrik kawasaki (kalau memang tidak bisa maka untuk keperluan uji gedjil akan kembalikan wombat ijo gedjil ke standard pabrik)

Proses pengujian secara singkatnya :
Emisi akan di uji di dishub dengan catatan sebelum dan sesudah penggunaan pil eco racing tetap harus menggunakan knalpot FREE FLOW TANPA KATALIS
Power akan di uji di BJM dynotest dimana power yg diambil akan dilakukan perhitungan nilai rata rata
Fuel consumption akan diukur menggunakan MID dan metode full to full sebelum dan sesudah menggunakan pil eco racing
Setiap pergantian oli pun akan dilakukan uji VOA dan UOA dimana membandingkan data oli sebelum dan sesudah penggunaan, oli akan menggunakan Elf Vent Vert dan penggantian oli akan dipantau terus berkala dengan drop test dan sebelum sesudah penggunaan dengan UOA VOA, penggantian oli pun sebelum menggunakan eco racing akan dibuat di 5,000 km sesuai buku panduan dan karna CLAIM eco racing, maka penggantian oli akan dibuat variatif saat menggunakan pil, 5,000km -> 6,500-> 8,000km -> 9,500km -> 11,000 km -> 12,500 km -> 14,000 km -> 15,000 km, dimana oli elf vent vert sendiri claim elf break down di 10,000km sementara selama gedjil pakai sendiri pernah rekor break down di 12,xxx paling lama dan paling buruk di 6,xxx

Pendanaan :
Gedjil tidak menerima sponsor dari pihak manapun untuk menghindari sogokan atau campur tangan dari pihak manapun, semuanya independent
Progress uji akan selalu di upload ke channel youtube gedjil dengan kata lain motor gedjil tidak bisa menyala bila kamera tidak hidup
Penggunaan motor gedjil diantaranya, touring, harian, dan ojek online (tolong yg dapet gedjil jangan lupa bintang 5 😘)

Himbauan :
Tolong sementara ini jangan melakukan penyerangan terhadap eco racing dari otomotif karna ini sebuah langkah besar untuk membuktikan claim eco racing
Gedjil sendiri hasil tuning personal mirip sekali dengan hasil claim eco racing, hanya saja gedjil butuh pendanaan uang hinga 120jt rupiah sementara harga pilnya hanya 5rb rupiah
Tidak masuk akal?
No comment
Biarkan data yang berbicara dan monggo mbah mbah disini dikawal bersama sama progress demi progress risetnya

Sementara ini selama masih proses persiapan baru sampe disini, dan gedjil sendiri sudah mau terbang ke luar ada urusan sebentar di februari

Kembali gedjil mengingatkan
Jangan memberikan bercandaan atau serangan bernada SARA, bila ada gedjil akan langsung laporkan ke admin
Yuk mari sama sama bertindak cerdas dalam menanggapi 1 hal
Budayakan sikap kritis, bukan skeptik tak berdasar

Salam 🙏🏿

Up date 1:
Group whatsapp sudah dibuat dimana disana ada dari pihak PT BEST dan pihak saya termasuk pihak netral pak benny nugroho

Motor yg diujikan ada 2
Kawasaki ER6n 2011 dan (motor rahasia)

5 respons untuk ‘Akhirnya eco racing setujui tes jalan bro Andri Eldana, berani sampai limit kah?

  1. Hmmm…
    Mungkinkah si eco ini kemaren-kemaren diam karena untuk menarik stok lama
    dan akhirnya berani terima tantangan karena sudah mengupdate formula & stock eko resing yang dengan formula baru?
    Formula baru dgn harga yang tidak murah, demi menjaga nama besar bisnisnya.

    Kalau mereka yakin, kenapa dari awal gak langsung terima tantangan?

    Harusnya kalau mau main aman, si penantang juga ke lab dulu untuk periksa kandungan eko resing yang dulu vs yg setelah tantangannya diterima.
    Just to be fair

    Suka

    • katanya sih eco racing itu ada efeknya walau sedikit. Bro Andri Eldana sebelumnya juga merasakan ada peningkatan sekitar 5%. Cuma itu belum bensin premium. Ingin menantang karena sebelumnya mendapatkan pengalaman negatif di banyak motor dari sesama pemakai eco racing.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.