Bos MotoGP: mesin 2 tak itu polusinya besar dan pabrikan sudah nggak produksi (padahal nggak relevan lagi)


Berita tentang penggunaan mesin 2 tak di Formula 1 membuat Carmelo Ezpeleta, si bos MotoGP ditanyai soal pemakaian mesin 2 tak di MotoGP:
MotoGP, Ezpeleta: The big mess in 2015 between Rossi and Marquez? It’s still not resolved

Apa pendapatnya?

“I have to have respect for those who are our customers, that is the fans who come to the track and those who watch the Grands Prix on TV. Our goal is to reduce emissions, and this is something that we did a long time before the others. The two-stroke engines were cheaper, they were better in many ways for everyone, but we got to a point that the manufacturers said to us that since the two-strokes polluted a lot, they would stop mass-producing them and switch to four-strokes So the situation changed first with the introduction of the four-strokes in MotoGP, then with Moto2 and finally with Moto3”.

Ia bilang bahwa tujuan mereka adalah untuk mengurangi emisi. Dan disebut sudah jadi tujuannya sebelum yang lain mulai. Mesin 2 tak lebih murah dan punya banyak keunggulan. Tapi dari pabrikan yang bilang bahwa mesin 2 tak polusinya parah, sehingga pabrikan nggak buat lagi dan pindah ke mesin 4 tak. MotoGP pun pindah ke mesin 4 tak.

Kelihatannya masuk akal: mesin 2 tak lebih berpolusi dan pabrikan sudah nggak buat mesin itu lagi.

Tapi itu nggak relevan.

Yang pertama adalah mesin 2 tak teknologi sekarang sudah memenuhi standar emisi yang terbaru. Terbukti dari penerapan KTM. Mesin yang mau dipakai di F1 juga katanya sudah bisa lulus standar emisi terbaru.
Mesin yang bikin kepala teknis F1 yakin masa depan dunia sport ada di mesin 2 tak + contoh nyata di KTM

Yang kedua adalah mungkin Ducati pakai mesin MotoGP di motor produksi. Tapi kan Honda tidak? Honda pakai mesin V4 yang tidak dipakai di motor produksi. Jadi kalau mau ganti 2 tak harusnya no problem.

Jadi kedua alasan itu mungkin cuma jadi alasan saja. Yang beneran bisa jadi beda. Mungkin berat untuk Ducati?

28 respons untuk ‘Bos MotoGP: mesin 2 tak itu polusinya besar dan pabrikan sudah nggak produksi (padahal nggak relevan lagi)

  1. atau jangan2 si Carmelo takut Ducati atau Honda bakal cabut dari MotoGP klo di ganti ke 2tak? mungkin yg senang Aprilia karena jejak 2tak mereka cukup bagus di Gp125 dan Gp250

    Suka

    • Menurut KTM Euro 5 pun bisa.
      WILL EURO 4 & 5 REGULATION BE THE DEATH OF TWO STROKES?

      Joachim: “Yes. KTM’s current EXC-F models meet the Euro 4 regulations. The two strokes currently meet Euro 3 regulations. To fulfil the Euro 4 rules, and especially the Euro 5 rules that come into play in 2020, we don’t see the chance without fuel injection. We are intensively working on fuel injection for the 250cc and 300cc two-stroke bikes.

      Motornya sudah injeksi:
      KTM EXC 250 TPI

      For MY18 the KTM 250 EXC (EU model only) is fitted with newly developed TPI (transfer port injection) fuel injection system, a unique feature when it comes to sporty 2-stroke race bikes. The patented EFI system with two injectors mounted on the transfer ports of the cylinder makes the engine much smoother to ride and reduces the fuel consumption drastically.

      Standar Euro sudah termasuk asap sepertinya (particulate matter).
      New Euro 5 environmental standard for motorcycles and mopeds to enter into force in 2020

      Under the new Euro 5 standard, tailpipe emissions of mopeds, motorcycles, tricycles and quadricycles will not be allowed to exceed 1,000 mg/km of carbon monoxide (CO), 100 mg/km total hydrocarbons (THC), 68 mg/km non-methane hydrocarbons (NMHC), 60 mg/km of oxides of nitrogen (NOx) and 4.5 mg/km of particulate matter (PM). These Euro 5 tailpipe pollutant emission limits are the same as those of Euro 6 for cars.

      Suka

    • F1ZR Injeksi aja ada bay, lg riset tuh tenaga lebih besar malah drpd yg karbu. Klo 2 tak injeksi ya itu Athena Direct Injection, 50cc aja bisa 10hp kok diban belakang. ini 50cc lho, klo 150cc kena berapa tuh di ban belakang? Dan itu Euro 4, Jupiter Z1 aja 115cc kan buat dapet power segitu.

      Suka

  2. Kalo alasan 2tak masuk f1/motogp karena sudah standar emisi kok aneh ya, emangnya sekarang mesin 4tak nya balap tsb sudah euro5/6?
    Yg pasti 2tak berstandar emisi gak akan seberingas dulu, dan dulu jaman yg ga peduli bbm/emisi hampir ga ada moge 2tak

    Suka

    • Alasan mesin 2 tak ditinggalkan motogp karena teknologinya dianggap udah mentok saat itu, belum lagi isu lingkungan yg terus disorot, lagian kalo bicara balap mobil, jarang banget mobil balap pake mesin 2 tak, kalo f1 pake mesin 2 tak rasanya konyol, mengingat mobil massal jarang banget yg pake 2 tak, sekarang malah gak ada

      Suka

  3. Dg cc yg sama tenaga 2 tak emang lebih besar, tapi efisiensi lebih kecil, bensin yg dikonsumsi banyak yg terbuang langsung ke kenalpot tanpa terbakar, f1 2021 pun masih pake mesin v6 turbo hybrid menurut liberty media sendiri

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.