Ternyata knalpot ori Euro 5 pun dianggap masih terlalu berisik di Jerman


Biasanya yang bikin orang sungkan pakai knalpot berisik adalah bila lewat kampung atau perumahan. Ternyata di Jerman pun sama:
Official campaign against loud motorcycles goes from 1 area to 81 areas in Germany

Dan mereka lebih ekstrem bencinya. Padahal Jerman terkenal dengan jalan Autobahn yang nggak ada batas kecepatannya, tapi kalau untuk jalan “kampung” mereka , sama sekali tidak toleransi terhadap suara knalpot berisik.

Awalnya katanya cuma untuk satu wilayah saja, tapi ternyata menular kemana mana sehingga membengkak menjadi 81 wilayah. Mereka ingin rider yang lewat situ bisa membuat motornya lebih senyap.

Tuntutannya termasuk ekstrem, yang pastinya bakal bikin rider menangis. Nggak cuma knalpot aftermarket yang bakal ditindak. Tapi juga knalpot standar. Knalpot standar oleh mereka dianggap masih terlalu berisik.

Perlu diingat bahwa uji emisi suara itu dilakukan dengan gigi 3 di kecepatan 50 km/jam kalau tidak salah. Kalau moge tentunya ini rpm rendah dan suara bisa disetel kalem. Volume bakal berbeda bila motor digeber di gigi 1. Jadi yang protes itu rupanya pingin suara knalpot tetap senyap walau di rpm tinggi.

Perlu menular ke Indonesia tidak?

Perlu diingat bahwa di sini moge jarang, tapi motor matik yang berisik suara mesinnya bisa mengalahkan berisiknya knalpot standar moge saat digeber ada cukup (amat sangat) banyak.

6 respons untuk ‘Ternyata knalpot ori Euro 5 pun dianggap masih terlalu berisik di Jerman

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.