Mesin baru Aprilia bikin beloknya setara Yamaha M1 atau masih belum?


Penulis belum pernah bahas soal pengaruh mesin baru Aprilia pada kemampuan motor. Apa bikin lebih mudah belok? Apa sebenarnya keunggulannya? Hal itu dirangkum oleh Aleix Espargaro sebagai berikut:
“Unbelievable” new Aprilia like 2014 Forward Yamaha

Difficult to compare because it’s very new in every single area. The best thing I will say is the turning; when you release the front brake the bike turns a bit more.

But apart from the turning, I would say the general stability and the smoothness of the whole bike is unbelievable. It reminds me a little bit of the Forward Yamaha I rode five years ago, and this is very good because I think it was one of the best bikes I ever had. So we are in just the beginning, but we are [heading] in the good way.

The position of the rider is also much better. The new engine’s character is a lot easier to ride – it’s super electric. We’re still missing a lot of acceleration, but overall to be the first day I’m satisfied. I think this bike has a lot more potential.

Aleix Espargaro sulit membandingkan dengan motor sebelumnya karena banyak hal yang berubah. Namun yang terbaik baginya adalah beloknya, ketika rem depan dilepas, maka motor akan belok lebih banyak.

Selain dari membelok, Aleix Espargaro memuji stabilitas dan mulusnya motor secara keseluruhan. Hal ini mengingatkan dia pada motor Forward Yamaha yang pernah ia kendarai 5 tahun lalu. Ini disebutnya motor terbaik yang pernah dinaiki. Jadi motor sudah mengarah lebih baik.

Posisi rider di motor juga menjadi lebih baik. Karakter motor menjadi lebih mudah dikendarai. Cuma kurang dari sisi akselerasi.

Yang bisa menjadi perdebatan adalah:
– apakah perbaikan kemampuan membelok membuat kemampuan beluk Aprilia setara motor inline 4?
– apakah yang mengingatkan pada motor Yamaha itu juga termasuk beloknya?

Untuk masalah akselerasi dijelaskan sebagai berikut:
MotoGP: Aleix: If race was tomorrow, I’d fight for podium

I think the bike is strong in fourth, fifth, sixth gear but we are suffering in the low gears. I’m missing torque in the bottom, especially in first and second gear. I feel that is where especially the Ducati and Honda are super strong. They’re like rockets. Then the top speed is not bad but for me it’s difficult because you cannot overtake them.

Yesterday I did two laps with Alex Marquez [Honda] and I almost hit him because there is no way I could overtake. I arrived too far on the brakes and this is a problem. Testing is not racing. Testing you are alone and in the races you have to overtake. This is something we have to improve.

Akselerasi motor mengalami masalah di gigi 1 dan 2, lambat. Padahal ini yang menjadi keunggulan motor Ducati dan Honda. Ia bahkan tidak bisa menyalip Alex Marquez dan sempat hampir menabrak.

3 respons untuk ‘Mesin baru Aprilia bikin beloknya setara Yamaha M1 atau masih belum?

  1. berarti karakter yang demikian, RS-G bakal lebih cocok untuk sirkuit yang berkarakter flowing macam Philip Island maupun sirkuit yang tidak/sedikit punya stop n go macam Brno, Catalunya, Mugello, Qatar, atau mungkin jg Silverston. (Austin dan Austria gak ane masukin kendati punya straight puanjang tapi Austin lebih banyak bermain di gear 2 dan Austria harus start dari 1st gear saat akan melibas straight lantaran tergolong patah cornernya).
    BTW aleix bilang smooth ya mungkin lantaran putaran bawah RS-GP “lemot” itu yg dibilang dia kalah aksel dg ducati dan hando, tapi belim tentu juga behaviour engine akan sama kalo misal power “bawah” nnya ditingkatkan untuk ngejar aksel, pasti bakal jadi liar, repot klo settingan elektronik blom mumpuni😅

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.