Banyak resiko, rugi gabung eco racing walau diklaim bisnis bebas Corona


Penulis merasa prihatin juga bahwa ada yang memanfaatkan kepanikan masyarakat karena penyebaran virus Corona untuk promosi bisnis yang disebut tanpa resiko. Padahal kalau melihat cerita yang ada, resikonya sangat besar.

Contoh klaim:

Disebut ikut mlm eco racing bisa dapat pasif income (di islam disebut dengan riba). Diklaim juga bahwa bahwa bisnis ini bisa dilakukan dari rumah, mengembangkan dari rumah:

Berani klaim bahwa bisnis ini bisa bebas dari imbas wabah Corona:

Padahal bila kita melihat kondisi sekarang, siapa sih yang butuh penghemat bahan bakar? orang kan dianjurkan untuk diam di rumah? Alias pangsa pasarnya sekarang turun.

Berharap dari member baru? Ini pun juga sama. Perekenomian sedang lesu karena toko jadi sepi, transportasi menurun, orang nggak butuh nampang kalau cuma di rumah saja. Nggak ada resepsi, nggak ada kumpul kumpul = nggak ada kebutuhan beli baju atau aksesori. Orang yang pendapatannya turun jelas nggak minat keluarkan uang.

Padahal andalan MLM meraih member adalah seminar:

Itu tentunya mustahil dilakukan di tengah penyebaran virus Corona sekarang ini.

Nggak ada jaminan setelah jadi member bakal sukses. Tentu, mereka pasti bilang ini bisnis mudah, bisnis gampang dijalankan, dst.

Tapi perhatikan juga bahwa sistem bisnis mereka itu piramida. Yang untung beberapa orang saja. Dan ini mereka akui sendiri:

Perlu diketahui juga bahwa sekarang ini eco racing sudah marak di mana mana. Bisa jadi sudah jenuh. Biasanya setelah ini bubar dan buat lagi baru. Yang baru ini biasanya cuek dengan member lama.

Sekarang ini produk katanya tidak laku.

Bahkan orang pun tidak mau diberi secara gratis:

Sulitnya mendapatkan bonus bisa dilihat contohnya berikut ini:

 

Dari sisi reputasi, eco racing ini kurang bisa dipercaya. Klaimnya tanpa resiko:

Tapi calon member juga sama sekali tidak mendapat perlindungan dari upline yang menipu dengan mengatasnamakan eco racing (punya rekening atas nama pt best):

Rekening yang dinyatakan palsu:

Uang ditransfer ke rekening berikut:

Padahal nomor rekening yang dimaksud dicantumkan di banyak website:

Nomor ternyata merupakan nomor rekening lama dari PT Best:

PT Best sepertinya tidak menindak penipu tersebut secara hukum, dan sepertinya bila tidak viral, maka uang keluar (nilainya 210 juta) tidak akan dikembalikan. Mereka diharuskan membuat video pernyataan berikut untuk bisa mendapatkan uang kembali 50%:

Usaha yang dilakukan luar biasa dan pertama ditolak mentah mentah:

Cerita lengkap di:
Permisi numpang curhat admin
produk eco racing yg akan saya kembalikan ke PT BEST eco racing,
Teruntuk ,DIRUT PT BEST eco racing yg terHORMAT

Selanjutnya ada juga contoh member yang dicuri:

 

Seharusnya pengembalian barang yang dalam kondisi bagus yang tidak terjual itu nilainya tinggi. Tapi ternyata barang senilai 250 ribu hanya dihargai 20 ribu:

Bahkan pernah ada kasus member memutuskan berhenti yang mau mengembalikan barang ditolak:

Padahal itu tercantum di buku kode etik PT Best, yang bisa di download di website resmi mereka sinergy-world.com
Kode-Etik-PT-BEST

Dan ternyata walau di situ tertulis manfaat yang sudah diterima, dalam kenyataan pengembalian melebihi itu, sehingga pemotongan mencapai 46%.

Lebih lengkap bisa dibaca di sini:
Sharing dikit pengalaman BUY BACK PT BEST a.k.a. ECO RESING GAN!

Mungkin ini bisa dibilang termasuk riba?

 

Belum lagi soal penipuan penipuan yang mereka lakukan. Disebut bahwa produknya buatan eco racing sendiri:

Di buku panduan mereka juga ditulis bahwa eco racing diproduksi oleh PT BEST:

Sementara itu dibungkusnya disebutkan bahwa PT Best hanya distributor:

 

Dari sisi manfaat juga meragukan. Katanya bisa menambah tenaga dari 30 hingga 50%. Biasanya mereka akan memberikan contoh ke calon member seperti berikut ini:

Tapi penulis sudah sering mencoba produk eco racing (total nilai 70 ribu) dan merasa produk tidak ada gunanya. Malah tenaga ngedrop:
Coba coba pakai eco racing, hari kedua mesin lebih halus tapi tenaga ngedrop?

Bro Ronald Sinaga dari duniamotor.com juga membuktikan dengan metode full to full bahwa motornya justru menjadi makin boros 5%:
Bro Ron DM coba pakai eco racing untuk touring dengan Yamaha TMAX justru makin boros

Berikut ada contoh testimoni:

Link pembahasan penipuan eco racing lainnya penulis sertakan di bagian akhir.

 

Tertarik sama produk yang katanya efektif untuk virus Corona?

Produk nya dijual per botol 50 pil harganya 250 ribu:

Mending beli yang dari pabriknya langsung

20 kali lebih murah, 200 pil 50 ribu:

Rugi bila jadi member hanya untuk beli produk habspronya.

Sebelumnya juga penulis sudah banyak membahas penipuan eco racing seperti contohnya:
Siapa yang buat eco racing? Ganti ganti bro, oleh karena itu disebut menipu
Back to the future, data jaman eco racing masih model cair masih dipakai sampai sekarang
Ternyata formulator eco racing yang asli sudah pindah MLM lain, formula sudah ganti?
Eco racing itu haram, eco racing itu tidak berkah dan eco racing itu riba
Faktanya motor Jonru Ginting boros banget walau sudah pakai eco racing
OFF TOPIC BANGET: klaim hoax Jonru Ginting soal eco racing jelas tidak sesuai dengan fakta
Eco racing bersertifikasi halal MUI tapi kok produknya malah belum? Sertifikasi lain juga meragukan
Eco racing itu bukan jualan produk tapi bonus? walau barang halal tapi cara jualan tidak berkah?
Eco racing ditantang ganti rugi bila moge rusak setelah pemakaian, ternyata banyak keluhan
Hubungan gas buang dengan AFR sehingga bisa paham hasil uji emisinya bos eco racing
Lho, kok kenaikan oktan bensin eco racing kecil banget? Nggak sesuai janji
Fenomena biasa di kendaraan tapi kok disebut gara gara eco racing?
Lho, memang ada ya premium yang warna biru (sales eco racing)?
Uji aditif eco racing pakai dimakan, pakai air dan dikuras olinya itu menipu konsumen
Bisakah sifat oli ditentukan dari tenggelam atau mengambang di air (iklannya eco racing nano oil)?

4 respons untuk ‘Banyak resiko, rugi gabung eco racing walau diklaim bisnis bebas Corona

  1. Aditif BBM padatan gitu bahaya.. bisa menyumbat injektor. Menurut saya masih mending aditif macam injector cleaner yang cair. Cukup dipakai beberapa bulan sekali dan efeknya langsung terasa.

    Suka

  2. Om mau nanya, di salah satu kalimat diatas sampeyan nyebut bahwa passive income itu sama dengan riba, apakah ini berlaku untuk semua usaha yang hasilnya pasif income?

    Suka

    • Berikut penjelasan versi pesantren Temboro:

      Nomor 6 dan 7 kalau tidak salah. MUngkin disesuaikan dengan penjelasan berikut, jumlah bonus bertambah tidak sesuai pas deal:
      FATWA MUI mengenai MLM

      Contoh Riba Nasi-ah yang popular adalah riba yang terdapat dalam Qardl (hutang piutang) yaitu seseorang memberikan qordl kepada pihak lain sejumlah uang dalam tempo yg disepakati, dan pihak mustaqridl (orang yang berhutang) harus membayar pada waktu yg disepakati dg sejumlah tambahan tertentu sesuai dg waktu yang disepakati pula.

      Karena Eco racing yang dijual tidak sama dengan yang dulu, mestinya kena riba yang ini juga:

      Riba Fadl adalah jenis riba yang diharamkan melalui hadits nabi, contohnya yaitu apabila seseorang menukar gandum dengan gandum tetapi tidak sama ukurannya.

      Suka

Tinggalkan Balasan ke Doflamingo Batalkan balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.