Pilihan makanan bila uang belanja sangat minim bukan cuma mi instan


Mohon maaf untuk yang sedang puasa, lebih cocok dibaca setelah buka.

Lockdown Corona, PSBB, berhentinya ekonomi, tutupnya kantor dan pabrik membuat banyak orang harus tiba tiba mengalami hilangnya sumber penghasilan atau berkurang. Dan sedihnya ini sudah membuat munculnya orang meninggal karena kelaparan.

Padahal lockdown yang terjadi di Indonesia masih belum total. Jeleknya virus masih bakal ganas menular, masa lockdown bakal molor terus. Bagusnya kita nggak kekurangan bahan makanan. Nggak harus mengandalkan makanan kemasan macam di luar negeri.
Fully Lockdown Meal Mukbang

Mungkin sebelumnya penulis bahas soal mi instan. Soalnya penulis berasumsi lockdown bakal sulit dapat makanan. Tapi kan dalam kenyataannya, ketika lockdown masih banyak warung yang buka di dekat pemukiman.

Dalam situasi seperti ini orang bisa kelaparan bisa dipastikan sumbernya adalah uang.

Mungkin sekarang pada berharap lockdown bisa selesai 2 Juni. Tapi lihat lockdown seperti sekarang ini, dan lihat penyebaran virus Corona. Penulis ragu 2 Juni itu bakal selesai. Bisa jadi bakal ditingkatkan.

Jadi sebaiknya mulai sekarang persiapkan untuk lebih berhemat. Abaikan dulu hiburan foya foya. Cari yang gratisan atau yang bisa bertahan 3 bulanan. Mengurangi stress akan penulis bahas artikel berikutnya.

Uang belanja sedikit nggak perlu mi instan.

Iya memang mi instan murah. Rasanya juga macam macam. Tapi apa nggak lapar? Lagipula seperti penulis bahas sebelumnya, makan mi instan terus itu nggak sehat. Masih banyak alternatifnya. Apalagi kita ini kan masih dalam taraf lockdown lockdown an.

Terserah beli atau buat sendiri tapi coba perhitungkan biaya makan yang dikeluarkan dalam satu hari untuk satu keluarga per orang. Martabak atau capjai itu bisa terhitung lebih murah dari ayam krispi kalau yang makan banyak.

Kadang makan dengan tempe dan sambal atau kecap sudah bisa lebih puas dari makan mi instan. Begitu pula nasi jagung dengan ikan asin, pepesan, brengkes, bothok, sayur lodeh, tahu, dst. Beli bumbu pecel lalu beli daun singkong, kecambah dan mentimun juga bisa jadi alternatif. Nasi goreng dan mie goreng mungkin mudah dan relatif murah. Tapi penulis sarankan jangan banyak banyak. Apalagi pas puasa begini. Bikin cepat haus (karena minyaknya).

Pertimbangkan juga nugget, katsu dan kariage. Bisa jadi lebih murah daripada kalau beli ayam dan dimasak sendiri.

Untuk cepat kenyang kalau membilas beras jangan terlalu bersih. Kadang penulis kalau menanak nasi nggak pakai dibilas ya nggak ada yang bisa bedakan. Vitamin juga bakal lebih terjaga. Kadang pakai garam dan kerupuk sudah kenyang.

Kalau makan nasi tidak memungkinkan, pertimbangkan makan biskuit atau roti. Nggak harus merek terkenal. Cari yang roti tawar kalau ada. Mungkin pernah dengar roti dowo lemes. Tapi memang kadang nggak bikin kenyang. Nggak lega. Maklum perut Indonesia.

Kalau yang itu juga susah maka kalau bisa jangan cuma minum air putih saja. Tapi coba ditambahkan oralit. Ini obatnya kalau orang kekurangan cairan. Kalau pas nggak bisa makan. Di apotik ada. Beli yang generik saja. Lihat di toko online 60 ribu dapat 100.

Kalau kesulitan cari oralit, bisa campuran gula dan garam. Jangan cuma air putih saja. Tentu sesuaikan dengan kemampuan asupan gula. Kan ada yang nggak cocok kebanyakan gula. Alternatif bisa minuman macam es degan, dawet, jasjus, kacang hijau, sekoteng, es tebu dll.

Btw, garam itu nama lainnya natrium chlorida kalau kepikiran mau minum air infus.

10 respons untuk ‘Pilihan makanan bila uang belanja sangat minim bukan cuma mi instan

  1. Ayam lagi murah, kemaren barusan beli ayam geprek Bens* widih ayamnya gede bener, hampir se pack penuh padahal harga cuma 12k di jkt, sampe 2x makan
    Sekarang masalah utama emang duitnya sih, bahan makanan masih melimpah, soalnya konsumsi restoran turun drastis

    Suka

  2. Klo makanan sih udh nyetok banyak daging, nugget dsb nya. Kulkas ampe penuh. Mie jg ada 2 dus br kemakan sedikit.

    Yg sulit itu sayuran karena relatif cepat layu, sedangkan daging bisa di rebus dulu sampai matang kemudian masukkan ke freezer, dijamin awet.

    Makanan murah bisa pakai bakwan jagung jg kok, jagung nya murah di campur ama terigu, garam n sedikit wortel udh enak bngt itu. Bisa bikin banyak lg. Bisa jg kornet daging.

    Klo roti bagusnya roti keju sobek jgn tawar. Biskuit yg bagus biskuit regal. Makan 1 itu bisa kenyang jg kok cm harga nya mahal.

    Suka

    • mantap. Iya. Kalau daging dari pasar memang bagusnya direbus dulu. iya bakwan jagung juga enak. Kalau kornet mungkin tergantung selera.

      untuk roti kalau ada rasa biasanya lebih mahal. Iya, biskuit regal bikin kenyang.

      Suka

  3. Sedikit menambahkan Apapun yg anda beli Belinya di tetangga saja Lebih baik lagi kepada orang yg kurang mampu Banyak perantauan yg kehilangan mata pencaharian tp ga bisa mudik Sedikit mahal daripada di mini market Tp akan sangat menolong mereka Jangan sampai ada yg kelaparan Atau sampai harus bertindak kriminal Jazakumullah

    Suka

  4. Saya selalu sediakan pisang siyeum. Dulu murah banget. Buah pisang kasta terendah sepertinya. Sekarang agak naik harganya. Sebagai pencahar lebih bagus daripada papaya. Di jogja banyak yg nyebut raja bandung. Sering malas makan sayur soalnya.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.