Jangan hindari ester, oli racing itu jelek bukan karena esternya tapi karena castor oilnya


Penulis sempat penasaran juga membaca komen yang diangkat dalam artikelnya tmcblog, yang hurufnya dibuat super besar. Disebut ester membuat oli gampang jadi gum dan menggumpal.
Yamalube racing oil . . . jangan Dipakai buat Harian !!

hmm, bahan esther mungkin yang membuat ini for race only . . . dari pengunjung tmcblog :

RR150SE – MARET 11, 2014
BAHAN ESTER UNTUK OLI EMANG BAGUS KARNA LEBIH LICIN DAN RENDAH GESEKAN DARI OLI FULL SINTETIK SEKALIPUN. TAPI KALO HABIS DI PAKE JALAN OLI ESTER AKAN MENJADI GUM DAN MENGGUMPAL, DAN MESIN HARUS DI BONGKAR UNTUK DIBERSIHKAN. ENTE MAU HABIS PAKE SKALI MUSTI TURUN2 MESIN UNTUK NGEBERSIH DALEMAN MESIN?

Taufik of BuitenZorg

Penulis bingung juga itu sumbernya bagaimana, karena sudah jadi pakem di dunia perolian bahwa kalau buat oli dari bahan PAO itu wajib pakai ester.
Sama orang bengkel dan grup oli, PAO dibilang licin, sama lembaga oli tidak

Walau dari grup oli di Indonesia pada nggak setuju dengan pendapat ini (karena dipikir oli PAO itu licin banget) dalam kenyataan pabrikan oli banyak yang melakukannya, nambah ester biar PAOnya makin licin. Seperti bisa dilihat pada daftar bahan penyusun oli yang disusun oleh Cauthelia Nandya:
Daftar oli mesin PCMO, HDEO dan MCO yang cocok atau tidak cocok untuk kopling basah beserta informasi base oilnya

Di daftar itu, PAOnya Amsoil pakai ester tuh. PAOnya Castrol pakai ester tuh. PAOnya Mobil 1 pakai ester tuh. PAOnya Shell pakai ester tuh? Apa oli oli tersebut kalau dipakai terlalu lama di kendaraan bisa bikin olinya menggumpal? Apa nggak bagus dipakai harian dan nggak recommended?

Yang komentar di tmcblog itu sepertinya yakin banget, seperti karena pengalaman. Berarti beneran punya pengalaman pakai oli balap, dan mengalami hal yang seperti itu. btw, oli balap disini bukan oli yang ada tulisannya racing di bungkusnya, tapi yang ada tulisan “for race” atau “for racing”.

Penulis baru ngeh saat ingat soal apa saja yang terkandung di oli racing. Apa yang terkandung di oli racing? Ini contohnya. Memang benar tertulis mengandung oli sintetik.

Tapi perhatikan juga ada kata kata castor di sebelahnya. Dan seperti penulis sudah bahas sebelumnya, oli mesin sebaiknya jangan pakai castor oil:
Walau castor oil itu dari bahan nabati, ternyata beda dari yang lain dan aslinya tidak boleh ditambahkan ke oli mesin biasa

Jelas terlihat di keterangan di olinya disebut nggak cocok dicampur dengan mineral oil, artinya nggak cocok dicampur dengan banyak oli lain di pasaran. Nggak cuma merek silkolene, merek castor pun juga menyebut begitu:

Lagipula castor oil juga disebut cocoknya untuk kendaraan yang pakai bahan methanol. Kalau tiap harinya pakai pertalite, ya jelas nggak boleh.

Untuk soal bongkar mesin, mulai dari satu abad yang lalu para mekanik sudah tahu. Kalau pakai castor oil, mesin harus dibongkar dan dibersihkan lebih sering:

Yang secara explisit menyebut soal gum deposit karena pakai castor oil pun ada:

Jadi jelas bahwa tertuduhnya adalah castor oil. Larangan pakai oli balapan itu bukan karena ada esternya, tapi karena ada castor oilnya. Tapi kalau tidak setuju dan memilih menghindari oli merek amsoil, castro, shell, mobil 1, motul, fastron dan total ya terserah sih.

Kalau sama oli ester saja anti, sangat logis juga sih kalau sama minyak goreng juga anti. Sangat wajar dan normal sekali juga bila untuk mereka kasarnya suara mesin tidak jadi acuan dalam menentukan kualitas oli mesin. Karena cuma oli grup I, ester dan minyak goreng yang bisa memastikan suara mesin senyap bahkan saat macet macetan atau saat motor baru jalan.

3 respons untuk ‘Jangan hindari ester, oli racing itu jelek bukan karena esternya tapi karena castor oilnya

  1. Om, udah tau merek aditif oli CatalistX atau CTX dari kanada itu? apakah itu dmpak buruk atau tergolong aditif EP?
    IGnya ada search aja CTX catalistx indonesia

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.