Jerman bakal terapkan ambang batas polusi suara kendaraan, lho, memang belum?


Mungkin kabar ini terasa aneh untuk sebuah negara yang sudah menerapkan Euro 5. Kabar bahwa Jerman bakal melakukan menerapkan ambang batas kebisingan polusi suara kendaraan:
Jerman menyerukan pukulan keras terhadap sepeda motor yang terlalu berisik

Nanti suara kendaraan akan dibatasi maksimal 80 db. Sasaran utama sepertinya adalah motor.

Aneh ya? Padahal seperti kita tahu, motor sekarang jadi bikin kaget orang karena sudah dipaksa senyap suaranya semenjak munculnya standar Euro 3. Yang Euro 5 tentunya nggak lebih berisik standarnya.

Terus mengapa kok sampai muncul aturan itu?

Perlu diketahui bahwa pengujian di Euro itu ada keterbatasannya, yaitu ujinya dilakukan dengan kondisi tertentu saja. Motor diuji dengan kecepatan rendah dan dengan gigi yang cukup tinggi:
METODE PENGUJIAN TINGKAT KEBISINGAN SECARA DINAMIS UNTUK KENDARAAN BERMOTOR TIPE BARU

Ini artinya motor yang berisiknya cuma kalau gas pol masih bisa lolos. Sementara itu di aturan baru ini, berisik ini mencakup semua kondisi. Nggak perduli gas pelan atau pol, suara harus tetap di bawah 80 db. Sementara itu biasanya moge dengan knalpot standar itu kalau gas pol bisa sampai 100 db.

Untuk mengawasi ini, di pinggir jalan bakal dipasangi alat deteksi kebisingan suara.

Kalau pas berisik bakal ada warning:

Tentu yang begini bakal sulit diterapkan di Indonesia. Bakal kerazia semua, karena mesin motor populer pada berisik semua, ngalah ngalahin suara knalpot.

Satu respons untuk “Jerman bakal terapkan ambang batas polusi suara kendaraan, lho, memang belum?

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.