Yamaha apa memang nggak bakat buat baut dan mur? Lagi lagi ada recall masalah ini


Recall: Yamaha Issues Recall On 2015-2018 SMAX XC155 Scooters

Yamaha estimates that 50 percent of the 3,116 2015 to 2018 XC155s produced between September 2014 and 2017 could be flawed. Yamaha explains in its report that on some scooters, the cylinder head nuts might have not been properly tightened. Should the nuts come loose, the cylinder head could loosen up and the gasket used to seal the cylinder could fail. If it does, then there’s an increased risk that coolant could seep into the cylinder at low speed and potentially wet the spark plug in which case, the engine could stall and fail to restart.

Problemnya adalah mur pada silinder head bisa longgar dan gasketnya bisa rusak. Kalau rusak maka coolant bisa masuk ke ruang mesin dan membasahi busi dan bikin mesin mati.

Entah apakah head longgar itu efeknya cuma itu saja, tapi soal baut dan mur ini rasanya di Yamaha sudah sering jadi keluhan.

Berikut contoh masalahnya:
Cegah Drat Kruk As Rusak di Aerox, Lexi dan Nmax Ganti “Mur” Punya All New Nmax 2020

Baut Dudukan Shock Breaker Belakang Yamaha Nmax Patah Lantas di ikat Kawat Bikin Batal Testride

Sering Jebol dan Bikin Windshield NMAX Kendor, Mur Berbahan Kuningan Ini Bisa Jadi Solusi

Mungkin sudah waktunya Yamaha menyerahkan masalah mur dan baut ke yang lebih ahli.

Kalau perlu untuk desain juga, ganti lah, jangan yang ke sekarang lagi. Banyak motor Yamaha yang desain barunya nggak sip. Saat ditanya kok alasannya desainernya sudah balik ke Jepang.

8 respons untuk ‘Yamaha apa memang nggak bakat buat baut dan mur? Lagi lagi ada recall masalah ini

  1. Harusnya komponen di area vital jangan dikurangi kualitasnya. Body saja bila kualitas diturunkan beberapa tahun sudah kelihatan berisik.

    Suka

  2. Ok, dg saya mengucapkan terima kasih dg adanya kabar ini, mungkin akan ane putuskan untuk ikutan inden baut kipas pullley All New NMAX 2020 Om buat dipasang pada Aerox 155 ane, cara pasangnya juga tinggal lepas ring yg kecil klo menurut artikel di link, karena memang pada baut std bawaan aerox terdapat dua biji ring, kecil dan besar, ring kecil ditumpuk diatas/depan ring besar, baru dipasang mur bautnya, ini untuk tindakan pencegahan saja sih dari mur kendor karna punya new nmax lebih panjang drat lebih banyak ngancingnya lebih erat,

    Tapiiiii……

    tidaklah menyelesaikan masalah fundamental dariada drat mur slek/dol yg ada kasusnya itu, maslahnya adalah disebabkan Yamaha t
    sepertinya…, tidak melakukan semacam treatment khusus kayak “di hardened” pada area drat nya itu, belom lagi bahannya aluminium, kalo gak di harden ya bisa dol kalo kita masukin dan ngencengin mur baut secara ngawur gak pas posisi atau pake impact yg tidak sesuai gayanya.

    masalah crankshaft ini sepertinya memang jadi salah satu penyakit motor yamaha, seperti dulu Jupiter Z 5TN/TP 110cc yg as batang kruk as nya sering patah ketika dipake road race sebelom muncul kruk as Jepang yg terkenal itu yg sekarang BRT juga ngejual kruk as jupi Z yg sudah di harden sehingga aman dari patah/melintir.

    Suka

    • Sip, terima kasih infonya. Baru tahu dia pakai bahan aluminium. Wah kalau punya matik Yamaha mending nggak usah sering sering servis ya? Saya juga pernah baca baut casing CVT yang katanya anti putus.

      Nggak ada hardening mungkin sudah pakai alusil juga?

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.