Katanya Yamaha R6 umurnya sudah 20 tahun. Dan untuk menyambut hal itu, YART (Yamaha Austria Racing Team) merilis versi perayaan 20 tahun. Uniknya warnanya merah putih:
YART THROWS BACK THE YEARS WITH 20TH ANNIVERSARY YAMAHA YZF-R6 SPECIAL
Apa karena versi awalnya merah putih juga?
Sekilas kelihatan seperti versi sport:
Tapi rupanya tidak. Untuk yang khusus versi sport ada sendiri, replika Suzuki 8 hours:
Harga juga beda dua kali lipat, yang satu mendekati 20 ribu euro (325 juta rupiah). Yang satu mendekati 40 ribu euro (650 juta rupiah). Kebetulan harga itu adalah harga tertinggi untuk dipakai di SBK.
Mungkin sudah pakai karbon, suspensi ohlins dan lainnya? Tangki saja beda:
Buat anak 90an, itulah warna racing yamaha (merah putih hitam) apalagi kalo pakai livery marlboro wuihh
Ditengah yg jadulnya livery kuning hitam, kekinian biru
SukaSuka
sip, terima kasih infonya
SukaSuka
Kenapa antara R1 dan R6 liverinya beda???
SukaSuka
yang diperingati beda?
SukaSuka
R6 20th annyversary diatas adalah salah satu motor yang paling awet basis desain chassis dan enginenya, mulai sejak pertama kali muncul di akhir 2005 (untuk all new model R6 2006) hingga sekarang 2020 udah hampir 15 Thn mesin dan sasisnya tetap sama basicnya, begitu juga swing arm nya. tapi menjadi supersport jepang yang paling gak nyaman kalo dipake sebagai road bike, hehehe . . .
selain itu juga membuktikan bahawa untuk mesin high revving macam R6 ini, model kruk as FLAT PLANE adalah yg paling tepat, kalo mereka mau, mereka bisa saja lho membenamkan crossplane crankshaft seperti new R1 pada R6 tapi kenapa tidak mau, padahal itu bukan hal sulit, tentu hal ini secara tak langsung yamaha sendiri mengakui klo crossplane sejatinya kurang cocok untuk high revving engine, hehehe . . . tapi ya mau bagemana lagi, crossplane sudah terlanjur jd trade mark dan alat marketing sih 😛
SukaSuka
sip terima kasih infonya. Jadi penasaran mengapa sampai muncul R25 3 silinder crossplane ya?
SukaSuka
ane kagak ngerti emang mesin 3 silinder sejajar bisa dibikin silang pengapiannya? bukannya mesin 3silinder sejajar itu pengapiannya selalu jeda 120 derajat sesuai split crank-pin yg masing2 berjarak 120 derajat? ataukah mungkin antara silinder 1 dan dua jarak pengapiannya 120 derajat baru silinder ketiga meledak 240 derajat kemudian? ane rasa hanya trick marketing aja itu . . .
SukaSuka
Katanya cuma gimmick marketing karena kebanyakan mesin 3 silinder itu crossplane.:
Yamaha 3 Cylinder Crossplane Concept Engine
Yamaha Shows New Three-Cylinder Engine
Your Next Yamaha Might Be a Crossplane Triple
SukaSuka