Resiko bila anak dibiarkan masuk sekolah dikala wabah, transfer penyakit


Walau mungkin beberapa ada yang menganggap sekolah dibuka ketika wabah Corona masih melanda itu berita hoax. Tapi nyatanya wacana untuk masuk sekolah tetap ada. Memang rencananya mau ada syarat. Tapi syaratnya masih nggak jelas. Presiden sendiri lepas tangan, nggak berani memutuskan, sakkarep anak buah, nanti yang tanggung jawab tentunya anak buah:
Kabar Terbaru, Jokowi Tunda Masuk Sekolah? Muhadjir dan Kemendikbud Bahas Pendidikan Era New Normal

Muhadjir Effendy menyampaikan saran dari Presiden Joko Widodo (Jokowi) untuk benar-benar menggodok secara matang untuk penerapan new normal di lingkup sekolah.

Sebelumnya ada yang optimis kalau menuruti anjuran pemerintah pasti beres. Tapi jadi pertanyaan anjuran bakal bagaimana?

Mungkin acuannya sudah jelas, daerah yang sekolahnya boleh buka adalah yang nggak ada penderita baru. Tapi masalahnya dalam rentang berapa lama? 1 bulan? 2 minggu? 1 minggu? 1 hari? 1 jam?

Dan apakah perubahan itu memperhatikan jumlah uji swab juga? Jadi kalau ada daerah yang mau buka lebih awal memutuskan untuk tidak melakukan uji swab selama satu bulan penuh? Sayangnya daerah yang ngakunya nggak ada penderita baru jarang ngomong soal berapa uji swab yang sudah dilakukan.

Dan seandainya warga di daerah tersebut dijamin bebas uji swab semua (mustahil, alat ujinya sangat kurang), apa dipikir pelajarnya pada di daerah itu semua? Apa nggak ada yang misalnya lagi ngumpul nenek atau paman dari daerah lain yang kebetulan danger red zone?

Lagian kan tahu sendiri pakai masker, sering cuci tangan, badan basah kuyup disemprot disinfektan, atau suhu tubuh normal itu nggak menjamin bebas dari penularan virus Corona? Kan tahu sendiri kalau anak pakai masker itu ala pejabat (ditaruh leher)?

Rasanya lebih aman kalau di rumah saja. Walau resiko pendidikan terhalang.

Ada yang ngomong pakai online saja. Tapi kok jarang ada yang membahas pakai apa? Masa pakai WA? Mbok ya dikasih solusi yang pas atau distandarkan.

4 respons untuk ‘Resiko bila anak dibiarkan masuk sekolah dikala wabah, transfer penyakit

  1. Miris bgt pak, kawatir jg anak2 malah jd kurang fokus belajarnya. Ada yg takut ketular, belum ortunya jg.

    Buat anak sekolah pakai skype cocok tdk pak?

    Suka

  2. Masker ini itu gak guna buat bocah mah. Mw alasan apapun, orang tua nya aja pake masker asal2an. Itu cluster Cileungsi skrg jd Cluster Corona baru.

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.