Sebelumnya penulis sudah bahas bahwa motor dengan suara yang melebihi 80 db dianggap terlalu keras di Jerman. Saat itu penulis nggak punya bayangan seberapa berisik suara motor standar itu. Ternyata ada yang sudah meneliti. Dan ini terkait dengan pembatasan suara knalpot di Austria yang tidak boleh dari 95 db:
HENTIKAN MOTOR TERLALU KERAS
Ternyata banyak juga motor yang suaranya melebihi 95 db. Dicontohkan motor berikut ini:
Aprilia Tuono 1100 (96 dB)
BMW S 1000 RR (98 dB)
Ducati Multistrada 1260 (102 dB)
Harley-Davidson Street Bob (97 dB)
Kawasaki Z900 (97 dB)
Itu knalpot standar. Nggak kebayang kalau pakai knalpot racing bagaimana. Angka ini jauh dari batas 80 dbnya Jerman.
Standar emisi yang dipakai di Indonesia::
PERATURAN MENTERI LINGKUNGAN HIDUP DAN KEHUTANAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR P.56/MENLHK/SETJEN/KUM.1/10/2019 TENTANG BAKU MUTU KEBISINGAN KENDARAAN BERMOTOR TIPE BARU DAN KENDARAAN BERMOTOR YANG SEDANG DIPRODUKSI KATEGORI M, KATEGORI N, DAN KATEGORI L
ZX25R nggak lolos nih?
menurut ane suara knalpot itu jangan yg agak silence macam knalpotnya hando cb150r atau ninja 250 twin Fi, sumpah malah bikin kaget kalo nyalip tiba2 atau ujug2 keluar dari pertigaan. perlu di razia juga suara knalpot bus2 antar kota yang dimodif sarangannya biar “ssuuoosss” kayak suara knalpot pesawat jet itu, itu juga termasuk cukup memekakkan telinga lho
SukaSuka
Betul itu klo kecepatan semakin tinggi kalo bisa suara semakin menyeramkan / melengking sehingga orang atau kendaraan yang mau menyeberang jalan bisa tau harus sabar menunggu lewat dulu.
SukaSuka
setuju.
SukaSuka
Iya, itu memang senyap. Yang bikin nggak enak didengar itu justru suara mesin. Setuju soal knalpot bis
SukaSuka