Ternyata brake locknya matik (Honda) itu resminya bukan untuk saat parkir di jalan miring!


Penulis baru tahu bahwa selama ini penulis tertipu dengan kata kata parking brake lock. Baru sadar setelah membaca komentar bro wiro sableng 212:

sebelum menyalahkan PBL, cari tau dl fungsi dan kapan (kondisi) PBL dapat digunakan. Jika PBL digunakan saat parkir dengan standar miring dan kondisi jalan yang miring, sehingga mengakibatkan motor tergelincir, itu bukan karena PBL nya, tp itu kesalahan usernya yang belum paham situasi dan potensi bahaya.

Penulis kaget karena di penjelasan tersebut dikesankan bahwa PBL itu bukan untuk parkir di jalan miring. Penjelasan seperti itu tentunya BEDA SEKALI dari pemahaman sekarang ini dimana fungsi utama dari PBL adalah UNTUK parkir di jalan miring.

Dan ternyata bila kita lihat penjelasan dari Honda, memang fungsi utama dari brake lock itu tidak untuk parkir:

Sebutannya juga brake lock atau tuas pengunci rem, tanpa ada kata kata parkingnya
New Honda Vario 150 ESP Semakin Eksklusif

Brake Lock yang mudah dioperasikan memberikan rasa aman dan nyaman saat parkir atau berhenti di tanjakan

AHM Segarkan Tampilan New Honda Vario eSP

Brake Lock yang berfungsi untuk membantu pengendara mengunci posisi motor pada saat berhenti di jalan menanjak ataupun menurun.

Jadi Honda sendiri sebenarnya sudah tahu cacat dari brake lock. Sehingga Honda tidak menyertakan fungsi parkir di jalan menanjak atau menurun di penjelasan brake lock.

Jadi kata kata parking di PBL itu hoax atau bohong. Harusnya disebut dengan BL atau brake lock atau tuas pengunci rem. Tapi kadang memang marketingnya Honda salah omong sehingga disebut parking brake lock. Maklum marketing, yang diomongkan belum tentu benar.
AHM Luncurkan All New Honda BeAT Series dengan Berlimpah Teknologi Baru

Selain itu, AHM juga membekali dengan Side Stand Switch dan Parking Brake Lock untuk memberikan kenyaman dan keamanan bagi pengendaranya.

Tapi walau salah ngomong, di penjelasan tetap tidak ada penjelasan bisa dipakai parkir untuk jalan miring:
AHM Rilis All New Honda BeATeSP Dengan Desain Dan Fitur Baru

serta Parking Brake Lock yang lebih mudah dioperasikan untuk mencegah motor loncat saat dinyalakan atau motor tetap dalam kondisi diam saat berhenti di tanjakan.

Dijelaskan cuma berhenti ya. Berhenti itu tidak sama dengan parkir. Kalau berhenti itu asumsinya masih dinaiki. Ini artinya tidak boleh memarkir motor matik Honda di jalan miring pakai sandar samping. Karena BL itu bukan untuk parkir di jalan miring.

Ini sepertinya alasan Honda untuk mulai melupakan brake lock. Karena orang berpikir bisa untuk parkir di jalan miring. Padahal sebenarnya tidak.

14 respons untuk ‘Ternyata brake locknya matik (Honda) itu resminya bukan untuk saat parkir di jalan miring!

  1. Kalo brake Lock salah omong masih mending, yang brengsek itu ya fitur CBS yg dibilang kayak ABS wes jian brengsek tenan, sudah cara kerjanya tidak tepat malah dipelintir lagi kalimatnya demi jualan.

    Suka

  2. Ga bakalan efektif itu buat ‘kondisi diam saat berhenti di tanjakan’ percaya deh, bakalan merosot itu motor, kecuali ditambah ngerem ban depan mah oke, seberapa kuat sih tromol rem belakang doang, ditambah kampas udah menipis
    Tambahan klo BL juga buat menahan saat motor distater, apa kabar PCX, ADV (dan nmax) yg gada BL nya
    Yg bener mah emang PBL, terserah kata pabrik honhon nya

    Suka

    • Mestinya efektif kalau desainnya bener. Karena kalau di mobil kan yang tromol bisa pakem juga.

      Iya, ada BL atau tidak, nggak ada pengaruhnya dengan saat motor distarter.

      Suka

    • Kalo masih ngeloyor berarti setelan nya kurang kenceng.
      Sistem brake lock di motor kan cuma 1 step, ga kayak mobil yang bisa puluhan step, jadi ente harus rajin2 ngecek setelan rem belakang

      Vario ane selalu ane sesuaiin setelannya, biar PBL nya bisa buat parkir di tanjakan. Kalo mau coba silakan, mau ente dorong vario ane pake 3 orang juga ga bakal muter itu ban belakang

      Saran buat honda, sediain setelan PBL yang bisa diputer2, macam setelan tang buaya itu di dekat tuas rem

      Suka

  3. Si om blom coba PBL nya suzuki address. Itu ngunci rem blakangnya kenceng bngt. Sangat berguna di lampu merah tanjakan..

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.