Hampir 2 tahun suspensi belakang YSS DTG masih awet, hanya perlu merubah preload


Sudah hampir dua tahun penulis menggunakan supensi YSS DTG. Sudah hampir satu tahun terpasang di Suzuki Spin setelah sebelumnya terpasang di Honda Beat eSP.

Suspensi masih berfungsi dengan baik. Suspensi sampai sekarang masih nyaman, hanya barusan ini penulis harus merubah setelan preload.

Penuils merasakan bahwa hambatan suspensi jadi berkurang. Sehingga setelan preload menjadi terlalu keras (step 5). Oleh karena itu setelan preload penulis buat jadi lebih empuk (jadi step 3).

Bagaimana kok bisa tahu hambatan suspensi berkurang? Agak susah menjelaskan. Harus dengan feeling. Rasanya seperti goncangan jadi lebih banyak dari biasanya. Gerakan suspensi jadi kurang teredam.

Mengapa kok bisa hambatan berkurang? menurut penulis ini karena sifat normal dari oli. Saat dipakai, oli itu makin lama akan makin encer. Sama seperti di motor. Oli kemudian akan makin kental ketika oli sudah mulai teroksidasi. Oli perlu diganti ketika oli sudah mulai mengental.

Sekarang karena sudah lebih empuk dan hambatan suspensi bisa pas, gerakan bagian belakang motor sekarang jadi jauh berkurang. Bagian belakang jadi jauh lebih anteng.

Intinya = nyaman ūüôā

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.