Setelan di suspensi, preload dan rebound it harus disetel kalau ada


Penulis kembali terusik setelah sempat melihat kembali video berikut

Video tersebut mengungkap kekecewaan karena dianggap suspensi terlalu keras.

Ada banyak masalah dalam pengujian dan teori setingan suspensi pada video tersebut. Contoh adalah dalam pengujian motor tidak dikendarai dalam kondisi sandaran dinaikkan. Harusnya motor dinaiki. Memang mengayunkan itu perlu, tapi juga harus dibandingkan antara motor dibiarkan berdiri atau ketika ada yang duduk (ini tidak dilakukan.

Sehingga jadi terkesan aneh dengan tanpa ganti per motor bisa jadi lebih empuk.

Dari sisi teori juga kacau. Disebut kalau ditambah preload jadi lebih empuk. Dari feeling memang ini bisa terjadi bila setelan hambatan suspensi (setelan rebound) terlalu keras. Tapi hasilnya secara keseluruhan suspensi akan keras kalau diuji dengan mentul mentul seperti di video tersebut.

Setelah itu uji berikutnya makin kacau. Dikombinasikan antara preload besar dan setelan hambatan suspensi yang paling lemah.

Seharusnya untuk menyetel pertama suspensi itu dimulai dari setelan preload paling kecil dan setelan rebound yang paling ngelos hambatannya. DUA DUAnya harus yang paling empuk. Sementara itu yang dicoba di video adalah setelan preload keras dengan setelan hambatan suspensi yang empuk. Jelas masih keras.

Yang aneh juga adalah solusinya. Sama tukang servis ditambah per di dalam suspensi. Efeknya adalah per jadi makin pendek. Walau mungkin tujuannya untuk membuat suspensi lebih nyaman (mengurangi hentakan njeduk) jelas ini nggak akan membuat suspensi lebih empuk. Yang jelas membuat lebih empuk adalah ganti olinya.

Jadi sebenarnya dengan mencoba setelan hambatan suspensi yang paling empuk (setelan rebound paling kecil) bisa jadi suspensi sudah terasa empuk. Parahnya setelan awal dipergunakan setelan yang di tengah. Padahal nggak ada sebutan bahwa setelan di tengah itu adalah setelan yang pas. Tengah bukan berarti nol. Dikecilkan bukan berarti jadi minus.

5 klik di Scarlet belum tentu sama dengan 5 klik di RCB, YSS dst. Nggak ada standar seperti itu di suspensi.

Dan ujinya jangan pakai rumus macam macam. Jangan di polisi tidur. Pakai motor seperti biasanya. Bila merasa suspensi mentok, maka keraskan preloadnya sampai nggak mentok lagi. Lalu naikkan nilai hambatan suspensi ke nilai yang bikin motor stabil. Nggak usah besar besar, tapi cari nilai yang terkecil.

10 respons untuk ‘Setelan di suspensi, preload dan rebound it harus disetel kalau ada

  1. pendapat saya untuk setelan preload, shock belakang idealnya ‘turun’ (sag) sekitar 30% dari panjang travel dalam posisi dinaiki pengendara plus barang yang suka dibawa di bagasi. apabila di preload 0 motor nggak ambles atau turun sangat sedikit, berarti per terlalu keras. atau terlalu banyak sag padahal sudah preload maksimal berarti per terlalu empuk. Sayangnya jarang banget yang menyediakan per pengganti (biasanya shock mahal, atau mungkin di tukang servis shock balap).

    Suka

    • Bukannya yang begitu itu terlalu keras? Karena saya pernah lihat Vario, NMAX dan PCX yang suspensinya termasuk keras itu kalau boncengan berdua terlihat jarak main skok kurang dari 50%. Yang skoknya empuk macam beat dan Xride lama kalau boncengan juga terlihat tinggal 30% an.

      Iya, ganti per yang lebih ideal. Yang lebih sering terjadi bukan karena preload kurang tapi karena pernya terlalu keras. Dan ini yang bikin orang berpikir negatif soal suspensi aftermarket.

      Suka

  2. Shock keras itu ada 2 macam,,
    1. Per terlalu empuk/jarak main terlalu pendek. Shock disebut keras karena mentok
    2. Per terlalu keras/rebound dan kompresi terlalu lambat. Efeknya keras juga

    Sebelum modif shock/mengubah setelan, harus dipastiin dulu kerasnya karena apa.
    Keras ketika kena lubang dalam, berarti kondisi 1
    Keras ketika kena lubang kecil, berarti kondisi 2
    Keras di kecepatan tinggi, berarti kondisi 1
    Keras ketika pelan, berarti kondisi 2

    Suka

    • Bisa macam macam. Orang akan bilang suspensi terlalu empuk bila di polisi tidur atau kena cekungan mentok. Tapi per yang sama akan akan disebut keras ketika motor berguncang keras lewat jalan tidak rata (karena hambatan suspensi yang ngaco atau soak).

      Ada orang yang justru membuat per lebih keras agar terasa empuk karena dengan membuat per lebih keras kendaraan lebih stabil.

      Suka

  3. permisi gan,
    ada saran suspensi rekomendasi dibawah 750rb untuk vario techno carbu?
    sudah capek dgn suspensi orisinilnya.
    terimakasih

    Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.