Danilo di KTM bakalan lebih sukses daripada Pol di Honda


Sudah cukup jelas bahwa untuk tahun depan Pol Espargaro tidak lagi membalap untuk KTM. Danilo Petrucci juga sudah tekan kontrak untuk masuk ke KTM.
Petrucci joins Red Bull KTM Tech3 for 2021

Dari sekilas, Danilo Petrucci terkesan turun kelas dan Pol Espargaro naik kelas. Tapi kalau melihat dari sejarah kedua pembalap dan motornya, sebenarnya tidak begitu. Bisa jadi malah Petrucci akan lebih sukses dari Espargaro.

Ingat bahwa motor KTM sekarang diklaim Pol Espargaro sudah bisa sekencang motor Honda:
Pol Espargaro Klaim Kecepatan Motor KTM Selevel dengan Honda

Perlu diingat juga bahwa motor Honda, KTM dan Ducati itu adalah motor yang terkenal sulit belok. Artikel Juli 2017:
MotoGP: ‘Hanging out’ at KTM

Espargaro, team-mate Bradley Smith and test rider Mika Kallio all agree that one of the RC16’s main issues is a lack of turning

Masalah baru mulai teratasi ketika Dani Pedrosa masuk ke tim KTM. Tapi harus ingat juga bahwa kemampuan belok Honda sampai Pedrosa keluar dari Honda itu tidak meningkat. Walau ada yang bilang ilmunya dicuri (Honda kehilangan ilmukah?) ketika Dani Pedrosa jadi test rider KTM:
Tips Dani Pedrosa untuk KTM yang terbukti ampuh itu kok dibilang mencuri teknik Honda? Lihatlah fakta

Cuma Marc Marquez yang disebut mampu memaksa motor Honda belok dengan gaya berkendaranya yang nempel aspal.
Yang bilang motor MotoGP Honda nggak bisa belok nggak cuma Lorenzo

Pol Espargaro itu sering dipuji mirip Marc Marquez itu karena gayanya dalam memaksa motor KTM untuk belok. Dan diharapkan bahwa dengan bekalnya itu, ia bisa membuat motor Honda bisa belok juga (dengan gaya miring banget kayak Marc Marquez).

Cuma ada hambatan yang sangat berat yang harus dilalui, di saat mengemudi seperti yang dilakukan Marc Marquez itu, motor akan mudah jatuh tanpa ada pertanda sama sekali. Sangat dibutuhkan kemampuan untuk menyelamatkan diri seperti yang pernah (sebelum salah penanganan pasca operasi bahu) dimiliki Marc Marquez.

Marc Marquez (dulu) berani ambil resiko menikung dengan ekstrem karena ia yakin bisa menyelamatkan diri. Pol Espargaro sepertinya tidak “belajar” kemampuan itu ketika di KTM. Di awal awal balapan pertamanya di Honda, kemampuan Pol Espargaro bisa jadi akan ada di antara Alex Marquez dan Takaaki Nakagami.

Jadi yang dibutuhkan di Honda bukan cuma kemampuan untuk memaksakan motor miring seperti yang dilakukan Marc Marquez, tapi juga kemampuan untuk menyelamatkan diri. Yang kalau kata Marc Marquez, butuh 20 kali jatuh sebelum bisa mahir.

Lalu Petrucci bagaimana?

Perlu diingat bahwa Petrucci bisa bikin motor Ducati yang sulit belok jadi lebih mudah belok. Kemampuan Petrucci dalam membuat motor Ducati belok jelas lebih tinggi dari Dovizioso. Ia pernah bilang (sori nggak nemu sumber) bahwa ia unggul di belokan dan Dovi unggul di pengereman. Dan di balapan sering kita lihat Petrucci memang kencang di tikungan, tapi kalau habis lintasan lurus pasti akan di blok oleh Dovi sehingga keteteran.

Bisa jadi saat di KTM nanti Petrucci bisa meningkatkan kemampuan belok dari motor KTM. Apalagi sekarang Dani Pedrosa sedang berusaha mengembangkan motor KTM sehingga bisa belok lebih mudah saat dipakai oleh macam macam pembalap, termasuk juga yang tinggi besar macam Petrucci.

Dan juga sudah disebut sebelumnya bahwa KTM sudah sekencang Honda. Dan sekarang ini motor Ducati jadi lebih lambat dari Honda gara gara memaksa menerapkan beberapa “inovasi” baru. Bisa jadi Petrucci bisa lebih kencang dari Ducati yang dikendarai Dovizioso saat naik motor KTM nanti.

Walau masuknya di tim satelit, KTM pernah ngomong bahwa mereka pastikan tim satelit bakal dapat motor terbaru. Jadi soal motor nggak masalah.

Yang jadi tantangan dari Petrucci adalah mengurangi berat badan. Sementara yang jadi tantangan dari Espargaro adalah bagaimana bisa belok ekstrem tanpa jatuh. Dua duanya bisa membuat motor jadi lebih mudah belok walau dengan cara yang berbeda.

Rasanya sih tantangan Espargaro lebih berat dari Petrucci. Lha wong si Marc Marquez nya saja juga kesulitan.

Eh, kapan sih Marc Marquez mulai turun lintasan? kok nggak dengar kabar?

3 respons untuk ‘Danilo di KTM bakalan lebih sukses daripada Pol di Honda

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.