Pencegahan covid19nya separuh separuh sih, jadinya mau normal sulit, mau PSBB juga percuma


Dan seperti bisa diduga new normal memberikan hasil yang tidak sedap. Kasus penularan makin menyebar:

Jadi muncul sumber penularan masal yang baru. Seperti contohnya saat resepsi pernikahan di Semarang. Bayi yang jadi ketularan Corona setelah acara takziah. Juga terjadi penularan karena adanya pendatang dari daerah lain.

Masalahnya mau balik ke PSBB juga sulit karena terbukti terjadi klaster baru di tempat tempat yang tidak akan ditutup selama PSBB, seperti misalnya di rumah sakit swasta, di bank BUMN, di pasar dan di gudang pabrik rokok. Ada PSBB atau tidak, tempat – tempat tersebut beresiko untuk jadi sumber penyebaran virus Corona. Dan PSBB juga membuat banyak masyarakat kehilangan sumber penghasilan.

Mungkin banyak yang menyalahkan masyarakat. Dianggap masyarakat tidak menjaga jarak, dst. Kalau sampai ada yang menganggap seperti itu, maka yang ngomong begitu juga harus sadar juga bahwa itu artinya masker, sering cuci tangan, jalan disemprot disinfektan, badan disemprot disinfektan, muka ditodong pengukur suhu, dst itu MUBAZIR dan buang buang tenaga, uang dan waktu.

Kalau sampai menyalahkan jaga jarak maka itu artinya solusi yang lain sudah terbukti bodong hasilnya. Artinya protokol kesehatan yang dianjurkan itu sama sekali tidak membantu mencegah penularan virus Corona.

Seharusnya cara yang pasti adalah dengan lockdown full total dan tidak setengah setengah, Kalau setengah setengah jadinya berkepanjangan seperti yang terjadi sekarang ini.

Sebelumnya banyak yang mendukung untuk melakukan PSBB dan menghindari lockdown total. Katanya masyarakat Indonesia tidak mampu. Tapi kalau sudah seperti sekarang ini, mau apa coba? Apa masyarakat mampu?

Terus apa yang harus kita lakukan?

Lakukan protokol kesehatan hanya sebagai penenang orang lain saja. Tapi jangan andalkan itu. Tetap asumsi bahwa protokol kesehatan yang ada itu nggak ada gunanya. Tetap waspada, jangan sepelekan kemungkinan tertular.

Untuk mencegah sakit bisa dengan meningkatkan kekebalan tubuh debngan pola makan sehat dan istirahat yang cukup. Bukan cuma untuk yang keluar rumah saja, tapi untuk yang terusan di rumah juga.

8 respons untuk ‘Pencegahan covid19nya separuh separuh sih, jadinya mau normal sulit, mau PSBB juga percuma

  1. Otw herd immunity,,

    Mau lockdown sekarang juga percuma karena dah terlanjur menyebar,,
    Seandainya dulu ketika kasus 01 dan 02 muncul langsung lockdown jabodetabek,, mungkin kita sekarang sudah seperti vietnam

    Tracing pun juga percuma kalo hasil swab ga bisa muncul dibawah 24 jam,, tracing, swab, hasil keluar 2 minggu lagi, terlanjur nyebar lah 2 minggu bisa ketemu siapa aja

    Suka

    • mustahil herd immunity. Lha wong buat vaksin saja kesulitan.

      Lockdown bila setengah setengah memang percuma. Iya, tracing itu juga perlu dipertanyakan seperti dulu kasus seminar bisnis syariah yang panitianya pun nggak mau share peserta (entah sekarang sudah insaf atau belum)

      Suka

  2. Apa mau dikata om, sekarang bubur sudah menjadi lumpur,
    sekarang kembali ke individunya, jaga kesehatan dan daya tahan tubuh, kalau pun terpapar ya sebisa mungkin tidak menularkan ke yang lain (walaupun sepertinya mustahal)

    Suka

  3. Kenyataan di TV sama di lapangan beda

    Di TV udah di jelasin untuk pakai masker & cuci tangan & jangan berada di keramaian tapi di lapangan beda lagi mungkin inilah yg di bilang PSBB jadi setengah setengah

    Suka

    • Dan itu pula nggak jaminan nggak ketularan. Kalau dari sumbernya (pemerintah) saja sudah mengajarkan masyarakat untuk tidak terlalu khawatir dengan virus Corona, ya masyarakat tetap akan menganggap remeh.

      Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.