Ternyata protes penulis soal pengendara ZX25R yang waktu pindah gigi lepas gas masih diketawakan.
Lho, katanya Ninja ZX25R itu pakai quickshifter, kalau pindah gigi masih turunkan gas?
trus maunya gimana? hahahaha. beli aja SSG atau motor yang ada DCT klo mindah gigi tinggal mencet tombol atau pake tuas di kaki, beres

Penulis akui penulis belum pernah naik sendiri ZX25R. Yang ZX10R saja belum pernah. Jadi untuk itu penulis coba cari video demo quickshifternya ZX10R (karena katanya ZX25R itu pakai teknologinya ZX10R). Dan menu banyak. Ini videonya:
Dan nggak harus rpm tinggi. Di rpm rendah pun bisa tetap gas dikonstankan tanpa diturunkan gasnya:
Yang kompilasi seperti ini:
Ya semoga video ini tidak dianggap sekedar teori. Karena menurut penulis sih, video itu menunjukkan fakta.
Setahu penulis transmisinya ZX10R bukan SSG. Versi 2014 pakai model kaset:
Differences Between Cassette Transmission and Regular Transmission | Ask The Geek
I just picked up a 2014 Kawasaki ZX-10R. In Kawasaki’s information for the bike it says a “race-style cassette transmission allows simple trackside ratio changes.” Can you explain how a cassette transmission is different from a regular transmission? And why would racers want to change individual ratios?
Soal MV Agusta butuh lepas gas, entahlah. Ada media yang di tahun 2012 ngomong F3 itu bakal pakai quickshifter, tapi yang modelnya nggak pakai lepas gas:
MV Agusta Brutale & F3 675 Pakai Quick Shifter
Pabrikan yang bermarkas di Milan ini menjelaskan bahwa modul EAS sudah dipasangkan di varian F3 675 dan MV Agusta Brutale. Modul EAS pada dasarnya memungkinkan pengemudi untuk mengoper gigi tanpa perlu menekan kopling dan menutup bukaan gas.
Kelihatannya sih memang dilengkapi, dan nggak perlu lepas gas:
Termasuk juga Brutale:
Namun juga terlihat lebih nyentak setelah pindah gigi dibanding kalau di ZX10R. Tentu keren kalau yang di ZX25R kelasnya seperti yang di ZX10R.
Di spek terakhir keterangannya seperti ini:
Ninja ZX-10R MSRP Harga terendah Rp 492.000.000 (JAKARTA)
KAWASAKI QUICK SHIFTER
Sistem KQS memfasilitasi akselerasi yang dapat melakukan upshift dan downshift tanpa kopling saat berada di lintasan. KQS juga dapat digunakan di jalan raya dengan kecepatan di atas 2,500 rpm.
VERSYS 1000 ADVENTURE CALLING MSRP Starting at Rp 373.000.000 (JAKARTA)
KAWASAKI QUICK SHIFTER
Dual-direction Kawasaki Quick Shifter allows both clutchless upshifts and downshifts for seamless acceleration and smooth deceleration.
Nggak ada kata kata seamless shift gearbox di penjelasan soal fitur motor ZX-10R.
Klo full langsung pindah gigi tanpa merasakan raungan pindah gigi ya seperti motor matic… Hehehe, tp pasti dibikin masih punya suara yang lembut seperti pada MotoGP…. hehehe
SukaSuka
DI motogp juga tanpa suara juga ya pindah giginya.
SukaSuka
mantap proffff.. josss, enak tuh yang begitu ga usah kendorin gas.. yang ay coba ga bisa 😦
Apa kudu disentak kuat ya? Bisa jadi
http://kobayogas.com/2020/06/27/honda-cbr250rr-4-silinder-hadir-setelah-cbr400rr-reborn/
SukaSuka
sip, iya, hebat banget bisa nggak menyentak. Mungkin yang dicoba masih yang EAS 1.0?
SukaSuka
Bisa jadi prof… Versi lama lah ya istilahnya..
SukaSuka
iya
SukaSuka
[…] Ini buktinya: Nih bukti quickshifternya Kawasaki nggak perlu lepas gas […]
SukaSuka