Riwayat servis app my yamaha beneran berfungsi kah?


Pertama lihat penjelasan soal aplikasi my yamaha, penulis berpikir: wah, ini sesuatu yang Honda tidak mungkin bisa tiru:
‘Pengingat Servis‘ jadi Fitur paling digandrungi dari aplikasi My Yamaha Motor

Fitur yang jadi andalan katanya adalah pengingat servis dan riwayat servis. Untuk Honda, terutama untuk riwayat servis, ini tidak mungkin ada karena kan dealer Honda tidak menggunakan layanan yang terpusat tapi tergantung masing masing dealer.

Penulis pikir, dengan adanya riwayat servis itu, pemilik tidak akan mudah dibohongi bagian servis dengan menambahkan bagian yang sebenarnya tidak berguna ataupun melakukan penggantian yang tidak pada waktunya (misal ganti filter udara atau ganti busi tiap kali servis).

Tapi penulis salah. Penulis sebelumnya nggak tahu karena di artikel di atas sama sekali tidak ada penjelasan detil fitur fiturnya seperti apa. Penulis pun terpaksa harus hunting sendiri. Dan terus terang cari info detil soal ini SUSAH.

Di aplikasi my yamaha ada 4 fitur (menurut yamaha) yaitu Info garansi dan kartu servis, pesan, riwayat servis dan pencarian dealer.

Bagian yang menurut penulis meragukan adalah riwayat servis. Menurut penjelasan resminya adalah sebagai berikut:

Riwayat Servis: Memyimpan dan menampilkan detail riwayat perawatan servis sepeda motor Anda setelah melakukan perawatan dibengkel resmi Yamaha.

Ngomongnya seperti ini:
Ada Riwayat Servis dan Komentar Mekanik, Ini Daftar Fitur Aplikasi My Yamaha Motor

“Detail servis yang dilakukan dan spare part yang diganti, biaya servis dan spare part, serta komentar dari tekniksi Yamaha dapat dilihat dari aplikasi,” terang Adit.

Kalau beneran apa saja yang diganti disebutkan akan sangat membantu konsumen. Entah apa benar ini disebutkan karena biasanya detil beginian yang jadi sarana servisan cari uang. Dan sayangnya contoh yang diberikan sama sekali tidak menyebutkan itu:

Jadi masih meragukan apakah benar aplikasi my yamaha beneran mencantumkan hal yang sangat penting bagi konsumen tersebut. Keterangan dari periode pengecekan / penggantian part pun sepertinya tidak ada. Akan lebih sip bila pengingat servis juga mencantumkan apakah part perlu diperiksa atau diganti.

Kalau cuma begini, maka rasanya ini cuma buku servis versi online. Entah apa masih butuh buku servis waktu servis atau tidak.

Pengingat servis pun jadi kurang bermanfaat karena di motor sekarang juga dipaksa harus servis. Kalau dibiarkan bisa mogok motornya.

Sayangnya, fitur my yamaha tidak banyak menguntungkan konsumen. Konsumen masih mudah tertipu oleh praktek nakal bengkel servis. Batal unggul dari Honda.

6 respons untuk ‘Riwayat servis app my yamaha beneran berfungsi kah?

  1. Mungkin itu seperti buku servis motor baru tapi ditulis di aplikasi 😁😁bukan aplikasi yang bisa mendeteksi kerusakan di motor 😁😁😁

    Suka

    • Nggak perlu deh bisa mendeteksi kerusakan di motor, pabrikan Jepang belum menuju ke sana walau pabrikan Cina dan India sudah mulai. Yang seharusnya bisa disertakan itu adalah periode dari masing masing part yang sebenarnya juga ada di buku servis.

      Jadi kalau diingatkan servis, disebutkan bagian mana yang perlu diganti dan bagian mana yang cukup diperiksa. Itu yang sangat penting bagi konsumen.

      Lagian pengingat servisnya juga nggak mendeteksi km motor sudah berapa. Cuma bisa dari sisi waktu saja.

      Suka

      • Iya om, kalau yam aha mau lebih dari sekedar pencatatan tanggal servis, seperti usia part/komponen atau riwayat servis terlampir di apk tersebut, pasti jadi terobosan yang sangat² bermanfaat bagi rider/konsumen umumnya dan bisa jadi musuh bebuyutan nya kalah beberapa langkah dan jadi standar baru di kendaraan bermotor masa depan

        Suka

        • Iya. Padahal kalau dari secara teknologi dan prasarana jelas Yamaha bisa melakukannya kalau mau. Namun bisa jadi Yamaha tidak melakukan demi untuk tidak “merugikan” dealer.

          Suka

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.