Memperbaiki selang atau seal karet yang sudah tua / getas / mati, lebih manjur pakai obat gosok?


Karet itu kan bisa getas dan mati / keras. Biasanya orang itu solusinya adalah beli lagi. Tapi penulis penasaran, masa nggak ada cara untuk mengembalikan karet yang sudah mati? Ternyata ada caranya.

Cara yang disarankan bukan dengan air panas, karena kalau pakai air panas memang karet jadi lembek, tapi itu hanya saat masih panas. Kalau sudah dingin, akan jadi keras lagi.

Bukan pula dengan oli transmisi atau minyak rem. Disebut tidak efektif:

Yang efektif itu katanya adalah Methyl Salicylate. Kalau di sana populer dengan wintergreen oil, atau simple green. Kalau di sini sepertinya populer dengan minyak gandapura:
Gandapura, Penyembuh Penyakit Tertua di Dunia

Nama dagang minyak yang dihasilkan dari penyulingan daun gandapura adalah yang lazim dikenal adalah wintergreen, methyl salicylate, wintergreen oil, minyak gandapura, gaultheria oil, betula oil, atau oleum betulae.

Minyak gosok gandapura menjadi obat penting untuk menghilangkan nyeri sendi, kejang otot, terkilir, rematik, peradangan, dan penyembuhan luka, tak jaug berbeda dengan obat atau minyak gosok berbahan kayu putih. Produk-produk obat gosok, terutama untuk pegal-pegal dan rematik yang menggunakan minyak gandapura sebagai bahan campuran utama, telah banyak beredar, dan tetap bertahan di tengah gempuran obat gosok produk modern.

Yang menjadi kendala adalah minyak gandapura ini mempunyai sifat racun, asapnya juga. Oleh karena itu disarankan untuk tidak menggunakannya dalam keadaan panas. Jadi perbaikan karet dilakukan dengan merendamnya tanpa dipanaskan.

LEMBARAN DATA KESELAMATAN BAHAN menurut Peraturan (UE) No. 1907/2006 Nama produk Metil salisilat sintetis

4.1 Penjelasan mengenai tindakan pertolongan pertama
Setelah menghirup: hirup udara segar.
Setelah kontak pada kulit: cuci dengan air yang banyak. Lepaskan pakaian yang terkontaminasi.
Setelah kontak pada mata : bilaslah dengan air yang banyak.
Setelah tertelan: segera beri korban minum air putih (dua gelas paling banyak). Periksakan ke dokter.

4.2 Kumpulan gejala / efek terpenting, baik akut maupun tertunda
efek iritan, Batuk, Napas tersengal, Pening, agitasi, sesak, inebriation, Mual, Muntah, gangguan kardiovaskular, Gangguan CNS, Koma

4.3 Indikasi pertolongan medis pertama dan perawatan khusus yang diperlukan
Laksatif : Sodium sulfate (1 sendok makan/1/4 l air).

Aspirin and Other Salicylate Poisoning

Ingestion of < 5 mL of oil of wintergreen (methyl salicylate, a component of some liniments and solutions used in hot vaporizers) can kill a young child.

Salicylate poisoning can cause vomiting, tinnitus, confusion, hyperthermia, respiratory alkalosis, metabolic acidosis, and multiple organ failure. Diagnosis is clinical, supplemented by measurement of the anion gap, arterial blood gases, and serum salicylate levels. Treatment is with activated charcoal and alkaline diuresis or hemodialysis.

Katanya sih harus eksperimen. Karena ada resiko jadi lumer karetnya. Jadi waktu perendaman harus diperhatikan waktunya. Ada yang bilang 24 jam, ada yang bilang 48 jam.

Ada yang mencampur dengan alkohol atau xylene, dan mungkin juga dengan spirtus. Tentu kalau pakai alkohol dan semacamnya, nggak boleh dibiarkan terbuka. Harus di tutup rapat.

Rasio ideal perbandingan minyak gandapura dan alkohol 90% adalah 1:3. Tapi katanya ini bisa bikin karetnya mengembang. Walau ada yang bilang karet akan kembali ke ukuran semula setelah beberapa hari. Bila sukses, maka karet akan jadi hitam kembali dan jadi sangat lentur dan lunak, nggak keras, tanpa getas, nggak mudah patah, nggak ada lelehan, nggak keluar cairan, nggak ada lendir.

Harga minyak gandapura sekitar 100 ribu per 500 ml kalau di toko online. Entah berapa yang dibutuhkan kalau mau membuat ban lama jadi ok kembali ya?

Kalau plastik katanya pakai boiled linseed oil, kadang dicampur thinnernya cat. Tapi belum pernah coba juga:

Maaf penulis nggak eksperimen sendiri karena memang nggak butuh. Barangkali ada yang lebih pengalaman? Silahkan share.

4 respons untuk ‘Memperbaiki selang atau seal karet yang sudah tua / getas / mati, lebih manjur pakai obat gosok?

Bagaimana menurut bro?

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout /  Ubah )

Foto Google

You are commenting using your Google account. Logout /  Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout /  Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout /  Ubah )

Connecting to %s

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.